Beranda > Finansial > 5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula

5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemulawatermark

TUNAIKU.COMCryptocurrency atau mata uang digital Bitcoin memang sedang naik daun. Saat artikel ini ditulis, nilai satu Bitcoin setara dengan Rp57,8 juta. Angka ini bukanlah yang tertinggi, lho. Akhir Agustus lalu, nilainya bahkan menyentuh angka Rp64 juta per BTC.

Serius, saya jadi agak nyesel karena nggak investasi dari dulu. Pada awal kepopulerannya di tahun 2012, 1 Bitcoin hanya senilai Rp 50 ribu. Tahun-tahun berikutnya, nilainya terus meroket meskipun sempat mengalami tren penurunan.

 

Memang, sih, keberadaan Bitcoin masih belum diakui secara resmi di Indonesia. Konon Bank Indonesia masih mengkaji regulasi terkait dengan eksistensi mata uang digital ini. Tapi, itu nggak menyurutkan langkah saya untuk investasi kecil-kecilan di Bitcoin.

 

Nah, inilah beberapa tips investasi Bitcoin yang menguntungkan bagi pemula yang menurut saya layak dicoba.

 

1. Mulailah dari nominal yang kecil

Cara untuk untung dari investasi Bitcoin adalah dengan melakukan trading di bursa. Mirip lah dengan jual beli saham. Mengingat harganya yang selangit plus fluktuasi nilainya yang liar, kayaknya lebih bijak jika kamu nggak menginvestasikan dana yang terlalu besar di awal.

 

Buat info saja, pergerakan harian Bitcoin bisa mencapai jutaan rupiah. Saat saya menulis ini, pagi hari Bitcoin berada di angka Rp59 juta, sementera malamnya turun jadi Rp57,8 juta. Jadi, kalaupun harganya terjun bebas dan modalmu habis, kamu pun nggak rugi-rugi amat.

 

Artikel terkait: Sebelum investasi Bitcoin, baca ini dulu

  1. Ini Hal-hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Investasi BitCoin
  2. Bagaimana Cara Berinvestasi Valuta Asing untuk Pemula? Ini Kiatnya!
  3. Selagi Muda, Coba 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi Ini!

 

2. Hindari menimbun terlalu banyak Bitcoin

Kamu mungkin tergoda untuk menimbun Bitcoin hingga jumlahnya segunung. Tapi, cara ini cukup berisiko. Selain ketidakpastian nilai dan regulasi terhadap Bitcoin di masa mendatang, timbunan Bitcoin juga bisa mengundang tindak peretasan. Buat pemula, menurut saya lebih baik ambil keuntungan dari trading dalam rentang waktu pendek, misalnya mingguan, alih-alih menimbunnya dalam jangka panjang.

 

pinjaman tunaiku

 

3. Pantau terus harga Bitcoin

Nilai Bitcoin terus bergerak setiap menit. Makanya, kamu perlu memantau pergerakannya. Ada beberapa yang bisa dipakai untuk ini, misalnya Bitcoin Checker atau Bitcoin Ticker Widget. Keduanya bisa memberi peringatan apabila pergerakannya mencapai nilai yang kamu inginkan. Selanjutnya, tinggal kamu putuskan mau beli atau jual.

 

4. Gunakan limit untuk proses beli dan jual

Jika kamu melakukan trading melalui Bitcoin.co.id, kamu bisa mengatur limit nominal untuk membeli maupun menjual Bitcoin. Jadi, proses beli atau jual baru akan tereksekusi secara otomatis pada saat nilai Bitcoin bergerak ke limit yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Nah, kalau kamu nggak sempat memantau pergerakan Bitcoin secara real-time, cara yang ini bisa dimanfaatkan.

 

Artikel terkait: Aman bertransaksi online

  1. Melek Finansial di Era Teknologi, Hati-Hati dengan Modus Penipuan via Ponsel Berikut Ini
  2. Biar Belanja Online-mu Aman dan Nyaman, 5 Tips Bertransaksi Online Ini Layak Jadi Perhatian!
  3. Waspadai Pencurian Data Pribadi Untuk Membobol Kartu Kredit!

 

5. Investasikan sebagian bitcoin untuk cloud mining

Untuk menghindari kerugian akibat penurunan nilai Bitcoin, kamu bisa memanfaatkan cloud mining. Cloud mining adalah proses penambangan Bitcoin yang bisa kamu secara online dengan satuan GHS. Dari proses ini, kamu akan mendapatkan keuntungan tambahan dari Bitcoin ekstra hasil menambang. Kalau sudah nggak dipakai, GHS tersebut bisa kamu jual kembali.

 

Keuntungan investasi Bitcoin lewat trading memang menggiurkan. Tapi, sebelum benar-benar terjun ke investasi mata uang digital ini, kamu perlu memahami risikonya terlebih dulu biar bisa melakukan antisipasi saat kemungkinan buruk terjadi. Selamat bermain Bitcoin!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett