SWARA – Apa yang terlintas di benakmu ketika melihat seseorang yang sukses? Kalau saya, yang muncul pertama kali adalah perasaan kagum dan pertanyaan bagaimana cara dia meraih kesuksesan. Sebab, sukses merupakan jalan yang panjang dan nggak begitu saja jatuh dari langit. Pasti banyak faktor yang memengaruhi berhasil atau nggak seseorang itu.

 

Salah satu faktor paling penting adalah karakter seseorang. Ya, mungkin keberuntungan mengambil peran, tapi porsinya sangat sedikit. Itu pula yang membedakan orang sukses dengan orang yang nggak sukses. Kalau penasaran, di sini letak perbedaannya.

 

Artikel Terkait: Belajar Dari Sosok Inspiratif

  1. Sosok Sukses di Industri Kuliner Nusantara yang Inspiratif
  2. Sukses dan Inspiratif, Selebrita Amerika ini Berhasil Berbisnis Selain Berkecimpung di Dunia Hiburan
  3. 10 Tokoh Sukses dan Inspiratif yang Harus Kamu Ikuti di Instagram

 

1. Penuh rasa bersyukur dan terbuka dengan kritik

Orang sukses selalu bersyukur atas kondisi yang dia hadapi, susah maupun senang, serta nggak sirik ataupun terancam pada kesuksesan orang lain. Mereka justru nggak segan memuji orang lain serta menjadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi. Lain hal dengan orang nggak sukses. Mereka cenderung berpikiran negatif serta nggak senang bila orang lain berhasil. Fokus mereka hanya pada keburukan dan sering mengkritik tanpa alasan yang jelas.

 

2. Soal move on dan memaafkan

Dalam hidup, biasanya yang bikin seseorang maju adalah ketika dia sudah move on dan memaafkan kesalahan orang lain. Karakter inilah yang cenderung dimiliki orang sukses. Mereka nggak ambil sukses dengan yang sudah-sudah dan malah menjadikan itu sebagai pelajaran.

Sementara itu orang nggak sukses cenderung menyimpan dendam. Berbeda dari orang sukses, orang nggak sukses nggak fokus pada masa depan dan malah menghabiskan tenaganya dalam mencari cara untuk balas dendam.

 

3.  Selalu koreksi diri dan berusaha memperbaiki

Orang sukses selalu berusaha untuk memperbaiki dirinya dalam berbagai hal. Entah itu dari segi karier, usaha, hubungan, maupun karakternya. Mereka menikmati proses dan memaksimalkan waktu untuk melakukan yang terbaik. Sedangkan orang nggak sukses masih sibuk dengan bayangan masa lalu. Mereka diliputi penyesalan dan enggan untuk memperbaiki diri dari kesalahan di waktu lalu.

 

4. Bertanggung jawab

Namanya manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Entah itu kesalahan besar maupun kecil. Dalam situasi seperti ini, orang sukses berani untuk menanggung akibat dari kesalahannya dan belajar dari hal tersebut. Sedangkan orang nggak sukses cenderung menghindar serta menyalahkan orang lain. Inilah yang membedakan mereka. Orang sukses memiliki karakter tangguh sedangkan orang nggak sukses cenderung berfokus pada imej luar belaka.

 

5. Terbuka dan mau berbagi informasi dan pengetahuan

Ada ungkapan, bahwa ilmu yang kita miliki akan berkembang ketika membaginya dengan orang lain. Begitu juga dengan orang sukses. Mereka nggak segan untuk berbagi informasi dan pengetahuan dengan yang lain karena mereka juga ingin melihat orang lain berhasil. Sementara itu orang nggak sukses hanya menyimpan segala hal untuk dirinya sendiri. Mereka memiliki sikap yang egois sehingga susah untuk berkembang.

 

Artikel Terkait: Selagi Muda, Ayo Jadi Produktif

  1. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Kamu Tetap Produktif Saat Musim Penghujan!
  2. Tetap Produktif Meski Hanya di Rumah Saat Weekend dengan Melakukan Hal Ini
  3. 7 Langkah Menghabiskan Minggu yang Produktif di Kantor

 

6. Solutif

Ketika memiliki sebuah gagasan, orang sukses akan mendiskusikannya dengan rekan atau mitra bisnis. Selain itu, mereka akan mencari cara untuk mewujudkan gagasan itu sampai berhasil. Berbeda dengan orang nggak sukses. Mereka nggak suka berdiskusi karena susah menerima kritik dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggosip.

 

Itulah enam perbedaan karakter antara orang sukses dan orang nggak sukses. Perbedaannya sangat jelas dan benar-benar berseberangan. Saya berharap kamu nggak berada di kubu orang nggak sukses.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

ARUNDHATI LEIKA   ARUNDHATI LEIKA