Beranda > Karier Sukses > Manfaatkan Momen Pemilu, Inilah 5 Profesi yang Banyak Dicari!

Manfaatkan Momen Pemilu, Inilah 5 Profesi yang Banyak Dicari!

dhandyDhandy
Manfaatkan Momen Pemilu, Inilah 5 Profesi yang Banyak Dicari!watermark

TUNAIKU.COM – Momen masa-masa pemilu atau pemilihan umum seperti hari ini ternyata menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi sebagian orang. Apalagi, Pemilu tahun 2019 ini terbilang spesial karena akan berjalan serentak, yaitu pemilihan presiden dan juga pemilihan calon legislatif yang dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga DPR dan DPD RI. Oleh karena itu, banyak jasa profesi lepas yang sedang dicari oleh para pelaku peserta Pemilu 2019.

 

Bukan hanya soal bisnis atau politik, tetapi Pemilu 2019 nyatanya bisa menjadi ladang baru untuk meraup keuntungan bagi sebagian orang. Banyaknya agenda kampanye dan sosialiasi yang dilakukan oleh peserta Pemilu, membuat permintaan dalam bidang jasa lepasan sedang banyak dicari akhir-akhir ini.

 

Tim sukses dari seorang calon tidak akan bisa melakukan segala halnya dengan mandiri, oleh karena itu mereka akan mencari para pekerja lepas dalam membantu misinya untuk memenangkan calon yang diusungnya. Seperti contoh, jika suatu tim kampanye ingin membuat sebuah acara orasi, mereka pasti membutuhkan beberapa pendukung acara agar acaranya terlihat menarik dan tidak membosankan.

 

Selain itu, mereka juga akan membutuhkan tim dokumentasi atau juga tim khusus yang dibentuk untuk membuat desain poster, logo, atau banner yang akan digunakan sebagai alat kampanye calon yang mereka usung.

 

Artikel Terkait: Tips Buat Kamu Para Freelancer!

  1. Rintis Profesi Freelancer, Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan
  2. Untuk Freelancer, Pahami Soal Pajak yang Harus Dibayar!
  3. Jadi Freelancer Sukses, 5 Cara Tambah Koneksi Ketika Bekerja di Co-Working Space

 

Tidak hanya itu, ternyata masih banyak lagi jenis-jenis pekerjaan yang sangat dibutuhkan dari para pekerja lepas untuk masa-masa Pemilu 2019 ini. Berikut adalah 5 profesi dadakan yang banyak dicari saat momen Pemilu dan bisa menjadi peluang bagi para pekerja lepas dalam menambah penghasilan mereka.

 

1. MC

 

Sebuah tim kampanye biasanya akan mengadakan sebuah acara yang mengundang banyak orang dalam rangka mengenalkan identitas dan juga visi misi dari calon yang diusung. Acara itu dapat berupa pesta rakyat, talkshow, ataupun gathering yang dilakukan di sebuah ballroom. Untuk itu, mereka pasti membutuhkan pendukung acara untuk meramaikan acara tersebut, salah satunya adalah MC atau pembawa acara.

 

Sebuah acara harus dipandu oleh orang yang sudah berpengalaman, agar acara itu bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, di momen Pemilu ini akan terselenggara banyak acara besar yang akan dilakukan oleh para tim kampanye, sehingga membuat permintaan jasa untuk membawakan suatu acara juga akan meningkat.

 

Oleh karena itu, buat kamu yang memiliki keahlian dalam membawakan acara, jangan sungkan-sungkan untuk menawarkan diri pada mereka, atau kamu mencari relasi yang bisa menghubungkan kamu dengan tim kampanye.

 

2. MUSISI

 

Selain MC atau pembawa acara, salah satu pendukung acara yang sangat dibutuhkan dalam sebuah acara kampanye adalah musisi. Sebuah acara kampanye tidak melulu soal orasi visi dan misi dari calon yang diusung dalam Pemilu, karena hal itu pasti akan membuat bosan para pendukung yang datang ke acara itu.

 

Oleh karena itu, tim kampanye pasti mencari alternatif hiburan untuk dibawakan di sebuah acara kampanye. Musisi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi acara kampanye, karena dengan musik, semua orang bisa bergembira bersama-sama.

 

Apalagi jika tim kampanye bisa mengundang sosok musisi yang sudah sangat terkenal. Hal itu akan menjadi poin positif dan menguntungkan bagi tim kampanye, karena akan semakin banyak lagi pendukung yang hadir ke acara kampanye tersebut.

 

3. FOTOGRAFER – VIDEOGRAFER

 

Setiap momen penting, pastinya harus selalu diabadikan. Profesi seperti fotografer dan videografer pasti akan banyak dicari di saat momen-momen seperti Pemilu ini. Momen yang akan diabadikan adalah kinerja atau aksi nyata dari seorang calon yang diusung dalam Pemilu.

 

Oleh karena itu, momen tersebut bisa jadi bahan mereka dalam mensosialisasikan atau mengenalkan diri mereka kepada khalayak publik.

 

Foto-foto atau video dokumentasi kinerja seorang calon bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan diri pada audiens baru yang menjadi sasaran pemilih mereka. Karenanya, tim kampanye akan mencari orang-orang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang fotografi dan videografi, supaya momen-momen penting mereka dapat terabadikan dengan baik.

 

4. DESAINER GRAFIS

 

Pasti kalian semua sering melihat poster atau banner dari calon yang diusung dalam Pemilu yang terpampang di pinggir jalan. Hingga saat ini, poster dan banner masih menjadi cara favorit bagi para tim kampanye dalam mengenalkan diri calon yang diusung dalam Pemilu kepada khalayak publik.

 

Mereka menjadikan poster dan banner sebagai cara utama dalam sosialisasi, sehingga mereka menginginkan sebuah poster dan banner dengan desain yang baik dan dapat menarik para pembaca yang tidak sengaja melihat poster dan banner ini.

 

Oleh karena itu, para tim kampanye akan mencari para desainer grafis untuk membantu mereka dalam membuat desain poster yang menarik. Tidak semua orang bisa membuat desain yang menarik, karenanya profesi desain grafis sedang banyak dicari saat momen Pemilu kali ini.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi dan Tips buat Kamu Para Desainer Grafis!

  1. 7 Akun Instagram Referensi Desain Interior Buat Rumahmu!
  2. 7 Ide Desain Kamar Indekos yang Unik dan Minimalis, Dijamin Nyaman
  3. Pilih Desain Kamar yang Cocok dengan Zodiak, Dijamin Bikin Betah!

 

5. TIM SURVEY KHUSUS

 

Dalam sebuah tim kampanye pasti memiliki strategi agar bisa memenangkan calon yang diusungnya. Salah satunya adalah memetakan bibit suara yang nantinya bisa diperoleh oleh seorang calon yang diusung dalam Pemilu ini. Untuk bisa memetakan hal tersebut, tim kampanye akan membuat sebuah survey internal yang akan menyebar di beberapa lokasi yang sudah ditentukan.

 

Sebuah survey biasanya akan membutuhkan jumlah orang yang banyak dan bisa disebar secara luas. Oleh karena itu, tim kampanye pasti akan membutuhkan orang-orang di luar tim yang mau dijadikan sebagai surveyor tim kampanye mereka.

 

Biasanya, mereka akan mencari orang-orang yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun para pekerja lepas. Momen ini tentunya bisa menjadi ladang baru, khususnya untuk para mahasiswa untuk bisa menambah uang saku.

 

Itu tadi adalah 5 profesi dadakan yang sedang banyak dicari pada momen Pemilu kali ini. Buat kalian yang memiliki keahlian khusus yang seperti disebutkan di atas, segeralah dan jangan malu untuk mencari relasi dengan para tim kampanye.

 

Selain itu, gunakanlah media sosial sebagai platform untuk mengenalkan diri dan keahlianmu kepada para tim kampanye. Jangan lupa cantumkan identitas diri secara lengkap di akun media sosialmu, agar para tim kampanye bisa menghubungimu jika mereka membutuhkan bantuan. Selamat mencoba, guys!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett