SWARA- Kamu mau melangsungkan pernikahan dengan adat Bali dalam waktu dekat, tapi tak cukup dana? Tenang, kamu bisa manfaatkan dana pinjaman online saja. Dana pinjaman untuk pernikahan adat Bali yang bisa kamu dapatkan secara daring lumayan besar, lo! Namun, simak dulu prosesi nikah adat Bali beserta kisaran biayanya ini!

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Venue Pernikahan

  1. 5 Venue Poolside Paling Top untuk Resepsi Pernikahan di Bali, Yuk Intip!
  2. 5 Rekomendasi Venue Indoor untuk Resepsi Pernikahan dengan Bujet Murah di Bali
  3. 5 Venue Resepsi Pernikahan Romantis yang Antimainstream

 

1. Ngekeb

Upacara pertama dalam adat Bali adalah Ngekeb. Upacara ini melambangkan transformasi mempelai wanita dari remaja ke istri yang setia pada suaminya. Selain itu, menurut keluarga saya, upacara ini juga bermakna untuk memohon restu kepada Tuhan agar merestui kedua belah pihak dalam menjalani masa depan hingga mendapatkan keturunan yang baik.

 

2. Upacara Mungkuh Lawang

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan upacara Mungkuh Lawang yang artinya membuka pintu. Upacara ini bertujuan untuk menjemput mempelai wanita yang berada di kamarnya. Utusan dari pengantin prialah yang akan menjemput si pengantin wanita dengan diiringi musik khas Bali.

 

3. Mesegehangung

Selanjutnya, akan dilaksanakan acara Mesegehagung yang merupakan penyambutan kedatangan kedua belah mempelai, terutama mempelai wanita. Pengantin wanita akan dimasukkan ke kamar dan disusul ibu mempelai pria. Di dalam kamar, si mempelai wanita akan diminta melepas kain kuning yang dikenakannya dan ditukar dengan kepingan uang.

 

4. Madengen-dengen

Upacara selanjutnya adalah Madengen-dengen. Upacara ini dilakukan di rumah pihak pria yang bertujuan untuk menyucikan kedua belah pihak dari hal-hal negatif yang menyertai keduanya. Dengan begitu, kedua mempelai akan benar-benar bersih saat pernikahan berlangsung.

 

5. Mewidhi Widana

Tahap yang satu ini adalah tahap penyempurnaan proses pembersihan diri kedua mempelai. Dalam upcara ini, kedua mempelai diwajibkan menggunakan pakaian kebesaran untuk meminta restu kepada Tuhan atas pernikahan mereka.

 

6. Mejauman Ngabe Tipat Bantal

Terakhir adalah mejauman Ngabe Tipat Bantal yang artinya, keluarga suami mengantar istri kembali ke rumahnya untuk memohon  restu keluarga mempelai wanita yang telah menjadi bagian dari keluarga besar laki-laki.

 

Berapa Biaya yang Dikeluarkan

Dengan semua upacara adat tersebut, tentunya dana yang dikeluarkan tak sedikit. Kamu harus mengeluarkan minimal Rp50 juta untuk semua prosesi adat tersebut. Itu sudah termasuk biaya konsumsi, seniman, dokumentasi, riasan dan lainnya. Kamu bisa pinjam dana pinjaman untuk pernikahan adat untuk menambahi kekurangan dana pernikahan.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kue Pernikahan

  1. Rekomendasi Wedding Cake yang Cantik dan Murah di Bali
  2. 5 Rekomendasi Wedding Cake yang Cantik dan Murah di Surabaya
  3. Cari Wedding Cake Cantik dan Murah di Makassar? Ini 5 Rekomendasi Terbaik!

Tunaiku Membantu Biaya Pernikahan

Salah satu tempat di mana kamu bisa mendapat dana pinjaman online untuk pernikahan adat adalah di Tunaiku. Di sini, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman antara Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan waktu  pelunasan yang relatif panjang. Dengan dana tersebut, kamu bisa menalangi dana pernikahan yang kurang hingga 40 persennya.

 

Untuk meminjam dana di sini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memenuhi syarat yang terdiri atas KTP, nomor rekening, slip gaji sebagai bukti memiliki pekerjaan yang tetap dan nomor telepon saja. Kamu bisa ajukan pinjaman melalui ponselmu dan bila pinjaman disetujui, dalam waktu tiga hari setelahnya, dana tersebut akan dicairkan ke rekening kamu.

 

Kalau kamu mau menambah penghasilan dari Tunaiku, kamu bisa gabung jadi referral saja. Ajak orang sebanyak-banyaknya untuk pinjam dana di Tunaiku dan kamu akan mendapat fee yang lumayan untuk setiap orang yang meminjam.

 

Nah, bagaimana? Kamu sudah dapatkan dana pinjaman online untuk menambahkan dana pernikahan yang kurang. Tunaiku, bisa berikan dana pinjaman untuk pernikahan adat dengan jumlah hingga 40% biaya pernikahan adat Bali. Kamu juga tak perlu takut melunasinya karena waktu pelunasannya cukup panjang, antara 6 hingga 20 bulan lamanya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

TUNAIKU   SWARA TUNAIKU

 

 

1