Beranda > Karier Sukses > Lanjut S2 Setelah Menikah, Kenapa Nggak? Ini Kiatnya!

Lanjut S2 Setelah Menikah, Kenapa Nggak? Ini Kiatnya!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Lanjut S2 Setelah Menikah, Kenapa Nggak? Ini Kiatnya!watermark

TUNAIKU.COM – Pendidikan adalah salah satu modal penting bagi kariermu. Bagi mereka yang mementingkan pendidikan, menempuh jenjang S2 adalah hal yang lumrah. Saya sendiri ingin berharap bisa kuliah lagi di tingkat S2 kelak.

 

Masalah muncul ketika kamu mempunyai prioritas lain. Menikah, misalnya. Nggak sedikit dari kita yang mengubur keinginan kuliah S2 setelah menikah. Memang, melanjutkan S2 mungkin terdengar sulit. Ada biaya mahal yang siap menghadang di pintu gerbang kampus atau anggapan betapa sulitnya mengatur waktu antara pekerjaan, rumah tangga, dan kuliah. Terlebih, jika kamu menjadi tulang punggung keluarga.

 

Namun, bukan berarti hal ini mustahil, kok. Ada banyak teman saya yang sukses menapaki kuliah S2-nya meski sudah menikah. Dari mereka, inilah beberapa kiat yang bisa kamu coba untuk mewujudkan gelar Magister setelah menikah!

 

Artikel Terkait: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Melanjutkan Jenjang S2

  1. 4 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2
  2. Perhatikan 7 Pertimbangan ini Sebelum Lanjut Kuliah S2
  3. Buat yang Berencana Kuliah S2, Perhatikan 7 Beasiswa yang Bisa Kamu Kejar di Tahun 2017 Ini!

 

1. Amankan jempol pasangan

Bukan secara harfiah, ya! Maksudnya adalah persetujuan dari suami atau istri kamu. Tentunya sebagai sebuah keluarga, sebuah tim, kamu dan pasangan harus mencapai kesepakatan dalam setiap keputusan besar dalam hidup kalian. Salah satunya adalah keputusanmu ini.

 

Diskusikan segala tanggung jawab, konsekuensi, dan keuntungan dari keputusanmu ini, termasuk mungkin komitmen-komitmen yang akan bertambah ketika kamu memutuskan untuk menduakan pasangan demi masa depan keluarga yang lebih cerah. Dengan dukungan mereka, usahamu untuk mengembangkan diri akan berjalan lebih lancar. Siapa tahu nanti kamu malah punya juru ketik pribadi, gratis pula!

 

2. Pahami kekuatan dan kelemahan diri kamu sendiri

Sadari bahwa kuliah lagi memerlukan investasi waktu dan tenaga yang nggak sedikit. Ukur kembali kemampuan kamu untuk menghadapi segala macam urusan perkuliahan, mulai dari kelas, tugas, penelitian sampai tesis. Serta, jangan lupakan pula tugasmu sebagai suami atau istri, yang mana juga memerlukan waktu, tenaga dan pikiran kamu. Dari situ, kamu bisa mempertimbangkan masak-masak pilihan untuk kuliah lagi.

 

3. Buatlah skala prioritas

Penentuan skala prioritas akan membantu banyak usahamu ini. Tentukan pencapaian-pencapaian apa yang menurut kamu paling penting dan memerlukan usaha lebih, urutkan berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya. Termasuk ketika kamu harus mengambil cuti kuliah, itu sah-sah saja.

 

Telaah lagi mana yang bisa kamu lakukan dulu dan mana yang bisa ditunda. Kebijaksanaan kamu akan teruji disini. Jika kamu harus menunda gelar pascasarjana untuk hal yang lebih penting, kamu bisa melanjutkannya kembali ketika keadaan lebih memungkinkan. Dengan pertimbangan matang dalam merancang skala prioritas, kamu akan lebih enteng dalam menjalani kewajiban-kewajiban. Menjaga semangatmu tetap membara.

 

Artikel Terkait: Berbagai Pilihan Tempat Kuliah S2

  1. 8 Jurusan Kuliah S2 Ini Menerima Lulusan dari Jurusan S1 Berbeda
  2. Referensi Kampus S2 dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia
  3. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya

 

4. Anggarkan dana untuk kuliah

Selain niat, hal yang nggak kalah penting dipersiapkan untuk kuliah S2 adalah anggaran dananya. Kita tahu, biaya kuliah zaman sekarang itu nggak murah. Makanya, kamu perlu mempersiapkan dana yang cukup, sehingga biaya kuliah nggak membebani keuangan keluarga nantinya.

 

Kalau memungkinkan, kamu juga bisa mengupayakan beasiswa untuk pendidikanmu. Cari tahu informasi beasiswa S2 di universitas yang kamu incar.

 

Jika segalanya sudah direncanakan dengan matang, dan kamu serta pasangan sudah percaya dengan kemampuan kamu, menapa nggak dicoba?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 

1Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett