Beranda > Karier Sukses > 8 Jurusan Kuliah S2 Ini Menerima Lulusan dari Jurusan S1 Berbeda

8 Jurusan Kuliah S2 Ini Menerima Lulusan dari Jurusan S1 Berbeda

TUNAIKU
8 Jurusan Kuliah S2 Ini Menerima Lulusan dari Jurusan S1 Berbedawatermark

TUNAIKU.COM-Walaupun enggak banyak jurusan kuliah S2 beda dengan S1, tetap patut dicoba. Sayangnya di Indonesia belum ada yang seperti ini. Tentu kamu memerlukan usaha yang sangat keras untuk menggapainya. Saya punya beberapa daftarnya yang patut kamu coba. Siapa tahu di antara kedelapan jurusan ini, ada yang kamu minati.

 

Artikel terkait: persiapan untuk kuliah ke Amerika

  1. 6 Langkah Persiapan Masuk Kuliah di Amerika, Wajib Tahu!
  2. Kenali Sistem Kuliah di Amerika Sebelum Kuliah di Sana
  3. Ingin Berkuliah di Amerika? Pertimbangkan 5 Hal Berikut!

 

1. Magister’s in Social Wok

Seorang yang bisa menempati jurusan ini adalah mereka yang sebelumnya bebas kuliah di bidang apa pun. Enggak ada ketentuan yang spesifik di jurusan ini. Lama studi jurusan ini ada yang dua tahun tapi ada pula yang hanya satu tahun. Di Universitas Pretoria, Afrika Selatan, ada jurusan ini. Syarat untuk diterima adalah kamu wajib praktik dulu selama empat tahun sebelum mendaftar.

 

2. Magister Keperawatan

Dunia memprediksi bahwa jumlah perawat dari tahun ke tahun akan bertambah sekitar 26%. Kalau kamu mau beralih jurusan jadi perawat boleh kok. Meskipun, katakanlah sebelumnya jurusanmu itu Teknik. Salah satu perguruan tinggi yang menyediakannya bernama Universitas Arizona. Sebelum daftar, kamu wajib lulus jadi perawat dulu di Tanah Air.

 

3. Magister Jurnalisme

Di Indonesia, seorang jurnalis bisa berasal dari jurusan apa saja. Asalkan kamu memiliki kemampuan menulis dengan etika jurnalistik. Kemudian tulisanmu termasuk jenis provokatif yang bisa menarik perhatian pada baris-baris awal. Sayangnya di Indonesia belum ada. Mungkin kamu mau melanjutkan ke S2 ke Universitas Columbia? Di sana ada.

 

4. Magister Desain Interior

Program ini sudah diterapkan oleh Institut Pratt yang bermukim di Brooklyn, New York. Apa pun jurusanmu, pihak universitas akan menerimanya. Durasinya macam-macam, ada yang bisa lulus setelah tiga tahun kuliah tapi ada pula yang hanya dua tahun. Syarat untuk lolos jurusan kuliah S2 beda dengan S1 ini, kamu wajib lolos tesnya dulu. Jadi mulailah belajar sekarang.

 

5. Magister Human Resources

Bila kamu tertarik untuk kuliah di jurusan ini maka wajib untuk terlebih dahulu kuliah di 3 bidang. Sebut saja ekonomi mikro, statistik, dan behavioral science. Itu syarat wajibnya. Kalau kamu sebelumnya sudah pernah bekerja selama tiga tahun di bidang tersebut, tanpa tes pun sudah bisa masuk. Universitas Michigan dan Rhode Island menerima jurusan ini.

 

6. Magister Counseling Psychology

Di masa depan, seorang ahli psikologi bakal banyak mendapatkan tawaran kerja yang prestisius. Beberapa universitas yang menerima jurusan ini antara lain Universitas Missouri, Texas A&M, John F Kennedy University, dan lainnya. Syarat utama untuk masuk jurusan ini adalah pernah kuliah di bidang yang relevan dengan menempuh 12—15 SKS.

 

CTABARU2

Mobile Site CTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Magister Bisnis

Gelar yang didapatkan dari kuliah ini adalah MBA. Salah satu yang menyediakan jurusan ini adalah USC Marshall School of Business. Syaratnya kamu sudah lebih dulu berkecimpung di dunia bisnis ataupun pernah sebagai akademisi di bidang yang relevan. Setiap kandidat yang diterima hanya diperkenankan minimal untuk menempuh SKS sebanyak 16 saja.

 

Artikel terkait: mau melanjutkan kuliah di Asia? Coba yang ini dulu

  1. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?
  2. Tertarik Kuliah di Jepang? Kenali Sistem Pendidikan dan Cek Persiapannya
  3. Sebelum Kuliah di Korea, Kenali Sistem Pendidikan di Sana

 

8. Magister Arsitektur

Mau jadi arsitek? Enggak harus kuliah dulu di bidang Arsitektur kok. Program S2 semacam ini bisa kamu temukan di Universitas Washington ataupun Universitas Pennsylvania. Lama program yang wajib kamu jalani adalah tiga tahun. Syarat utamanya, sebelum daftar harus menempuh masa belajar S1 selama dua tahun. Minimal begitu.

 

Sangat menyenangkan kalau bisa diterima di jurusan kuliah S2 beda dengan S1. Soalnya kamu bakal memiliki kemampuan lebih dari satu. Hebatnya lagi, kamu bakal punya dua portofolio sebagai pelajar dengan keahlian yang sudah diakui secara global. Begitu menerapkannya di Indonesia, pasti bakal banyak yang bermitra denganmu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett