SWARA – Masih teringat jelas tentang kabar meninggalnya artis Julia Perez akibat kanker serviks. Seketika itu juga masyarakat seperti kembali disadarkan bahwa ada beberapa penyakit mematikan yang mengintai, khususnya pada kaum perempuan.

 

Kanker serviks pun menjadi momok menakutkan bagi kaum perempuan. Salah satu upaya pencegahan pada kanker serviks bisa dengan melakukan vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus) yang diikuti dengan penerapan pola hidup sehat seperti diet, menghindari rokok, dan pemeriksaan kesehatan kelamin melalui papsmear secara berkala.

 

Sayangnya, tak hanya penyakit kanker serviks saja yang berbahaya, masih ada penyakit lain yang nggak kalah berbahayanya dengan Kanker Serviks. Bagi kaum hawa, agar terhindar dari semua penyakit mematikan tersebut bisa dengan mempertimbangkan untuk mengambil vaksin-vaksin sejenis HPV sebagai langkah pencegahan.

 

Berikut ini ada beberapa jenis vaksin bagi perempuan dewasa yang bisa kamu pertimbangkan sebagai langkah preventif dari bahaya penyakit-penyakit tersebut.

 

Artikel terkait: Sehat dengan pola hidup yang tepat

  1. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!
  2. Manfaat Pola Hidup Vegetarian dan Tips Mudah Untuk Memulainya!
  3. Yuk, Detoks Tubuhmu di Awal Tahun 2018 dengan Mengonsumsi 7 Buah Ini!

 

1. Vaksin HPV (Human Papilloma Virus)

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, Vaksin HPV merupakan langkah preventif untuk menghindarkan risiko mengidap Kanker Serviks. Jenis vaksin ini sangat direkomendasikan bagi kaum perempuan. Menurut American Cancer Society, waktu pemberian paling optimal vaksin HPV adalah ketika perempuan berusia 11 atau 12 tahun dalam beberapa kali serial suntikan.

 

Namun bila belum pernah diberikan vaksin HPV atau belum menyelesaikan rangkaian serialnya, dianjurkan untuk mengambil vaksin HPV pada usia 13 sampai 26 tahun bagi kaum perempuan, sedangkan bagi lelaki adalah pada usia 13 sampai 21 tahun.

 

Bagi kamu yang sudah menginjak usia 22 sampai 26 tahun dan belum pernah mendapat vaksin HPV atau yang belum menyelesaikan serial vaksinasi HPV, penting untuk diketahui bahwa semakin tua usia kamu saat vaksinasi, maka efektivitas vaksin dalam menurunkan risiko kanker juga semakin kecil.

 

Bila kamu ingin melakukan vaksin HPV, harga vaksin HPV di Indonesia bervariatif sesuai dengan mereknya. Merek Cervarix harganya sekitar Rp1,9 juta dengan tiga kali suntikan. Ada pula merek Gardasil yang dibanderol dengan harga Rp2,4 juta dengan tiga kali suntik.

 

2. Vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella)

Vaksin yang berikutnya diperuntukkan untuk menangkal tiga jenis penyakit yaitu Mumps (campak), Measles (gondongan) dan Rubella (campak Jerman). Vaksin MMR umumnya diberikan ketika anak menginjak usia 1 tahun, yang kemudian dilanjutkan dengan booster yang diberikan sebelum anak memasuki usia sekolah (4-5 tahun).

 

Pada orang dewasa, Vaksin MMR disarankan untuk diberikan sebanyak satu atau dua dosis vaksin, sebagai upaya pencegahan dari tiga penyakit tersebut. Kriteria orang dewasa yang dianjurkan untuk melakukan vaksinasi MMR antara lain, (1) bila tinggal di kawasan padat penghuni atau yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan, (2) belum pernah sekalipun mendapatkan vaksin MMR atau yang hendak bepergian ke luar negeri. Untuk mendapatkan vaksinasi MMR, harga vaksin MMR saat ini dipatok nggak sampai Rp500 ribu.

 

3. Vaksin Hepatitis B

Indonesia memiliki angka persebaran penyakit Hepatitis B yang sangat tinggi. Maka dari itu, vaksinasi ini penting untuk mengurangi risiko terserang penyakit yang menyerang organ hati ini. Vaksin disarankan utamanya bagi kamu yang bekerja di rumah sakit, sering “gonta-ganti” pasangan seksual, pengguna narkoba, dan bagi kaum gay khususnya pria.

 

Harga vaksin Hepatitis B dibanderol dengan harga sekitar Rp400 ribu untuk setiap tiga dosis dewasanya.

 

4. Vaksin Pneumokokus

Vaksin ini bisa mencegah kamu dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh keracunan darah, meningitis dan pneumonia atau radang paru. Perlu kamu ketahui, ketiga jenis penyakit tersebut sering sekali menyebabkan kematian bagi pengidapnya, oleh karena itu, Vaksinasi Pneumokokus adalah jalan terbaik untuk mencegah hal tersebut.

 

Ada dua jenis vaksin pneumokokus yang disarankan untuk diambil, yakni PCV dan PPSV. Vaksin jenis PCV dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak yang masih berusia usia muda, sedangkan PPSV diberikan pada orang dewasa dan anak-anak lebih besar.

 

Dosis yang dianjurkan adalah satu dosis untuk mereka yang berusia 19-64 tahun, kemudian satu dosis pada saat sudah menginjak usia 65 tahun. Bagi mereka yang berusia 65 tahun ke atas, selain PPSV, PCV juga direkomendasikan untuk diberikan. Harga vaksin PPSV ini dibanderol dengan harga Rp400-an ribu, lebih murah dari vaksin PCV.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman tunai mudah cepat dan tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, amar bank indonesia, kredit mudha dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, vaksin untuk perempuan, daftar vaksin untuk perempuan

 

5. Vaksin Herpes Zoster

Vaksin ini dianjurkan untuk diberikan pada orang dewasa yang berusia di bawah 60 tahun, baik bagi yang sudah pernah terinfeksi herpes, maupun bagi mereka yang belum pernah. Selain itu, orang-orang yang memiliki kondisi medis kronis juga memerlukan vaksin ini. Harga vaksin Herpes Zoster saat ini cukup mahal yakni sekitar Rp 1,7 juta.

 

Artikel terkait: Serba-serbi Hidup Sehat

  1. Lagi Tegang? Begini 7 Kiat Redakan Stres Dalam 5 Menit!
  2. Yuk, Lakukan 6 Kebiasaan Sederhana Ini Setiap Hari agar
  3. Yuk, Bikin Infused Water Sendiri Biar Tubuh Nggak

 

Itulah jenis-jenis vaksin yang sangat disarankan untuk diambil, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa, terutama sekali pada kaum wanita, agar terhindar dari risiko kematian akibat penyakit-penyakit mematikan. Mari cegah penyakit dengan berikhtiar melalui pemberian vaksin dan menerapkan gaya hidup sehat.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


HENDRATANU WIJAYA HENDRATANU WIJAYA