Beranda > Karier Sukses > 4 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2

4 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
4 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2watermark

TUNAIKU.COM – Punya pendidikan tinggi tentu jadi keinginan setiap orang. Saat ini mungkin yang menempuh pendidikan hingga jenjang S1 sudah banyak. Lalu, berlanjut dengan keinginan untuk memasuki pendidikan ke jenjang S2. Kini kebanyakan yang telah melewati wisuda S1 pun jadi galau dan bingung. Akankah memilih untuk melanjutkan pendidikan S2 atau bekerja.

Saya dan mungkin kamu juga termasuk yang punya cita-cita melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S2. Pastinya akan ada banyak kelebihan selain di bidang akademisi yang didapatkan. Wawasan bertambah, pengalaman makin banyak, bahkan peningkatan karir bisa didapat karena telah mengantongi titel master.

 

Artikel terkait: Pertimbangkan ini sebelum memilih S2

  1. Perhatikan 7 Pertimbangan ini Sebelum Lanjut Kuliah S2
  2. Hal-hal yang Menjadi Pertimbangan Wanita untuk Melanjutkan Kuliah S2 Setelah Menikah
  3. 3 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kuliah S2

 

Tapi  jangan langsung buru-buru memutuskan untuk lanjut S2, ya! Coba cek 4 hal berikut ini yang wajib kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

1. Alasan yang masuk akal

Jelas kamu harus mengetahui tujuanmu melanjutkan jenjang pendidikan S2 itu apa. Saya bisa bilang, tujuan yang baik adalah untuk meningkatkan kualitas diri, memperkuat pola pikir yang sudah terbentuk saat S1, menambah wawasan, keinginan menjadi dosen, dan juga peningkatan karir. Lalu, adakah tujuan yang nggak baik?

 

Well, saya melihat banyak yang lanjut S2 karena nggak cukup siap untuk menghadapi tantangan di dunia nyata selepas S1. Jadi tujuan melanjutkan S1 adalah menunda masuk dunia kerja dan belum siap untuk mandiri secara finansial.

 

2. Proyeksi karir masa depan

Hal ini berkaitan dengan tujuan studimu. Kamu harus bisa memproyeksikan tujuan daripada studimu, akan berkarir seperti apa. Yah, mungkin ada dari kalian yang tujuan melanjutkan S2 bukan semata-mata untuk dunia kerja. Tentu itu sah-sah saja karena untuk peningkatan kualitas diri. Tapi tentu ada sebagian dari kalian yang realistis, melihat prospek daripada titel master ini. jika kamu ingin jadi dosen, selamat! Pilihan melanjutkan S2 sangat tepat buatmu!

 

Jika cita-citamu menjadi Aparatur Sipil Negara, selamat! Peningkatan karirmu sangat ditentukan dengan jenjang pendidikan! Sayangnya, di beberapa perusahaan dan posisi hanya menyaratkan D3 atau S1 saja. Bahkan kadang, semakin tinggi titelmu justru membuat perusahaan takut dan kurang PD menerimamu, terutama jika perusahaan tersebut nggak bonafid.

1

 

Mobile Site CTA

3. Pengalaman kerja

Saya nggak bilang kalau bekerja lebih baik daripada melanjutkan S2. Pun sebaliknya. Hanya saja, dibandingkan saat kuliah, saya bisa benar-benar belajar dan memahami kehidupan saat traveling dan juga bekerja. Tanpa maksud mengecilkan minatmu untuk melanjutkan S2, bahkan saya merasa apa yang dipelajari di bangku kuliah itu berbeda sekali dengan kondisi lapangan dunia kerja, alias nggak terpakai.

 

Di sini saya hanya ingin menekankan bahwa setinggi-tingginya jenjang pendidikanmu, akan lebih baik jika dibarengi dengan pengalaman kerja atau organisasi. Kamu bisa kok, bekerja part time selama melanjutkan S2. Justru kamu bisa membiayai S2 mu dengan pekerjaan ini. Tentu kamu harus belajar management waktu yang baik, ya.

 

Artikel: Pilihan pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu geluti

  1. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja
  2. 4 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram bagi Stay at Home Mom
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

 

4. Kesiapan mental

Pada dasarnya, melanjutkan S2 bukanlah mempertahankan posisimu berada di zona nyaman mahasiswa. Kamu mungkin belum memasuki dunia nyata dan kemandirian finansial. Namun, perkuliahan S2 tentu berkal-kali lipat tantangannya daripada S1. Buku dan referensi yang harus kamu baca tentu lebih banyak. Tugas-tugas tentu nggak sama dengan S1. Dari segi biaya pun pasti lebih mahal daripada S1. Akan ada banyak yang kamu korbankan. Pikiran, energi, waktu, dan biaya. Sudah siapkah kamu dengan itu semua?

Oh ya, coba flashback pada saat pengerjaan skripsi kemarin. Apakah kamu cukup mudah melewati hari-hari yang dipenuhi dengan bimbingan dan revisi? Apakah kamu cukup nyaman hingga nggak mengeluh sedikit pun? Pasalnya, pembuatan thesis tentu berkali-kali lipat lebih menantang. Hayo, sudah siapkah untuk mengerjakannya?

Nah, itu dia yang harus kamu lalui sebelum memutuskan melanjutkan S2. Bagaimana, sekarang jadi pengen buru-buru S2 atau justru menundanya?

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett