Beranda > Gaya Hidup > Kebanyakan Tidur Saat Weekend Berakibat Fatal bagi Jantung

Kebanyakan Tidur Saat Weekend Berakibat Fatal bagi Jantung

Kebanyakan Tidur Saat Weekend Berakibat Fatal bagi Jantungwatermark

TUNAIKU.COM – Salah satu cara mudah dan murah untuk mengembalikan kondisi tubuh sekaligus menyehatkan adalah dengan tidur. Kurang tidur membuat tubuh mudah terserang penyakit. Tapi ternyata kalau kita kebanyakan tidur, bisa mengundang penyakit, lho! Nah, rata-rata waktu tidur yang baik adalah 7-9 jam setiap hari dengan durasi idealnya selama 8 jam.

Kesibukan di saat weekdays mungkin membuatmu kekurangan waktu untuk tidur. Oleh karenanya, begitu weekend tiba kamu pun balas dendam dengan tidur seharian penuh. Wah wah wah, pasti kamu sangat puas, dong?

Tapi coba deh baca artikel ini baik-baik. Ternyata terlalu lama durasi tidur itu enggak baik buat kesehatanmu, lho.

 

Rentan penyakit jantung

Orang yang terbiasa tidur terlalu lama lebih berisiko terkena gangguan jantung. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American Collage of Cardiollogy menyebutkan bahwa seseorang yang tidur dengan durasi waktu lebih lama dari jam normalnya, lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Setelah dilakukan analisa terhadap 3000 orang, didapatkan hasil bahwa orang yang terlalu lama durasi tidurnya akan mengalami risiko dua kali lebih besar terserang angin pectoris atau angin duduk.

Pasokan oksigen menjadi berkurang dan aliran darah menuju jantung mengalami penurunan. Mereka juga 1,1 kali lebih berisiko terserang jantung koroner.

Tidak jauh berbeda dengan hasil penelitian di atas. Nurses’s Health Study di Amerika juga melakukan penelitian terhadap 72.000 wanita dan didapatkan hasil mereka yang tidur lebih dari 11 jam sehari memiliki 38% risiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

Pada dasarnya terlalu lama tidur tidak hanya penyakit jantung saja, tetapi juga dapat mengundang penyakit berbahaya lainnya. Hasil penelitian oleh peneliti di Cambridge menunjukkan bahwa orang-orang yang terlalu banyak tidur berisiko 46% mengalami stroke lebih banyak daripada mereka yang tidur dengan durasi waktu normal.    

 

Manfaatkan dengan tepat waktumu

Weekend memang waktu paling tepat untuk beristirahat. Bisa beristirahat dengan puas jadi kebahagiaan tersendiri setelah lima sampai enam hari bekerja. Namun, sadarkah kalian dengan terlalu lama tidur akan membuat hari Senin-mu semakin cepat datang? Kenapa tidak melakukan kegiatan yang lebih membahagiakan dan bermanfaat saja untuk membuat Senin-mu tidak kunjung datang?

Ada banyak waktu yang tersedia untuk kamu berkumpul bersendagurau bersama keluarga. Kamu pun bisa reuni dengan teman-teman lamamu. Atau kamu juga bisa mengisi waktu untuk mengerjakan pekerjaan sampingan dan mengurus bisnismu. Tentu kegiatan-kegiatan tersebut lebih bermanfaat dan bahagia daripada sekadar tidur.

Pada dasarnya, keterkaitan antara durasi waktu tidur dengan penyakit jantung masih harus dikaji lebih mendalam lagi. Hanya saja, kalau tidur cukup saja sudah membuat sehat, kenapa harus berebihan? Bukankah waktu senggangmu bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menyenangkan?   

 

Yuk, langsung ajukan pinjaman tunaimu di Tunaiku. Klik di sini untuk pengajuan pinjaman yang nggak pakai repot!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett