SWARA – Di suatu sore yang syahdu, saya lagi santai sambil browsing internet. Sebuah judul menarik minat saya. Artikel itu membahas tentang macam-macam investasi emas.

 

Setelah membaca, saya bagaikan mendapat sebuah ilham untuk berencana memilih salah satu macam investasi emas. Karena ternyata, investasi emas itu nggak terbatas pada emas batangan dan emas perhiasan aja guys!

 

Nih, 8 macam investasi emas yang bisa kamu coba dengan karakteristik yang berbbeda. Penasaran? Simak yuk!

 

1. Emas batangan

Investasi emas batangan adalah yang paling umum dan diketahui banyak orang. Ia pun menjadi favorit karena sifatnya yang gampang dibeli maupun dijual. Keuntungan diperoleh dalam jangka panjang sehingga kamu harus sabar dalam berinvestasi.

 

Tapi kamu nggak perlu khawatir karena setiap pembelian emas batangan selalu disertai sertifikat keaslian dan berat emas. Kamu bisa mencoba membeli emas batangan produksi Antam.

 

2. Emas perhiasan

Kelebihan dari investasi emas perhiasan adalah kamu bisa menggunakannya di saat-saat tertentu. Banyak perempuan yang memilih jenis investasi emas satu ini karena fungsinya itu.

 

Sama seperti emas batangan, keuntungan yang didapat bersifat jangka panjang. Oh ya, saat memutuskan untuk menjual, pastikan harga emas menutupi ongkos beli ya.

 

Artikel Terkait: Mempelajari bitcoin.

  1. 5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula
  2. Menguntungkan tapi Berbahaya, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Soal Investasi Bitcoin
  3. 5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula

3. Koin emas

Investasi koin emas memiliki berbagai jenis. Mulai dari koin emas mata uang, koin emas kuno, hingga koin emas mata uang. Kalau di Indonesia, koin emas yang dikenal adalah koin emas Ongkos Naik Haji (ONH) serta koin emas dinar dari PT Antam. Yang harus kamu ketahui adalah ada pajak pertambahan nilai (PPN) bila kamu hendak membeli koin emas.

 

4. Sertifikat emas

Bila kamu khawatir kehilangan emas, maka kamu bisa memilih berinvestasi di sertifikat emas. Kamu cukup mengantongi selembar kertas sebagai bukti kepemilikan logam mulia tersebut. Jenis investasi emas ini lebih aman karena mengurangi risiko kehilangan. Kamu juga nggak perlu pusing karena harus mengeluarkan uang untuk membayar deposit box. Emas kamu aman di selembar kertas.

 

 

5. Reksa dana emas

Investasi emas juga mencakup reksa dana, lho. Namanya reksa dana emas yang bisa jadi alternatif buat kamu untuk menghasilkan uang tanpa harus memiliki emas secara fisik. Profit yang dihasilkan dari ragam investasi ini berasal dari transaksi saham perusahaan pertambangan emas dan juga perdangan fisik emas.

 

6. Exchange trade fund emas

Jenis investasi emas ini mirip dengan reksa dana emas. Namun, yang membedakan keduanya adalah transaksi berlangsung di lantai bursa dengan prosedur yang lebih runyam.

 

Artikel Terkait: Informasi investasi yang perlu kamu tahu.

  1. Kamus Investasi Saham, Bookmark ya!
  2. Ingin Investasi Properti? Kamu Wajib Mengetahui Jenis-Jenis Dokumen Ini
  3. 7 Produk Investasi Risiko Rendah yang Bisa Kamu Coba

7. Emas kuno

Sebagian besar emas kuno berbentuk koin. Poin plus dari investasi emas jenis satu ini terletak pada nilai historis. Namun justru karena itu pula nilainya sukar untuk distandarisasi. Intinya, semakin kuno dan semakin tua usia sebuah koin, semakin mahal harganya. Rata-rata yang berinvestasi dalam emas kuno adalah para kolektor. Kamu harus memiliki dana yang besar dan waktu yang panjang karena koin emas sulit didapat.

 

8. Emas lokal

Banyak industri skala kecil di Indonesia yang memproduksi emas selain Antam. Kamu bisa mencoba jenis investasi ini. Perbedaannya dengan Antam adalah emas lokal nggak memiliki standar harga sehingga kamu harus pintar-pintar menawar. Harga emas lokal tergantung dari kadarnya, ya.

 

Ternyata investasi emas itu beragam ya. Saya jadi tercerahkan deh gara-gara browsing di internet. Sekarang pilihan berinvestasi pun semakin banyak.            

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE