SWARA –Buat sebagian orang, mencari pekerjaan adalah urusan panjang. Jadi jobless selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tentu saja bikin kamu khawatir. Apalagi ketika kamu jadi penopang kebutuhan keluarga atau hendak memulai rencana masa depan. Pekerjaan menjadi penting karena merupakan sumber penghasilan. 

 

 

Nah, supaya cepat dapat tawaran pekerjaan, ada beberapa trik yang perlu kamu perhatikan.

 

1. Menambah keterampilan baru 

Memiliki pengalaman akan menambah nilai kamu di mata perusahaan. Karena itu mulailah menjadi volunteer atau aktif dalam pertunjukan. Ini bisa menambah keterampilanmu, baik hard skill ataupun soft skill

 

2. Terhubung dengan jaringan 

Berjejaring dan berkonsultasi adalah kunci yang penting jika ingin sukses mencari pekerjaan. Jangan lupa untuk ikut pelatihan untuk profesional, sekalipun itu kelas online. Hal ini juga baik untuk citra kamu.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Penting Saat Mencari Pekerjaan

  1. Ingin Membuat Kesan Baik di Hari Pertama Kerja, Ini 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan!

  2. Pengin Jadi UX Designer? Ini Pekerjaan dan Strateginya, Lho!

  3. 7 Trik Ampuh Buat CV yang Menarik dan Dijamin Dipanggil HRD! 

3. Membuat resume yang menarik

Gunakan resume untuk menunjukkan kemampuan dan kualitas diri kamu. Namun, hindari juga berpanjang-panjang atau pamer juara ini-itu. Cukup dengan beberapa paragraf yang persuasif dan menjual. 

4. Gunakan ponsel pintarmu dengan baik

Ponsel pintar bisa menjadi pendukung yang berharga saat kamu sedang mencari pekerjaan. Kamu bisa mengunduh aplikasi pemindai, browsing lowongan kerja, hingga berjejaring. Kamu juga bisa ikut kursus online melalui ponsel pintar saja. Hal ini juga lebih praktis, kan?

5. Ubah perspektif

Gelar bukanlah satu-satunya kualifikasi saat mencari pekerjaan. Nggak semua orang sukses lulus universitas. Karena itulah fokus dengan kemampuanmu, bukan gelar. 

6. Mengikuti pelatihan profesional

Mengikuti pelatihan profesional sangat bermanfaat untuk kamu. Bentuklah kelompok karier untuk menghemat biaya pelatihan. Selain itu pelatih karier juga lebih memilih bekerja sama dengan klien kelompok, ketimbang individu. Lewat pelatihan ini, kamu bisa berjejaring dan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. 

7. Menyertakan bukti sosial

Aktivitas di media sosial nggak jadi jaminan kamu eksis. Interaksi sosial di dunia profesional juga penting. Aktiflah dalam beberapa komunitas profesional, seperti jurnal penelitian ataupun komunitas industri yang kamu minati. 

8. Ukuran bukan segalanya

Terkadang kamu menahan diri karena perusahaan yang melamarmu nggak terkenal atau kecil. Jangan terpaku dengan perusahaan besar, justru di perusahaan kecil kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri sebelum pindah ke perusahaan yang lebih besar. 

9. Mempersiapkan diri

Perkembangan teknologi digital berpengaruh pada lanskap profesional. Karena itu kamu harus fleksibel dan mempersiapkan diri dengan segala perubahan yang terjadi. Bekali dirimu dengan keterampilan yang mungkin dibutuhkan di masa depan. 

10. Googling diri sendiri

Penting untuk meriset diri sendiri di Google, lho. Biasanya perekrut akan mencari tentang diri kamu melalui internet, termasuk media sosial dan Google. Periksa apakah ada aib yang berpotensi menodai citra kamu di mata perekrut.

 

Artikel Terkait: Menjadi Pekerja di Industri Kreatif. Apa Saja Kisahnya?

1. 5 Tips Life Changing Lesson ala Neil Gaiman yang Bikin Sukses Pekerja Industri Kreatif

2. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif

3. Tertarik Jadi Content Creator? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini! 

11. Membuat arsip kinerja

Untuk memudahkan kamu menjual kualifikasi, ada baiknya kamu membuat arsip tentang kinerja kamu. Buatlah daftar prestasi dan kegiatan apa saja yang sudah kamu jalani. 

 

Setelah tahu triknya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal supaya cepat mendapatkan pekerjaan: 

  • Membuat daftar perusahaan yang ingin kamu lamar. Hal ini bisa membuatmu lebih fokus mempersiapkan diri. 
  • Passion kadang menjadi yang utama. Namun, untuk fresh graduate, jangan terbutakan dengan passion. Hal ini bisa menahan kamu dari menjadi manusia berpenghasilan. 
  • Gunakan kronologi dalam resume atau CV. selain itu, mulailah resume dengan ringkasan umum tentang diri kamu. Tonjolkan apa yang menjadi kualitas dirimu. 
  • Jujurlah saat mengerjakan psikotes. Supaya berhasil, gunakan waktumu sebaik mungkin. 
  • Bersikap tenang dan antusias saat wawancara kerja. 
  • Jangan picky saat memilih perusahaan. Ingat ini baru awal. 
  • Jangan ragu menghubungi perusahaan ketika hendak mencari informasi.

Jadi pengangguran itu bisa melelahkan. Karena itu kamu harus berusaha lagi untuk berhasil, termasuk dalam memoles citra dan menambah keterampilan. Semoga berhasil ya!