Beranda > Karier Sukses > Introvert Bisa Jadi Team Leader, Inilah 5 Cara untuk Jadi Pemimpin yang Baik

Introvert Bisa Jadi Team Leader, Inilah 5 Cara untuk Jadi Pemimpin yang Baik

Introvert Bisa Jadi Team Leader, Inilah 5 Cara untuk Jadi Pemimpin yang Baikwatermark

TUNAIKU.COM  – Saat membayangkan team leader, mayoritas orang beranggapan, seorang pemimpin adalah mereka yang mampu memenuhi beberapa kriteria. Ini meliputi keberanian berpendapat atau vokal, berkepribadian yang menarik, cepat tanggap, dan lain sebagainya. Singkatnya, semua kualitas yang dimiliki oleh para extrovert.

 

Namun, apa jadinya kalau seorang introvert yang memegang kendali dan bertanggungjawab atas tim kerja? Tentu, dengan kepribadian umum seorang introvert—dari pemalu, hemat kata, hingga terlihat susah didekati—tantangannya akan berbeda. Misalnya, pendekatan dalam mengatur anggota tim.

 

Belum lagi, soal stigma introvert yang hanya bisa sukses saat bekerja sendiri. Soalnya, mereka dianggap tidak mampu untuk berinteraksi dan bekerja dalam tim. Nah, buat kamu yang mengalami hal serupa, saya punya beberapa panduan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.  

 

1.      Mendengarkan, baru berbicara

 

Seorang pemimpin yang baik adalah ia yang mau mendengarkan. Sebenarnya, kualitas ini sudah ada secara alami dalam kepribadian introvert, sih. Nah, saat kamu menjadi pemimpin, kamu harus memanfaatkan hal ini. Mulailah mendengarkan dan menyimak, baik itu klien maupun anggota tim. Jangan lupa, memberi saran atau masukan, ya! Hal ini penting untuk menjalin komunikasi.

 

Artikel Terkait: Menggapai Kesuksesan

  1. Ini Dia 10 Tips Sukses Bangkit dari Kegagalan
  2. 5 Pola Pikir Ini Bisa Mengahambat Kesuksesan. Wajib Dihindari!
  3. 7 Tips Agar Selalu Fit untuk Ibu Hamil yang Bekerja

 

2.      Keluar dari zona nyaman

 

Hal ini bakal menantang banget buat kamu. Untuk keluar dari zona nyaman, kamu harus berusaha ekstra. Karena, walau selama ini nyaman bekerja sendiri, kamu harus mulai mengubah hal itu saat menjadi seorang pemimpin. Kamu bahkan disarankan untuk ‘memaksakan’ diri untuk berpartisipasi dalam pembicaraan sesekali dengan tim. Mengambil public speaking juga membantu untuk mendorong kepercayaan diri kamu saat harus berbicara di depan umum.

 

3.      Maju selama masa krisis

 

Semua perusahaan pasti pernah mengalami masa krisis. Nah, seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang maju memimpin saat masa-masa sulit. Di saat yang sama, penting buat kamu memikirkan cara menanggapi dan melalui masa krisis. Pemimpin introvert biasanya melihat masa krisis sebagai sebuah kesempatan. Karena itu, jadilah ’voice of reason’ di perusahaan atau tim yang kamu pimpin.

 

4.      Menulis

 

Karena introvert cenderung hemat kata, umumnya mereka baik dalam menulis. Untuk menjadi pemimpin yang baik, nggak ada salahnya kamu mengoptimalkan kemampuan kamu untuk mencatat poin penting atau ide yang bisa kamu lempar ke tim kamu. Selain itu, karena kamu lebih suka menulis, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan online networking, baik itu melalui surel ataupun aplikasi percakapan seperti Whatsapp. Komunikasi impersonal itu selalu terasa personal. Elemen ini bisa membuat klien dan anggota tim kamu merasa lebih dihargai.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Harus Kamu Tahu untuk Sukses dalam Karier

  1. Kamu Orang Pemalu? Ini Tips Sukses dan PD Jalani Wawancara Kerja
  2. Agar Lebih Fokus Kerja, Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?
  3. 7 Sosok Sukses di Bawah 30 Tahun dengan Profil LinkedIn yang Paling Banyak Dilirik Orang

 

5.      Mendorong performa tim lebih baik

 

Seorang pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu membantu dan mendorong performa dan kualitas anggota tim. Pemimpin introvert cenderung menghindari spotlight dan nggak asal klaim hasil kerja keras anak buahnya. Nah, kualitas ini pula yang harus kamu tunjukkan ke anggota tim.

 

Itulah lima ‘panduan’ yang bisa kamu lakukan ketika menjadi seorang team leader dengan kepribadian introvert. Sudah saatnya pula orang-orang menanggalkan stereotip pemimpin yang introvert. Terkadang, walau kepribadian itu faktor penting, tetapi kemampuan dalam dunia pekerjaan juga memegang kunci seseorang dalam dunia pekerjaan. Terlepas dari apakah dia seorang introvert, extrovert, atau bahkan ambivert.  

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, Ajukan pinjamanmu sekarang!

 

3

 


KENNY CAROLINE

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett