SWARA DARI AMAR BANK – Kamu sedang mencari tugas dan gaji digital marketing serta prospek kariernya? Kamu berada pada artikel yang tepat.

 

Seiring perkembangan zaman, tidak sedikit yang memilih untuk berkarir di bidang digital marketing. Apalagi di era digital saat ini bidang tersebut cukup menjanjikan.

 

Mengingat jumlah pengguna internet yang semakin banyak. membuat digital marketing dinilai sebagai strategi promosi dalam menawarkan barang atau jasa yang paling efektif.

 

Nah, apa sebenarnya digital marketing itu? Bagaimana cara kerjanya dan bagaimana tips memulai karir sebagai digital marketing? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Pengertian Digital Marketing

 

pengertian digital marketing
@unsplash

 

Pada dasarnya, digital marketing adalah suatu kegiatan promosi ataupun pemasaran menggunakan media digital yang diakses melalui internet

 

Tujuan pemasaran berbasis digital ini untuk menjangkau target konsumen secara lebih cepat dan tepat. Di samping itu, jangkauan internet yang sangat luas membuat strategi pemasaran ini dinilai lebih efektif dan efisien dalam menjangkau para konsumen.

 

Pemasaran berbasis digital dapat dilakukan melalui media sosial, aplikasi seluler, aplikasi web, mesin pencari, situs web atau layanan pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik. 

 

Dikutip dari Dwynmedia, perkembangan marketing digital di Indonesia 2020 mengalami perkembangan yang signifikan dimana  dalam bidang tersebut menjangkau secara luas di dunia pasar atau pemasaran yang ditandai dengan penggunaan sosial media yang mana Indonesia tercatat sebagai pengguna yang aktif setiap harinya. 

 

Berdasarkan data dari Kominfo, Indonesia menduduki peringkat ke-6 pengguna internet terbesar di dunia. Bahkan penggunaan internet cenderung naik setiap tahunnya. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang digital marketing yang cukup menjanjikan di Indonesia.

 

Tugas digital marketing

 

Pemasaran digital menjadi alat yang sangat diperlukan bagi bisnis di Indonesia untuk menjangkau audiens target dan menumbuhkan target pelanggan mereka. Secara garis besar, tugas digital marketing adalah melakukan branding atau memperkenalkan perusahaan kepada target audiens.  Berikut adalah empat tugas penting digital marketing:

 

1. Search engine optimization (SEO)

 

Tugas digital marketing adalah branding, salah satunya branding untuk mendatangkan traffic. SEO adalah proses mengoptimalkan situs web untuk peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Hal ini menjadi penting karena semakin tinggi peringkatnya, semakin besar kemungkinan calon pelanggan menemukan produk di link website secara organik.

 

Contoh bagus dari bisnis Indonesia yang menerapkan SEO untuk keuntungannya link websitenya adalah Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. 

 

Perusahaan telah mengoptimalkan situs web mereka dengan keyword, tag meta, dan backlink yang relevan untuk memastikan bahwa Tokopedia mendapat peringkat tinggi pada halaman hasil pencarian untuk query yang relevan.

 

2. Social media marketing

 

Tugas digital marketing selanjutnya adalah memasarkan dan memperkenalkan produk lewat platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Media sosial bagi bisnis untuk terhubung dengan audiens dan mempromosikan produk atau layanan mereka. Salah satu contoh terbaik social media marketing di Indonesia adalah Go-Jek. 

 

Mereka telah memanfaatkan media sosial untuk membangun brand awareness yang kuat, berinteraksi dengan pelanggan, dan mempromosikan layanan mereka. Campaign media sosial mereka juga telah berhasil menghasilkan engagement, meningkatkan brand awareness, dan mendorong konversi.

 

Baca juga: Mengenal Social Media Specialist: Tugas, Gaji, dan Skill yang Dikuasai

 

3. Content marketing

 

Tugas digital marketing selanjutnya adalah membuat konten pemasaran atau biasa disebut content marketing. Content marketing melibatkan proses membuat dan berbagi konten yang relevan dengan audiens target bisnis. Hal ini bisa mencakup posting blog, infografis, video, dan banyak lagi. 

 

Contoh content marketing yang sangat baik di Indonesia adalah platform pemesanan perjalanan online Traveloka. Mereka memiliki bagian blog di situs web dan aplikasi mereka yang menyediakan kiat perjalanan, panduan tujuan, dan konten bermanfaat lainnya. 

 

Hal ini membantu menarik pelanggan potensial dan menjadikan diri mereka sebagai sumber informasi perjalanan yang andal.

 

4. Email marketing

 

Email marketing melibatkan pengiriman email promosi ke daftar pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Contoh bisnis yang berhasil menerapkan email marketing di Indonesia adalah platform e-commerce Blibli. 

 

Perusahaan mengirim email yang dipersonalisasi ke pelanggan mereka dengan penawaran eksklusif, diskon, dan rekomendasi produk. Ini telah membantu mereka mempertahankan pelanggan dan mendorong lebih banyak penjualan.

 

5. Campaign/Beriklan

 

Dalam digital marketing, tugas selanjutnya adalah membuat iklan kampanye untuk memperkenalkan produk perusahaan ke publik. Makanya dikenal istilah campaign specialist. Bertugas untuk merancang, menerapkan, dan mengelola campaign digital di berbagai channel pemasaran seperti email, media sosial, search engine, dan display advertising. 

 

Campaign specialist bekerja secara kolaboratif dengan tim lain seperti tim creative, analytic, dan product manager untuk membuat dan melaksanakan campaign yang memenuhi tujuan bisnis seperti meningkatkan traffic situs web, brand awareness hingga menghasilkan keuntungan. 

 

Posisi ini dalam perusahaan juga bertugas melakukan riset pasar, mengidentifikasi audiens target, membuat konten campaign, memantau matriks kinerja, dan menyesuaikan strategi berdasarkan data. Tujuan utamanya adalah untuk mendorong konversi dan memaksimalkan ROI untuk perusahaan.

 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan dan Mudah Dapat Kerja 2023

 

Prospek Karier Digital Marketing

 

prospek karier digital marketing
@unsplash

 

Tentunya menjadi seorang digital marketer tidaklah mudah. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mencari tenaga untuk bidang ini, apalagi dengan perkembangan era digital yang semakin. Adapun prospek karier di bidang digital marketing di Indonesia sebagai berikut:

 

1. Social Media Marketer

 

Perkembangan media sosial yang pesat membuat pihak produsen menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, baik produk maupun jasa. Melalui media sosial, banyak company ataupun seorang pebisnis yang melakukan promosi untuk menjangkau para audiens. 

 

Social media marketer bertanggung jawab untuk pembuatan konten media sosial, berinteraksi dengan para audiens dan pembuatan konten iklan, memperbarui informasi untuk mendapatkan tren terbaru dan masih banyak lagi. 

 

Gaji digital marketing khususnya seorang social media marketer tergantung pada job desk dan skala perusahaannya. Pendapatan seorang social media marketing perusahaan nasional berkisah antara Rp6-10 juta per bulan.

 

2. Content Writer 

 

Tugas seorang content writer adalah untuk membuat konten yang akan diterbitkan dalam sebuah website. Dengan perkembangan dunia digital, seorang penulis konten perlu membuat konten yang menarik dan memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan konten tersebut.

 

Hampir semua perusahaan pemilik website membutuhkan jasa seorang penulis konten. Gaji digital marketing spesifik dengan tugas seorang penulis konten berkisar dari Rp5-15 juta per bulan.

 

Baca juga: 10 Cara Menjadi Content Creator, Lengkap!

 

3. SEO specialist

 

SEO specialist bertugas dalam mengoptimalkan pencarian di Google. Pekerjaan di bidang ini meliputi penelitian dan analisis dalam meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google. Kata kunci yang paling relevan atau populer teratas akan ditampilkan kepada pengguna web, dan tugas SEO Specialist-lah untuk menentukan kata kucin paling relevan ini.

 

Adapun gaji digital marketing SEO tergantung dari proyek yang ia kerjakan. Mulai dari yang perbulan bahkan tahunan. Bahkan SEO manager specialist bisa mendapat penghasilan sekitar Rp400 juta per tahunnya.

 

4.  Marketing Research

 

Marketing research dibutuhkan untuk melakukan riset terkait target yang akan disasar oleh perusahaan. Biasanya marketing research kebanyakan berhubungan dengan nasabah. Mereka akan terjun langsung memahami kebutuhan dan harapan nasabah terkait produk perusahaan. Marketing research akan mengenali problem customer untuk kebutuhan perusahaan. Gaji rata-rata marketing research mulai dari Rp6 juta per bulan.

 

5. PPC specialist

 

Seorang PPC specialist bertanggung jawab untuk mengelola campaign iklan bayar per klik untuk mengarahkan traffic dan konversi situs web. Tugasnya termasuk membuat dan mengoptimalkan campaign iklan, memantau kinerja iklan, dan menganalisis metriks campaign. Potensi gaji digital marketing yang spesifik untuk tugas sebagai PPC specialist adalah sekitar Rp 8-15 juta per bulan.

 

Tips memulai karier sebagai digital marketing

 

tips jadi digital marketer
@unsplash

 

Jika kamu ingin menggeluti bidang digital marketing, kamu harus memiliki skill dasar yang akan membantumu dalam mengembangkan karier.

 

1. Kemampuan analisa dan mengolah data

 

Untuk menjadi seorang digital marketer, tentunya kemampuan analisis sangat penting. Ketika kamu melakukan strategi pemasaran, tentunya kamu ingin mengetahui seberapa sukses promosi pemasaran yang kamu lakukan. Dengan kemampuan analisis yang baik akan membantu kamu mengetahui seberapa baik atau buruknya sebuah promosi yang kamu lakukan dan berusaha untuk memperbaiki ke depannya. 

 

Selain itu, kemampuan analisis yang kamu punya bertujuan untuk menganalisis setiap kegiatan marketing yang dilakukan agar dapat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu untuk meningkatkan promosi di perusahaan.  Begitu juga dengan kemampuan mengolah data, sangat diperlukan. Dalam mengolah data diperlukan data yang valid. Misalnya data yang berisi email klien yang diperlukan ketika melakukan email marketing.

 

Oleh karena itu, kamu harus mampu mengolah data dan menampilkan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan digital marketing.

 

2. Memperluas koneksi

 

Memperluas jaringan sangat penting untuk boost kariermu di bidang digital. Hal ini akan membantu namamu dikenal orang lain dengan cepat. Tidak hanya diingat oleh orang lain, juga kamu membantumu dalam memperluas koneksi yang dapat membantu karier. Dengan memperluas jaringan, kamu juga mendapat kesempatan bertukar pikiran dengan orang hebat lainnya di bidang ini serta mendapat perspective yang baru. 

 

Dengan adanya perspective yang baru kamu bisa menambah insight tentang bidang digital marketing yang mungkin belum kamu ketahui. Misalnya kamu bisa mengikuti seminar yang berhubungan dengan digital marketing, menghadiri konferensi yang dapat menambah hubungan dengan marketer yang lainnya. Dengan pengetahuan yang kamu punya, maka kemampuanmu akan berkembang dan kamu bisa membentuk tim yang hebat untuk menggeluti lebih lanjut tentang digital marketing,

 

3. Kreativitas

 

Mengingat perkembangan di bidang digital yang semakin pesat, maka tingkat kompetitor akan semakin banyak juga. Karena itu, para digital marketer harus mencari cara efektif agar ide-ide mereka dapat menyaingi para kompetitor.

 

Dalam hal ini, para digital marketer membutuhkan kreativitas dalam memasarkan produk ataupun jasa. Jika kamu memiliki ide yang menurutmu akan berhasil, ada baiknya untuk dicoba dan berani mengambil risiko.

 

Baca juga: Pentingnya Personal Branding di Usia 30-an, Ini Tipsnya!

 

4. Ketahui tren terbaru 

 

Untuk mem-boosting kariermu dalam bidang digital, kamu harus tahu tren terbaru, mengingat perkembangan digital yang berubah dengan cepat. Kebutuhan industri digital bervariasi dari waktu ke waktu, dan jika kamu ketinggalan, maka orang lain akan menggantikanmu.

 

Kamu bisa mengikuti berbagai tren dengan mengikuti situs pemasaran digital utama dan orang-orang berpengaruh di media sosial. Sosial media yang pengaruhnya cukup besar dalam bidang pemasaran digital seperti Google, Facebook, Twitter dan lainnya.

 

5. Menciptakan ciri khas sendiri (personal brand)

 

Personal brand sangat penting bagi seorang digital marketer. Dengan adanya personal brand, kamu dapat mengidentifikasikan sebuah perusahaan atau produk kepada konsumen. Selain itu, kamu dapat lebih mudah melakukan digital marketing.

 

Misalnya brand atau identitas yang terkenal akan lebih mudah bagi konsumen untuk menemukannya, bahkan para konsumen akan mencari brand tersebut.

 

6. Memiliki sertifikasi yang terpercaya

 

Jika kamu ingin terlihat menonjol dalam bidang ini, maka dengan mempunyai sertifikasi yang terpercaya akan membuat kamu lebih diakui dibandingkan yang tidak mempunyai sertifikasi. Dengan mempunyai sertifikasi tersebut, kamu akan mudah untuk mengembangkan kariermu dalam bidang ini.

 

Untuk mendapat sertifikasi, kamu bisa mengambil tes dalam bidang sertifikasi pemasaran digital. Misalnya, kamu bisa mengikuti kelas online seperti Google Digital Garage, Google Online Marketing Challenge, dan Facebook Blueprint yang dapat kamu pelajari sendiri.

 

Baca juga: 12 Keuntungan Mempekerjakan Fresh Graduate

 

Mengingat perkembangan digital marketing  yang semakin pesat, maka kamu bisa mengembangkan potensi dalam menggeluti bidang tersebut. Apalagi saat ini bekerja di bidang digital marketing cukup menjanjikan, sehingga dapat kamu jadikan sebagai media pemasaran dalam mempromosikan produk maupun jasa.