Beranda > Gaya Hidup > Sering Insomnia, Segera Lakukan 6 Tips ini untuk Kebiasaan Tidur yang Lebih Baik

Sering Insomnia, Segera Lakukan 6 Tips ini untuk Kebiasaan Tidur yang Lebih Baik

RISANG PRATAMARisang Pratama
Sering Insomnia, Segera Lakukan 6 Tips ini untuk Kebiasaan Tidur yang Lebih Baikwatermark

TUNAIKU.COM – Dahulu, profesi freelancer kerap membuat begadang jadi kebiasaan. Nggak harus untuk pekerjaan, sih. Ada kalanya, dini hari saya justru main game. Untungnya, sejak masuk kantor pagi, pola tidur saya jadi lebih teratur.

 

Membaca dampak kurang tidur memang ngeri-ngeri sedap. Matthew Walker, seorang ilmuwan saraf sekaligus kepala Center for Human Sleep Science di University of California, Berkeley mengatakan, kurang tidur dapat menurunkan angka harapan hidup lantaran meningkatkan risiko penyakit kronis.

 

Sebenarnya, ada cara untuk memperbaiki kualitas tidur yang kurang baik. Berikut adalah 7 tips utnuk mengatur kebiasaan tidurmu. Yuk, coba!

 

1. Singkirkan laptop dan ponsel satu jam sebelum tidur

Layar laptop, smartphone, dan televisi memancarkan blue light atau sinar biru. Di satu sisi, sinar biru mampu meningkatkan kesadaran dan semangat. Namun, terlalu banyak terpapar sinar biru menjelang tidur bisa menekan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Akibatnya, kualitas tidurmu jadi buruk, deh.  

 

Untuk mengatasinya, ada baiknya kamu mematikan semua perangkat elektronik, setidaknya satu jam sebelum tidur malam. Kalau terpaksa menggunakan laptop atau smartphone tengah malam karena urusan pekerjaan, manfaatkan aplikasi bluelight filter untuk mengurangi dampak paparan sinar biru.

 

2. Olahraga rutin setiap hari

Berolahraga rutin bikin badan dan pikiran lebih segar. Efeknya, kamu bisa tidur pulas di malam hari. Kamu bisa melakukan olahraga seperti joging selama 30 menit, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Namun, hindari berolahraga beberapa saat menjelang tidur, ya. Kecuali, kalau itu adalah olahraga berat yang menguras energi.

 

Artikel Terkait: Tips Menjaga Kesehatan untuk Pekerja Kantoran

  1. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu
  2. 7 Tips Agar Selalu Fit untuk Ibu Hamil yang Bekerja
  3. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja

 

3. Dapatkan paparan sinar Matahari yang cukup

Paparan sinar Matahari yang cukup ternyata penting buat menjaga kualitas tidur kamu. Menurut penelitian, mereka yang memperoleh cukup cahaya Matahari di pagi hari, cenderung bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Nah, kamu bisa memperolehnya lewat aktivitas di luar ruangan. Kalau kamu kerja kantoran sepanjang hari, usahakan untuk memilih meja di samping jendela.

 

4. Bikin kamarmu lebih sejuk

Suhu kamar yang terjaga juga nggak kalah penting dalam memperoleh tidur yang berkualitas. Dengan membuat suhu kamar lebih sejuk, kamu bisa menikmati tidur yang lebih lelap. Itulah mengapa saya bisa tidur lebih nyenyak di hotel. Soalnya, di kos saya nggak ada AC, cuma ada kipas angin.

 

5. Ciptakan kegelapan total di kamar tidur

Terbiasa tidur dengan lampu menyala? Kalau alasannya semata karena kamu malas mematikan lampu, mulai sekarang nggak ada salahnya kamu membiasakan diri tidur di kegelapan total. Kondisi kamar yang nircahaya membantu produksi hormon melatonin yang memengaruhi kualitas tidur kamu.

 

Artikel Terkait: Jaminan Kesehatan Bikin Bekerja Lebih Tenang

  1. Deteksi Kesehatan Lebih Dini: Biaya Berat di Awal, Ringan di Akhir
  2. Yuk, Tingkatkan Mutu Kesehatanmu dan Keluarga dengan KTA!
  3. Apakah Medical Check Up Bisa Menggunakan Fasilitas BPJS?

 

6. Konsumsi asam lemak omega-3

Masih berhubungan dengan hormon melatonin. Penelitian dari Universitas Oxford menemukan bahwa omega-3 dapat memperbaiki kualitas tidurmu. DHA dalam omega-3 mampu mengurangi rasa cemas sekaligus membantu pelepasan hormor melatonin. Jadi, kamu bisa menikmati tidur yang lebih tenang dan nyenyak.

 

Dengan menerapkan tips di atas, saya sukses tidur lebih lelap di malam hari. Mudah-mudahan bisa manjur kamu terapkan!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu sekarang!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett