Beranda > Karier Sukses > Ini 9 Sikap yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin yang Baik

Ini 9 Sikap yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin yang Baik

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Ini 9 Sikap yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin yang Baikwatermark

TUNAIKU.COM – Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, nggak semua orang mau dan mampu untuk menjadi pemimpin. Ada istilah, Natural Born Leader yang ditujukan untuk orang-orang yang katanya sudah memiliki bakat untuk jadi pemimpin dari lahir. Namun, kamu tahu nggak sih jika jiwa kepemimpinan itu sebenarnya bisa dibentuk dan diasah meski tanpa bakat dari lahir?

 

Artikel Terkait: Tips Untuk Menjadi Pemimpin yang Baik

  1. Introvert Bisa Jadi Team Leader, Inilah 5 Cara untuk Jadi Pemimpin yang Baik
  2. Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!
  3. Lakukan 7 Cara Ini Agar Karier Sukses Menjadi Pimpinan

 

Nah, untuk bisa membentuk jiwa kepemimpinan itu, kamu harus mengembangkan 9 sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin yang baik. Sikap apa sajakah itu? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak infonya di bawah ini, ya.

 

1. Menjadi diri sendiri

Terkadang, kamu menghabiskan waktu untuk menjadi sosok yang diinginkan oleh orang lain. Alhasil, kamu sering merasa salah langkah, karena sebelumnya, pertimbangan yang kamu lakukan ketika memutuskan sesuatu hanya didasarkan pada pandangan orang lain saja dan bukan pada kebutuhanmu sendiri. Sebaiknya pemimpin yang baik menghindari hal tersebut. Mendengarkan pendapat yang lain boleh, tapi kamu harus tetap menjadi dirimu sendiri. Jika kamu nggak bisa memutuskan hidupmu sendiri karena takut akan pandangan orang lain, bagaimana bisa kamu memutuskan hal yang besar ketika jadi pemimpin?

 

2. Memiliki integritas

Pemimpin yang baik selalu memiliki integritas tinggi dalam setiap keputusan dan langkah yang dilakukannya. Integritas yang tinggi, sebenarnya bisa ditunjukkan dengan selalu mempertahankan nilai yang telah disepakati bersama dan berusaha untuk mewujudkan apa yang menurutmu benar dan baik dilakukan demi kelompok.

 

3. Mampu bersikap tenang di bawah tekanan

Ketika menghadapi masalah, pemimpin yang baik seharusnya  nggak langsung marah-marah dan mencari kesalahan orang lain. Justru ia harus jadi orang yang paling tenang agar bisa mencari solusi yang baik bagi kelompoknya.

 

4. Berani

Berani memutuskan sesuatu beserta dengan segala resikonya adalah salah satu ciri yang mudah terlihat dari seseorang yang punya jiwa kepemimpinan. Nggak mungkin, kan, jika seorang pemimpin selalu merasa ragu ketika memutuskan sesuatu? Kalau sampai terjadi, maka mungkin saja ia akan kehilangan rasa percaya dari kelompoknya.

 

5. Menghargai orang lain

Belajarlah untuk selalu menghargai pekerjaan orang lain, meskipun itu hanya hal kecil saja. Selalu ucapkan terima kasih dan berikan pujian sesekali, maka kamu akan merasakan dampak yang besar, lho. Meski sepele, ucapan terima kasih dan pujian, mampu menyenangkan perasaan orang lain dan akan berpengaruh baik pada kinerja mereka berikutnya.

 

6. Rendah hati

Bukan berarti ketika kamu dipilih sebagai pemimpin, maka kamu memiliki posisi lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Berusahalah untuk tetap rendah hati dan jangan  selalu melihat dunia hanya  berpusat pada dirimu saja. Mulailah untuk memikirkan orang lain di sekitarmu, ya.

 

7. Kreatif

Bentuk kreativitas tidak melulu berupa prakarya atau kesenian, ya. Perencanaan yang baik juga merupakan buah dari kreativitas. Oleh karena itu, sebagai penentu tertinggi dalam kelompok, seorang pemimpin harus memiliki sejuta ide kreatif untuk membuat rencana demi mencapai tujuan kelompoknya.

 

8. Berkomunikasi dengan baik

Seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada semua orang. Tujuannya agar ia bisa menyampaikan ide dan semua rencana kerjanya dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman. Percuma saja, kan, jika punya banyak ide bagus di dalam pikiran, tapi nggak bisa menyampaikannya pada orang lain.

 

9. Jujur

Bukan hanya pada pemimpin, sikap jujur memang harus dimiliki semua orang. Namun, ketidakjujuran seorang pemimpin akan sangat fatal akibatnya bila nggak dihentikan. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi pemimpin yang baik, jangan sampai kamu berlaku nggak jujur ya. Bertanggungjawablah dan lakukan dengan baik apa yang telah dipercayakan orang kepadamu sebagai pemimpin.

 

Artikel Terkait: Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari Untuk Mencapai Kesuksesan

  1. Apa Kata Bulan Kelahiran Soal Sikap Positif dan Kunci Kesuksesanmu
  2. Yuk, Hapus 30 Hal Ini dari Keseharianmu Supaya Lebih Bahagia dan Sukses
  3. Sukses di Usia 20an, 8 Tantangan Ini Wajib Dikalahkan

 

Itulah 9 sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin yang baik. Bagaimana? Apakah ada banyak dari sikap tersebut yang sudah kamu miliki? Jika belum, yuk, mulai tumbuhkan ke-9 sikap tersebut dalam dirimu!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett