Beranda > Karier Sukses > Perlu Diketahui, 7 Jenis Pekerjaan Marketing ini Bisa Kamu Coba!

Perlu Diketahui, 7 Jenis Pekerjaan Marketing ini Bisa Kamu Coba!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Perlu Diketahui, 7 Jenis Pekerjaan Marketing ini Bisa Kamu Coba!watermark

TUNAIKU.COM – Apakah kamu memiliki teman yang doyan main media sosial di kantor? Sekilas mereka terkesan main-main dan santai dalam pekerjaannya. Ettt, jangan salah, ya! Secara nggak langsung mereka ini sedang memasarkan produk dari perusahaannya, lho.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Media Sosial

  1. 4 Hal Negatif dari Media Sosial yang Dapat Berdampak Pada Hubungan Asmara
  2. Kasus Egg Boy, Tanda Kematian Privasi di Media Sosial
  3. Be Kind Online, Yuk Menjadi Orang Baik di Media Sosial

 

Mungkin kamu bingung. Mereka, kan, bukan sales, kok, dikatakan sedang memasarkan produk perusahaan? Well, dalam pekerjaan, marketing itu nggak melulu tentang sales pemasaran. Kalau kamu perhatikan, cakupan dari pekerjaan marketing itu sangat luas. 

 

Lalu, apa sajakah cakupan dari pekerjaan marketing ini? Berikut 7 jenis pekerjaan seputar marketing!

 

1. Social media specialist

Nggak bisa dimungkiri, begitu bangun tidur barang pertama yang akan dicari adalah ponsel. Pun kegiatan yang dilakukan pertama kali adalah membuka media sosial. Memang media sosial membawa peran penting dalam segi kehidupan manusia, terutama dalam hal belanja. Oleh karenanya muncul profesi sebagai social media specialist.

 

Profesi ini memiliki jobdesc merancang strategi marketing sekaligus menjalin relasi dengan sesama media lainnya. Asyiknya menjalani profesi ini adalah kamu bisa  berselancar di dunia maya. Namun, kadang kamu harus ikhlas kalau saat weekend harus menyempatkan waktu untuk bermedia sosial demi kepentingan kantor. 

 

2. Content writer

Bahasa mudahnya adalah seorang penulis. Perbedaannya adalah tujuan dari kepenulisan ini untuk mempromosikan suatu produk. Tentu, bahasanya dikemas sedemikian rupa hingga terkesan bukan promosi semata. Hasil tulisan mereka biasa kamu temui dalam kanal blog di suatu website perusahaan.

 

Artikel Terkait: Punya Hobi Menulis? Baca Ini

  1. 7 Keuntungan Punya Pacar Hobi Menulis, Dijamin Bakal Makin Cinta
  2. Kesuksesan Nama-nama Berikut ini Ternyata Berawal dari Hobi Menulis Mereka
  3. 7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novel

 

3. Copywriter

Copywriter berbeda dengan content writer. Tugas seorang copywriter adalah membuat tulisan singkat yang persuasif agar seseorang tertarik dan membeli suatu produk. Tagline-tagline dari suatu produk perusahaan yang menarik merupakan hasil pekerjaan dari copywriter.

 

4. Influencer

Sebelum memutuskan membeli suatu produk, apa yang biasanya kamu lakukan? Kalau saya, membaca review entah itu dari blog, Youtube maupun Instagram. Review dari pemilik akun tadi lebih meyakinkan saya untuk memutuskan barang apa yang akan saya beli. Nah, inilah yang disebut dengan fungsi profesi influencer.

 

5. Account excecutive

Tugas account excecutive adalah menjalin kerja sama dengan klien perusahaan lain. Nggak heran kalau kriteria dari posisi ini adalah seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik serta kemampuan bernegosiasi.

 

6. Graphic designer

Saat ini, untuk menunjang nilai suatu produk sangat ditentukan oleh tampilan visualnya. Di sinilah peran graphic designer berjalan. Mereka mendesain suatu produk lalu mempromosikannya di media baik itu cetak atau digital. Untuk menunjang pekerjaan ini, kamu membutuhkan skill di bidang pengaplikasian software seperti InDesign. 

 

7. Product owner

Product owner bekerja sama dengan tim bisnis untuk mengembangkan suatu produk. Mereka terus berinovasi agar konsumen bisa mengetahui informasi seputar produk. Tugas mereka juga mengupayakan agar konsumen bisa mendapatkan proses transaksi yang lebih mudah melalui sebuah fitur. 

 

Itu dia 7 pekerjaan yang bersinggungan dengan dunia marketing. Mana yang menarik minatmu?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan. 

 

CTABARU3

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett