Beranda > Karier Sukses > Pilih Tinggal di Rumah Susun atau Apartemen? Ini Pertimbangannya!

Pilih Tinggal di Rumah Susun atau Apartemen? Ini Pertimbangannya!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Pilih Tinggal di Rumah Susun atau Apartemen? Ini Pertimbangannya!watermark

TUNAIKU.COM – Memilih tempat tinggal itu memang nggak bisa sembarangan. Apalagi, kalau sudah menyangkut masalah kenyamanan dan bujet. Kamu pun harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing hunian.

 

Lantas, kalau harus memilih antara apartemen dan rusun, lebih bagus mana? Kedua model hunian ini tentu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Makanya, kamu nggak bisa asal memilih tanpa pertimbangan yang matang.

 

Kamu mesti mempertimbangkan beberapa hal penting berikut ini saat harus memilih antara tinggal di apartemen atau rumah susun.

 

Artikel Terkait: Ide Dekorasi Apartemen

  1. 10 Ide Dekorasi Tema Rustic yang Cocok untuk Apartemen Studio
  2. Sontek, 9 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Hunian Apartemen Studio
  3. 5 Ide Dekorasi Apartemen Studio yang Bikin Hunian Makin Nyaman

 

1. Rumah Susun: hunian untuk masyarakat kelas bawah dan menengah

Rumah susun tengah menjadi primadonanya para milenial yang baru saja menikah. Alasan utamanya tentu saja soal harga yang lebih ramah kantong daripada apartemen. Apalagi, harga properti di Jakarta dan sekitar memang gila-gilaan! Kalau memiliki gaji yang nggak seberapa, pasti butuh waktu yang lama untuk membeli apartemen.

 

Daripada ngoyo membeli apartemen yang harganya cukup mahal, ada baiknya untuk memilih rusun dengan harga yang merakyat. Rusun sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya penghasilan sekitar Rp1-4 juta per bulan.

 

Rusun sendiri dibedakan dalam dua jenis yaitu rusunawa (rumah susun sederhana sewa) dan rusunami (rumah susun sederhana milik). Perbedaannya hanya terletak pada hak milik dan tinggi-rendahnya harga. Jika rusunami ditargetkan untuk kelas menengah dengan gaji maksimal Rp4,5 juta per bulan, maka rusunawa dikhususkan untuk masyarakat kelas bawah, yakni untuk masyarakat dengan gaji di bawah Rp2 juta per bulan.

 

Nah, jika kamu memenuhi syarat ini, bisa menjatuhkan pilihan ke rumah susun saja. Hunian vertikal yang biasanya sudah disubsidi pemerintah ini juga cukup nyaman dengan fasilitas yang lumayan, lho. Lokasinya pun strategis, seperti di kawasan kampus, industri hingga bekas pemukiman.

 

2. Apartemen: hunian nyaman dengan pelbagai fasilitas

Ada harga, maka ada fasilitas! Jargon ini rasanya sangat mewakili hunian apartemen. Untuk area Jakarta Pusat, satu unik apartemen dijual seharga Rp1,2 miliar. Harganya memang selangit, tetapi fasilitas yang ditawarkan pun setimpal!

 

Kamu bisa mengakses lokasi kebugaran, kolam renang, dekat dengan tol, rumah sakit, hingga tempat belanja. Hunian minimalis, nyaman, aman, dan praktis! Makanya, mesti harganya sangat mahal, apartemen tetap jadi hunian favorit masyarakat kelas menengah ke atas.

 

Namun, harga ini nggak bisa dipukul rata. Pasalnya, apartemen Meikarta yang rencananya bakal dibuka di Cikarang, Jawa Barat menawarkan harga yang merakyat. Kabarnya, satu unit apartemen Meikarta ini bakal dijual dengan harga Rp 127 jutaan saja. Wah, harga ini tentu hanya beda tipis dengan harga rusunami di Jakarta Timur yang dijual seharga Rp144 juta per unit. Bahkan, jauh lebih murah dari rusun!

 

Artikel Terkait: Informasi Penting Seputar Apartemen

  1. Ini dia Bedanya Apartemen Tunggal dan Superblok Agar Nggak Salah Pilih
  2. 8 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Apartemen
  3. Untuk Pasangan Muda, Miliki Apartemen di Jakarta Lewat Pinjaman Uang Bayar Bulanan dari Tunaiku

 

Meski harganya murah, apartemen Meikarta juga dilengkapi fasilitas tambahan seperti apartemen mewah pada umumnya. Kamu bisa mengakses rumah sakit berstandar internasional, taman terbuka, tempat olahraga dan belanja. Jadi, jangan heran kalau banyak orang yang berbondong-bondong melirik apartemen Meikarta. Harganya murah banget!

 

Kini, semua pilihan ada di tanganmu. Silakan pilih hunian yang memang klop di hati dan sesuai dengan pemasukan bulanan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett