Beranda > Karier Sukses > Lakukan 7 Cara Ini Agar Karier Sukses Menjadi Pimpinan

Lakukan 7 Cara Ini Agar Karier Sukses Menjadi Pimpinan

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Lakukan 7 Cara Ini Agar Karier Sukses Menjadi Pimpinanwatermark

TUNAIKU.COM – Semua orang tentu ingin kariernya berkembang. Kamu pasti punya harapan menempati posisi manajer di usia tertentu sesuai dengan career plan yang sudah dibuat. Butuh waktu dan proses yang nggak mudah untuk mencapai cita-cita. Dalam perjalanan, kamu pasti bakal menemui hal-hal tak terduga yang bisa menghambat karier. Namun, hal tersebut bisa menjadi tantangan buatmu.
Ada beberapa faktor tertentu yang bisa memengaruhi suksesnya kariermu. Dari segi internal maupun eksternal, semua bakal mempengaruhi perjalanan kariermu, lho! Buat kamu yang sekarang lagi galau soal perencanaan kariermu, mulailah mencari tahu, bekal apa saja yang dibutuhkan agar perjalanan kariermu lancar dan bisa mencapai target.
Poin-poin penting ini perlu kamu perhatikan demi mencapai target menjadi seorang pemimpin!

 

Artikel Terkait: Siap-Siap Menyambut Karier dan Masa Depanmu dengan Ulasan Berikut!

  1. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
  2. Usai Lulus Kuliah, 5 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan dengan Matang
  3. Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Galau Dengan Pilihan Karier di Depan Mata!


1.Meng
ikuti kegiatan kepanitiaan atau organisasi

Hampir setiap perusahaan atau instansi mengadakan acara tahunan. Sempatkanlah waktu untuk mengikuti kegiatan ini dan daftarkan dirimu menjadi panitia. Ini salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan karyawan dari departemen lain. Selain itu, kamu bisa mendekatkan diri dengan direksi.

 

2. Menambah skill

Di dunia kerja, kamu akan mengerjakan pekerjaan yang lebih spesifik sesuai dengan bidangnya. Meskipun begitu, kamu jangan berhenti untuk mengembangkan diri lebih jauh. Semakin tinggi jabatan, maka bidang pekerjaanmu juga semakin bertambah. Kemungkinan besar, kamu bakal masuku ke ranah yang nggak hanya spesifik di bidangmu saja. Jadi, menambah skill baru di bidang lain dirasa perlu.

 

3. Menambah portofolio

Cobalah untuk proaktif dan melibatkan dirimu ke berbagai proyek perusahaan. Melalui ini kamu bisa menambah portofoliomu. Jangan ragu juga untuk menawarkan jasamu ke departemen lain. Misal kamu seorang fotografer dari departemen media, kamu bisa membantu departemen yang membutuhkan jasa fotografer untuk proyeknya. Menambah portofolio berarti menambah kualifikasi dirimu untuk naik jabatan.

 

4. Menjadi sosok yang terorganisasi

Untuk menjadi seorang pemimpin, kamu harus menjadi seseorang yang terorganisasi. Tanggungjawab akan semakin bertambah dan kamu perlu mengorganisasi diri, misalnya pintar mengatur kedisiplinan. Kemampuan mengorganisasi ini juga dibutuhkan ketika kamu membangun kerja.


5. Tingkatkan kemampuan komunikasi

Ketika sudah menjadi seorang pemimpin, kamu akan membawahi beberapa orang anak buah, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar perusahaan. Sangat dianjurkan untuk meningkatkan komunikasi yang baik, agar pesan dari kamu sebagai pemimpin kepada anak buah tidak kacau.

 

6. Menjadi pendengar yang baik

Pemimpin yang menjadi panutan adalah mereka yang bisa mendengarkan aspirasi banyak orang. Hargai pendapat orang lain dan jangan suka menguasai forum. Bicaralah seperlunya dan baiknya apa yang kamu bicarakan adalah hal-hal yang berkualitas, terutama berkaitan dengan pekerjaan.

 

Artikel Terkait: Gambaran Tentang Karier dari Masing-Masing Jurusan yang Perlu Kamu Ketahui!

  1. 6 Pilihan Peluang Karier Terbaik Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi
  2. 10 Pekerjaan Menjanjikan Untuk Lulusan Jurusan Sastra
  3. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat

 

7. Mengajukan diri

Ini merupakan jalan keluar terakhir, apabila apa yang kamu kerjakan tidak diapresiasi. Kamu bisa mengajukan diri untuk naik jabatan. Jika kamu merasa punya kemampuan lebih dan berkompeten, kamu nggak perlu ragu memberanikan diri mengambil posisi yang lebih tinggi. Mintalah bagian manajemen atau HRD untuk menguji kompetensimu.
Mengejar target menjadi seorang pemimpin yang sukses butuh perjalanan cukup panjang. Yuk, buat career plan dan kembangkan diri sejak awal meniti karier!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

Pinjaman Online

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett