SWARA – Sudah bukan rahasia lagi bahwa manusia menghasilkan sampah setiap hari. Setiap hari, saat melewati komplek perumahan menuju kantor, saya pasti melihat tempat sampah atau bahkan gundukan sampah di depan setiap rumah. Kebayang nggak sih, kalau sampah seluruh Jakarta dikumpulkan bakal sebanyak apa?

 

Menurut data Waste4Change, bila sampah di Jakarta dikumpulkan selama dua hari saja, jumlahnya bisa menyamai luas Candi Borobudur, lho. Itu baru hitungan hari. Bayangkan apa yang terjadi dalam waktu bulan ataupun tahun.

 

Nah, sebenarnya kita bisa kok ikut berpartipasi mengurangi jumlah sampah. Caranya pun gampang dan bisa dimulai dari rumah sendiri. Kamu tentu sudah sering dengar soal daur ulang sampah, kan? Langkah awalnya memang harus dimulai dari pengelolaan sampah rumah tangga.

 

Seperti apa cara sederhana mengelola sampah rumah tangga? Berikut adalah caranya.

 

1. Taruh kantong plastik di tempat sampah

Cara ini sangat mudah untuk mengelola sampah rumah tangga. Kamu hanya membutuhkan kantong plastik hitam yang kemudian bakal kamu letakkan di tempat sampah. Hal ini untuk memudahkan kamu saat membuang sampah berlebih.

 

Selain itu, cara ini juga bisa menghindarkan rumah dari sarang penyakit akibat sampah. Sebab, sampah jadi nggak bercecer dan lebih rapih. Setelah kantung plastik penuh, gantilah dengan yang baru. Jangan lupa untuk mengikat kantung plastik ya supaya lalat dan kecoak nggak bersarang di dalamnya.

 

Artikel Terkait: Hubungan tidur dengan kesehatan.

  1. 5 Fakta Penting Tentang Pengaruh Tidur Pakai AC Terhadap Tubuh!
  2. Sering Insomnia, Segera Lakukan 6 Tips ini untuk Kebiasaan Tidur yang Lebih Baik
  3. Kebanyakan Tidur Saat Weekend Berakibat Fatal bagi Jantung

 

2. Pisahkan sampah organik dan nonorganik

Pembedaan jenis sampah ini mungkin udah nggak asing buat kamu. Di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta misalnya, kamu bisa melihat tong sampah dengan kategori masing-masing, organik dan nonorganik. Kamu bisa meniru cara ini di rumah.

 

Sediakan dua tempat sampah untuk menampungnya. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makanan atau daun yang bisa terurai. Sedangkan sampah plastik, kaleng, karet, dan kaca bisa kamu buang di tempat sampah nonorganik.

 

Dengan melakukan cara ini, kamu sudah berkontribusi pada pengelolaan sampah tahap lanjut. Seperti sampah organik yang berguna untuk pengomposan, dan daur ulang untuk sampah nonorganik. Kamu juga bisa mengurangi bau nggak sedap di sekitaran rumah dengan pemisahan ini.

 

3. Jangan tunggu sampah menggunung

Menimbun sampah bukanlah ide yang baik untuk kesehatan kamu dan orang terkasih di rumah. Sampah yang menumpuk, selain mengundang penyakit juga nggak enak dilihat. Sampah lebih mudah tercecer bila dibiarkan dalam waktu yang lama. Belum lagi dengan kucing atau tikus yang mengubek-ubek sampah itu. Karena itu selalu buang sampah sebelum menumpuk dan menjadi sarang ulat dan jamur.

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit online, kredit tanpa jaminan, sampah rumah tangga, daur ulang, cara kelola sampah rumah tangga

 

4. Selalu bersihkan tempat sampah

Walau kamu mengalasi tong sampah dengan kantung plastik, kebersihannya belum tentu terjamin. Karena itu selalu luangkan waktu untuk membersihkan tempat sampah secara rutin. Misalnya tiga hari atau seminggu sekali. Cara ini bisa membunuh kuman yang bersarang. Caranya pun sangat sederhana. Kamu tinggal membersihkan tempat sampah dengan air sabun lalu bilaslah dengan air.

 

5. Lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Reduce (pengurangan), reuse (penggunaan kembali), dan recycle (pendaurulangan) adalah cara selanjutnya yang bisa kamu praktikkan dalam mengelola sampah di rumah. Kurangilah pemakaian produk plastik, kertas, atau bahan lain yang sulit terurai. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain secara berulang. Misalnya kardus, kertas, dan kantung plastik.

 

Nah, untuk daur ulang, kamu bisa mencari berbagai macam video do it yourself di internet. Kamu bisa memanfaatkan bahan seperti botol menjadi barang berguna. Misalnya untuk vas bunga atau penghias ruangan.

 

Artikel Terkait: Kiat menjaga tubuh tetap bugar.

  1. Siapa Bilang Diet Itu Mahal? Ini 5 Cara Memiliki Bentuk Tubuh Ideal Tanpa Menguras Kantong!
  2. Milenial, Yuk Benahi Pola Hidupmu untuk Menghindari 5 Penyakit Ini!
  3. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!

 

Mengelola sampah itu sebenarnya cukup mudah. Tinggal mengumpulkan niat saja kok. Lagipula ini demi kesehatan dan kebersihan rumah tangga sendiri. Kalau bukan kamu yang memulai, siapa lagi?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


KENNY CAROLINE KENNY CAROLINE