SWARA – Inggris memang selalu mampu menarik perhatian sarjana Indonesia untuk bisa kuliah di salah satu perguruan tingginya. Ibukotanya sendiri, yaitu London, memang bisa kamu temui banyak warga Indonesia di sana. Tentang perguruan tinggi, sistem kuliah di Inggris ternyata beda jauh dengan Indonesia atau tetangganya, Amerika. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

 

Artikel Terkait: Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

  1. Tertarik Ambil Jurusan Sastra Inggris? 5 Hal ini Wajib Kamu Ketahui
  2. 8 Jurusan Kuliah Unik di Dunia, Nomor Paling Keren
  3. Duh, Ternyata 5 Jurusan Kuliah ini Dikenal Paling Sulit di Dunia

 

1. Waktu perkuliahan lebih pendek

Menurutmu, berapa tahun waktu yang dibutuhkan untuk lulus S2? Kalau di Indonesia bisa 2-3 tahun dan di Amerika pun sekitar 2 tahunan. Nah, kalau di Inggris, cuma butuh 1 tahun alias 2 semester! Kayaknya mirip Universitas Pertahanan (Unhan) di Indonesia ya?

Tapi, ini juga masih belum tentu kamu bisa lulus dan meraih gelar magister. Intinya, waktu kuliah yang sangat pendek ini harus benar-benar harus kamu jaga kualitas belajarnya biar bisa lulus. Terus, kalau di Indonesia itu, karya tulis akhir mahasiswa S1, S2, dan S3 mendapat sebutan berbeda, maka di Inggris sebutannya sama, yaitu disertasi.

2. Ada program extension

Sistem pendidikan di Inggris juga memberlakukan program ecxtension. Jadi, buat kamu yang mengalami masalah perkuliahan dan ingin memperpanjang masa studi, bisa ambil program ini. Asalkan masalah tersebut bisa dijadikan alasan kuat untuk mengajukan extension. Misalnya sakit parah atau kerabat meninggal. Kalau bukan alasan ini, kamu dianggap gagal.

3. Program kuliah yang lebih padat

Sistem kuliah di Inggris juga lebih padat karena berhubungan dengan poin pertama, yaitu hanya 1 tahun. Kamu pasti sudah tahu kalau negeri 4 musim itu menerapkan masa libur yang panjang untuk libur musim panas atau dinginnya, khususnya untuk anak sekolah.

Nah, untuk S2, liburan ini nggak berlaku. Semester 1 biasanya bulan September sampai Desember. Sedangkan untuk semester 2, Januari sampai Mei. Nah, cuma ada waktu 3 bulan bulan, yakni Juni sampai Agustus buat kamu gunakan untuk mengurusi disertasi (tesis kalau di Indonesia).

4

Mobile Site CTA

4. Ada 3 peringkat lulus

Inggris juga menerapkan beberapa titel atau predikat. Kalau kamu mengajukan extension dan masih melewati deadline, maka kamu gagal dan predikat yang didapat adalah Postgraduate Diploma, jadi di atas S1. Sedangkan untuk Postgraduate Diploma di bawah S2, predikat yang akan kamu peroleh yaitu PgDip. Lalu untuk peringkat, ada Dsitinction, Merit, Pass, dan Fail.

 

5. Selalu ada tugas ‘reading’

Kuliah di Inggris, bikin kamu makin fasih cuap-cuap Bahasa Inggris, khususnya British accent. Aksen British ini ‘sedikit’ lebih sulit dari aksen Amerika. Tapi, kalau kamu sudah menguasai aksen British, aksen Amerika sudah dalam genggaman tanganmu.

Jadi, di setiap pertemuan, akan ada tugas reading, bisa dalam bentuk book chapter atau artikel (sekitar 15-30 halaman). Kamu sepelekan sekali saja tugas ini, seharian otakmu blank karena nggak ngerti apa yang akan atau sedang dipelajari hari itu.

 

Artikel Terkait: Sumber Dana Kuliah

  1. 7 Cara Agar Bisa Menabung saat Kuliah di Luar Negeri
  2. Beasiswa Luar Negeri Terkenal Khusus untuk Pelajar Indonesia
  3. Ini Dia 5 Beasiswa Kuliah yang Disediakan oleh Pemerintah

 

6. Sistem penilaian yang ketat

Sebenarnya, lebih pas kalau disebut selektif atau range yang lebih rendah dari Indonesia. Jadi, kalau di Indonesia kamu dapat nilai C=60, nah di Inggris beda. Sebutannya bukan C, tapi ‘Merit’. Dapat nilai C ini juga sulitnya luar biasa, nggak seperti di Indonesia. Jadi, pastikan kalau kamu belajar dengan baik dan nggak main-main belajar di sini.

Di samping sistem kuliah di Inggris, kamu juga perlu mempelajari karakteristik orang sana. Mereka cenderung individualis, bahkan Amerika yang dikenal individualis pun masih lebih baik dari orang Inggris. Memang nggak semuanya begitu, tapi kamu tetap perlu belajar mandiri dan menularkan sikap peduli ke orang-orang terdekatmu selama tinggal di sana.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


TUNAIKUSWARA TUNAI