Beranda > Finansial > 10 Alasan Bisnis Perlu Media Sosial

10 Alasan Bisnis Perlu Media Sosial

PAULUS RISANGPaulus Risang
10 Alasan Bisnis Perlu Media Sosialwatermark

TUNAIKU.COM – Nggak bisa dimungkiri, di era sekarang yang serba digital ini kehadiran media sosial sangat berpengaruh dalam perkembangan karier. Nggak hanya selebgram yang bisa melambung karena media sosial. Saat ini perusahaan-perusahaan juga sudah mulai menggunakan media sosial sebagai sebuah tool untuk menunjang marketing mereka.

 

Ingin tahu lebih lanjut apa manfaat media sosial untuk perkembangan bisnis dan alasan mengapa bisnis perlu menggunakan media sosial? Yuk, simak di bawah ini!

 

1. Media sosial adalah gudang data untuk tahu lebih banyak tentang pelanggan

Media sosial akan mencatat setiap data user-nya dan mengumpulkannya di dalam sebuah big data. Jadi, saat setiap orang mengunjungi dan melakukan sebuah impresi kepada akun media sosial kamu, kamu akan mendapatkan data-data yang mencakup usia, tempat tinggal, jenis kelamin hingga bahasa yang mereka gunakan. Data-data itu penting untuk menentukan target bisnis kamu selanjutnya.

 

2. Lebih mudah menargetkan konsumen

Dengan bantuan big data tadi, pelaku usaha bisa dengan mudah melakukan pemasaran sesuai dengan wilayah tempat konsumen ingin dituju, yaitu dengan fitur ads yang merupakan iklan berbayar dari media sosial. Media sosial akan menampilkan konten yang diiklankan hanya untuk wilayah tertentu sesuai yang sudah kita atur.

 

3. Mempermudah menemukan konsumen baru

Fitur hashtag dan tag lokasi bisa membantu dalam menemukan calon konsumen baru. Pengguna Instagram akan menggunakan hashtag untuk mencari produk yang mereka inginkan. Misalnya, calon pembeli yang ingin mencari tas branded akan menuliskan tagar #jualtasbranded di kolom pencarian sehingga merupakan kesempatan besar jika kamu menuliskan hashtag yang tepat sasaran sesuai dengan apa yang calon konsumen sedang cari.

 

Artikel Terkait: Tips Menggunakan Media Sosial

  1. 5 Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Karier
  2. 4 Hal Negatif dari Media Sosial yang Dapat Berdampak Pada Hubungan Asmara
  3. Be Kind Online, Yuk Menjadi Orang Baik di Media Sosial

 

4. Memudahkanmu untuk mendapatkan feedback dari konsumen

Kolom komentar yang bisa diisi oleh siapa saja di media sosial akan membantumu dalam mengevaluasi bisnis. Setiap orang akan lebih mudah memberikan penilaian terhadap produk yang kamu jual di kolom komentar sehingga bisa menjadi acuan memperbaiki produk yang diinginkan konsumen.

 

5. Mudah memantau kompetitor

Dengan media sosial, kamu bisa dengan mudah melihat bagaimana strategi kompetitor dalam melakukan digital  marketing. Kamu bisa mengamati apa saja yang kompetitor kamu lakukan di media sosial. Kamu juga bisa menirunya dan memodifikasinya agar bisa lebih efektif dari apa yang kompetitor kamu lakukan.

 

6. Meningkatkan traffic ke website

Dengan media sosial yang banyak digunakan oleh orang, kamu bisa membuat konten yang memicu agar orang-orang mengunjungi website kamu. Mencantumkan link website di konten yang menarik dan membuat penasaran bisa meningkatkan traffic situsmu sehingga peluang produk kamu lebih dikenal orang akan semakin besar.

 

7. Informasi lebih cepat sampai ke konsumen

Orang-orang sering membuka media sosial hampir setiap waktu, ini adalah kesempatan yang baik jika kamu ingin memberikan informasi terkait produk-produk yang kamu jual. Dengan mengunggahnya pada jam-jam prime time di mana orang-orang sedang banyak membuka media sosial, informasi akan lebih cepat dimengerti oleh follower kamu.

 

8. Sebagai alat ukur keseriusan sebuah brand

Saat ini, konsumen sudah mulai selektif dalam memilih sebuah brand apalagi brand yang sebelumnya nggak mereka ketahui. Cara untuk menyeleksi brand tersebut tepercaya atau nggak adalah dengan melihat reputasinya di media sosial. Jika kamu mengurus media sosial dengan baik sehingga konten tertata rapi dan follower ada banyak, calon konsumen kamu akan lebih percaya dengan brand kamu.

 

Artikel Terkait: Kiat Bisnis

  1. Siapkan 5 Hal Ini Jika Ingin Bangun Bisnis Kecil dengan Modal Pinjaman Online
  2. Ikuti 5 Cara Bisnis Sewa Apartemen dengan Sukses
  3. Modal Nol Rupiah Tapi Untung Besar, Ini 6 Bisnis yang Bisa Kamu Coba!

 

9. Mudah berinteraksi dengan konsumen

Di media sosial kamu bisa menciptakan konten yang interaktif kepada konsumen, sehingga terjalin hubungan antara sebuah brand dengan konsumen. Seperti melakukan repost foto konsumen yang menggunakan produk dari brand kamu atau sekadar mengomentari foto yang diunggah oleh konsumen bisa menambah ikatan antara brand dengan konsumen.

 

10. Biaya media sosial minim

Membangun sebuah media sosial suatu perusahaan bisa dibilang sangat murah, karena mendaftar akun media sosial gratis dan kamu hanya perlu gencar mengisi konten yang menarik dengan bantuan foto yang bagus dan desain grafis yang mengundang interaksi pengguna media sosial lain. Bahkan jika kamu tertarik menggunakan iklan berbayar, biaya yang dikeluarkan juga bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

 

Media sosial memang sebuah alat yang sangat berguna dalam berbisnis, bahkan saat ini banyak sekali selebgram yang menggantungkan pemasukan finansialnya melalui media sosial. Banyak juga perusahaan baru yang bisa langsung melebarkan sayap promosi produk mereka ke banyak orang dengan menggunakan iklan berbayar media sosial. Yuk, mulai mengurus media sosial bisnis agar lebih dikenal konsumen!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett