Beranda > Karier Sukses > Duh, Ternyata 5 Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Sulit di Dunia

Duh, Ternyata 5 Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Sulit di Dunia

Duh, Ternyata 5 Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Sulit di Duniawatermark

TUNAIKU.COM – Memilih jurusan perkuliahan memang susah-susah-gampang. Kalau cocok, ya bisa enjoy ngejalanin masa perkuliahannya. Begitu pula sebaliknya. Apalagi, jika jurusan yang kamu pilih susah banget. Nggak heran, kalau begini, biasanya banyak orang cari solusi dengan pindah jurusan. Padahal, sayang banget, kan?

 

Mereka yang menyerah biasanya nggak paham kalau sesusah apa pun jurusan kerja nanti, pasti ada manfaatnya. Terutama, saat sudah masuk di dunia kerja. Pertama, lapangan pekerjaan biasanya sudah pasti. Plus, keterbatasan SDM menjadikan lulusan jurusan yang dianggap sulit ini banyak dicari. Alhasil, nggak menutup kemungkinan–jaminan hidup enak, sudah pasti di tangan.

 

Salah satu contohnya, teman saya. Mulanya, dia begitu kewalahan mengikuti pendidikan penerbangan. Namun, dia paham kalau apa yang dia jalani sekarang akan berbuah manis. Misalnya, dia nggak perlu pusing-pusing mencari lapangan pekerjaan; serta jaminan gaji setara dengan manajer bank, sekalipun masih berstatus junior. Nah, beberapa hal ini jadi pacuan dia untuk menyelesaikan pendidikannya, sekalipun sulit.

 

Tentu saja, bukan cuma pendidikan penerbangan yang seperti itu. Masih ada beberapa jurusan yang sulitnya setengah mati, tetapi setelah lulus, apa yang bisa didapatkan setimpal, kok. Dilansir dari The Best Colleges, berikut adalah lima jurusan kuliah tersulit yang harus kamu ketahui.

 

Biologi

Rata-rata gaji: USD96.000 (Rp1,2 miliar)

Peringkat pertama jurusan tersulit jatuh pada jurusan biologi. Coba bayangkan bagaimana pusingnya kamu ketika sedang belajar biologi pada jaman sekolah. Nah, kalikan beberapa kali lipat dan itulah pusingnya biologi di perkuliahan. Di jurusan ini kamu akan dikenalkan dengan bermacam ilmu hayati seperti anatomi, neuroscience, dan genetika.

 

Artikel Terkait: Tips mencari Perguruan Tinggi

  1. Prediksi Biaya Kuliah di Tahun 2025 dan Cara Menyiasatinya
  2. Butuh Dana Untuk Masuk Kuliah? Ajukan Pinjaman ke Tunaiku!
  3. Ternyata 6 Jurusan Kuliah Ini Sangat Menguras Kantong!

 

IImu Komputer

Rata-rata gaji: USD83.000 (Rp1 miliar)

Jurusan ini memang terbilang cukup sulit, namun peminatnya lumayan membeludak, lho. Apalagi di zaman modern sekarang ini, ilmu komputer sudah bisa dibilang sangat penting dan pasti dicari orang. Di jurusan ini kamu akan belajar matematika dasar, kalkulus, pemrograman, dan lain-lain.

 

Teknik Sipil

Rata-rata gaji: USD83.000 (Rp1 miliar)

Teknik sipil adalah cabang ilmu teknik yang nggak cuma belajar bagaimana merancang dan membangun gedung, tapi juga lingkungan sekitar untuk hidup manusianya. Di jurusan ini kamu akan belajar kimia, fisika, kalkulus, statistik, geologi, dan biologi. Katanya jurusan ini memiliki tingkat drop out yang lumayan besar, lho.

 

Teknik Mesin

Rata-rata gaji: USD87.000 (Rp1 miliar)

Masih satu lingkup dengan teknik sipil, teknik mesin juga masuk dalam daftar jurusan kuliah paling sulit. Di dalam jurusan ini, kamu diharapkan bisa menguasai perpaduan antara teknik fisika, desain, manufaktur yang kompleks untuk bisa memproduksi mesin. Jadi, ya nggak heran kalau lulusan dari jurusan ini makmur-makmur.

 

Ilmu Kemasyarakatan

Rata-rata gaji: USD47.000 (Rp619 Juta)

Berbeda dengan jurusan-jurusan sebelumnya yang nggak jauh dari ilmu sains, kimia, fisika, dan semacamnya, jurusan ilmu kemasyarakatan nggak ada sedikitpun mempelajari hal itu. Seandainya ada, ya sedikit banget. Di sini kamu akan belajar ilmu psikologi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan politik. Dibutuhkan nalar dan ilmu sosial yang tinggi kalau kamu mau lulus di jurusan ini.

 

Artikel Terkait: Jurusan Bergengsi atau yang Dicari Perusahaan?

  1. 9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerja
  2. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  3. Lulusan Bahasa atau Sastra, Bisa Kerja Jadi Apa, Sih?

 

Nah itu tadi jurusan-jurusan yang sulit tapi menjanjikan pada akhirnya. Ada jurusan kamu? Kalau nggak ada dan kamu juga sedang pusing apa kamu salah jurusan atau nggak, saya sarankan ingat-ingat lagi alasan kamu memilih jurusan tersebut. Karena pada akhirnya, kesulitan yang  kamu alami mungkin nggak ada apa-apanya dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya. Jadi, semangat, ya!

 

1

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett