Beranda > Karier Sukses > Yuk, Ikut Mengurangi Sampah dengan Mengganti Sedotan Plastik!

Yuk, Ikut Mengurangi Sampah dengan Mengganti Sedotan Plastik!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Yuk, Ikut Mengurangi Sampah dengan Mengganti Sedotan Plastik!watermark

TUNAIKU.COM – Kalau lihat plastik-plastik di minimarket, saya jadi ingat tentang berita paus tempo hari. Tentu kamu sudah mendengar ada bangkai paus yang sampai di daratan. Setelah dibedah, isi perutnya sampah semua dan mayoritas adalah sampah plastik!

 

Itu baru satu paus, bagaimana dengan paus-paus lain yang ada di lautan sana? Miris, bukan? Apa yang sekiranya bisa kita lakukan sebagai generasi muda yang mendapat label agent of change?

 

Well, pada dasarnya upaya perubahan itu bisa dimulai dari diri sendiri, lho. Contohnya, membawa tote bag saat belanja di minimarket. Dengan demikian kamu sudah meminimalkan penggunaan plastik sekaligus sampah yang dihasilkannya nanti. Selanjutnya, aksi nyata yang akan sangat berpengaruh sebagai anak muda adalah penggantian penggunaan sedotan plastik.

 

Bukankah anak muda atau generasi milenial ini hobi sekali nongkrong di kafe? Memang, nggak ada yang salah dari nongkrong di kafe. Hanya saja, kamu bisa mengganti sedotan plastik dengan sedotan yang awet dan ramah lingkungan. Kira-kira apa saja yang bisa kamu gunakan, ya?

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Dunia Milenial

  1. 4 Investasi Tak Berwujud yang wajib Dimiliki Anak Millenial
  2. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial
  3. Jenis Investasi Reksa Dana yang Paling Disukai Para Millenials

 

1. Sedotan bambu

Beberapa waktu lalu saya sempat melakukan stlaking di akun IG Raisa. Di sana, dia menyarankan untuk menggunakan sedotan dari bambu. Kamu bisa memasukkan sedotan semacam ini dalam tas dan digunakan saat minum di luar. Selain sudah menyelamatkan lingkungan, bentuk sedotan ini juga lucu-lucu. Tertarik mencoba?

 

2. Sedotan silikon

Sedotan berbahan dasar silikon ini sangat pas jika dibawa traveling. Bentuknya lucu, teksturnya lentur, mudah saat dilipat, dan pastinya nggak mudah rusak. Kamu bisa mengunakan sedotan ini berkali-kali.

 

3. Sedotan akrilik

Sedotan yang tampak elegan dan biasanya digunakan sebagai dekorasi minuman saat pesta ini juga bisa kamu gunakan. Namun, kamu harus lebih berhati-hati saat memilih menggunakan sedotan ini. Pasalnya sedotan akrilik tergolong mudah retak dan rusak jika sudah digunakan dalam waktu yang lama.

 

4. Sedotan kertas

Bahan dasar sedotan ini memang dari kertas. Namun, jangan khawatir! Sedotan ini cukup mampu menahan suhu minuman panas dan dingin karena proses produksinya dengan menggulung kertas sampai padat. Desain dan bentuknya pun beraneka ragam sehingga sangat menarik dibawa ke mana-mana.

 

Artikel Terkait: Tokoh Inspiratif yang Bisa Kamu Ikuti Jejaknya

  1. Kenalan Yuk dengan 5 Kartini Muda Ini
  2. Inspiratif, Kisah Defi Soviana Sukses Rintis Karir Sebagai Party Planner
  3. 6 Pebisnis Muda Inspiratif yang Mulai Berwirausaha Sejak Kuliah

 

5. Sedotan baja nirkarat

Jika ingin awet dan bisa digunakan berkali-kali, sedotan baja nirkarat (stainless steel) adalah solusinya. Berbahan dasar baja, sedotan ini mampu tahan terhadap suhu minuman panas atau dingin.

 

Itu dia jenis-jenis sedotan yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti sedotan plastik. Ternyata, upaya pengurangan sampah plastik itu bisa dilakukan dari diri sendiri dengan hal yang mudah, ya. Yuk, lakukan sekarang karena efeknya akan sangat besar di kemudian hari!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett