SWARA-Enggak bisa dipungkiri, bahwa nilai yang ada pada UN selalu jadi booster terhadap peringkat sekolah seprovinsi atau sekota. Senada hal nya dengan beberapa SMA/SMK terbaik di Semarang. Nanti, satu persatu sekolah tersebut akan saya bahas agar kamu ada gambaran sebelum melanjutkan pendidikan di salah satunya. Biar kamu enggak penasaran, langsung saja kita cek saja yuk SMA/SMK terbaik di Semarang ini.

 

Artikel Terkait: Cara Belajar Melalui Internet

  1. Channe Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Gratis
  2. Pengen Bisa Coding? Ini 6 Situs Kursus Online Tempat Belajar Coding Secara Gratis
  3. Gratis, 8 Aplikasi Ini Bantu Belajar Bahasa Lewat Gawai

 

SMAN 1 Semarang

Alamat sekolah ini berada di Jl. Taman Menteri Supeno No. 1, Mugassari. Sekolah ini pertama kali didirikan pada tahun 1936 yang lalu. Omong-omong, sekolah ini pernah pula dinobatkan sebagai sekolah terluas di Asia, lho! Apa yang membuat saya memasukkan dalam daftar terbaik karena memiliki nilai akreditasi hingga 97,3. Tentu saja bernilai A sejak tahun 2006.

 

Boleh dikatakan, bahwa sekolah ini merupakan SMA terbaik di Semarang. Soalnya sudah melewati berbagai rangkaian sejarah. Fasilitasnya juga sangat lengkap. Ada banyak laboratorium, ruangan, dan berbagai lapangan yang serbaguna. Baik gurunya maupun muridnya setiap tahun berhasil meraih prestasi di berbagai bidang.

 

SMAN 3 Semarang

Kemudian ada sekolah yang beralamatkan di Jl. Pemuda No. 149, Sekayu, Semarang Tengah. Sekolah ini pertama kali didirikan pada tahun 1877. Rupanya lebih lama daripada SMAN 1 Semarang. Sejak tahun 2009, SMAN 3 Semarang memberlakukan sistem yang bernama moving class. Hal ini disesuaikan dengan surat Dirjen Pendidikan SMA dan Sederajat.

 

Soalnya SMA ini sudah menyandang predikat sebagai SBI atau Sekolah Bertaraf Internasional. Makanya murid-murid di sana sangat aktif dibandingkan sekolah lain. Terdapat beberapa organisasi, seperti GBC, FDI, PKS, PMR, Paskibra, dan lainnya. Segudang prestasi internasional juga sudah ditorehkan, misalnya Olimpiade EBIKO ICT di Turki tahun 2011.

 

SMKN 1 Semarang

Enggak kalah dengan SMAN di atas. Kualitas SMK yang masuk salah satu rekomendasi sekolah SMA/SMK terbaik di Semarang ini juga patut dipertimbangkan. Soalnya pada tahun 2018, SMKN 1 Semarang ini memiliki IIUN atau Indeks Integritas Ujian Nasional sebesar 95,10. Cukup tinggi, bukan?

 

Alamat SMKN 1 Semarang berada di Jl. Dokter Cipto No. 93, Sarirejo, Kota Semarang. Siapa sangka kalau sekolah ini merupakan sekolah kejuruan tertua di Jawa Tengah? Saya awalnya juga nggak menyangka. Dengan label seperti itu, enggak heran kalau sekolah ini jadi salah satu yang difavoritkan. Jurusannya meliputi Teknik Audio Video, Listrik, dan lainnya.

 

SMKN 2 Semarang

Sekolah yang beralamatkan di Jl. Dokter Cipto No. 121 A, Karangturi ini juga wajib kamu pertimbangkan. Soalnya banyak kegiatan ekstrakurikuler yang telah menorehkan prestasi. Selain itu, sebelum diterima, kamu wajib mengikuti sederet tes khusus seperti tes kesehatan, kemampuan terhadap jurusan, dan juga tes akademik.

 

Di sekolah ini terdapat 5 jurusan yang bisa kamu pilih. Mulai dari Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi, dan Usaha Perjalanan Wisata. Setiap pembelajarannya dilakukan dengan basis kewirausahaan. Dengan fasilitas yang lengkap dan prestasi mentereng, siapa sih yang enggak mau gabung dengan SMKN ini?

 

Artikel Terkait: Belajar Seru Lewat Film

  1. Kamu Bisa Belajar Lika-liku Profesi Impian Lewat 5 Karakter Film Ini
  2. Belajar Investasi dan Keuangan Lewat 5 Film Berikut Ini, Yuk!
  3. Belajar Kesuksesan dari Tokoh Utama Perempuan di 5 Film Nominasi Oscar 2017

 

SMKN 2 Demak

Terakhir, saya juga sangat merekomendasikan SMKN ini. Soalnya memiliki nilai integritas nasional hingga 93,35. Cukup tinggi menurut saya. Alamatnya berada di Gusti Purti II No. 7 Semarang. Jurusan yang bisa kamu pilih meliputi Teknik Mekanik Otomotif, TKJ, dan Teknik Audio Video.

 

Kelima SMA/SMK terbaik di Semarang tersebut memiliki kultur dan atmosfer yang sangat positif. Setiap muridnya memiliki dorongan untuk maju bersama, bukan hanya secara individual. Walaupun kelihatannya bersaing, tapi sejatinya saling mendukung. Itulah keistimewaan sekolah yang menyandang predikat terbaik.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


SWARA LOGO (1)TUNAIKU