SWARA – Orang tua umumnya memasukkan anaknya ke preschool sebelum mereka memasuki bangku sekolah dasar. Banyak alasan yang menjadikan preschool perlu diikuti anak, seperti untuk mengenalkan berbagai macam pada usia dini, melatih kesiapan anak sebelum memasuki bangku sekolah, dan meningkatkan kemampuan emosional serta sosial anak. Mereka menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan pelajaran saat masuk sekolah nanti jika sudah dikenalkan lebih dulu di preschool

 

Kondisi anak juga perlu diperhatikan, apakah mereka sudah siap masuk preschool atau belum? Jika anak sudah mandiri, bisa ditinggal oleh orang tuanya, terbiasa dengan rutinitas, dan fisiknya mampu untuk menjalani berbagai kegiatan di preschool, anak tersebut sudah dianggap layak masuk preschool.

 

Memilih preschool juga nggak asal-asalan, karena preschool dikelola oleh swasta yang tentu memiliki perbedaan fasilitas sesuai dengan kebijakan pihak pengelolanya. 

 

Kamu perlu tahu bagaimana preschool tersebut mencapai tujuan yang ingin anak capai, akses orang tua untuk mendampingi anak, dan semaksimal apa fasilitas yang ditawarkan dapat digunakan oleh anak. Nah, agar nggak bingung lagi memilih preschool, di bawah ini ada 5 rekomendasi preschool di kawasan Jakarta untuk pertimbangan memasukan anak ke pendidikan prasekolah.

 

1. Acacia House, Jakarta Barat

Preschool ini beralamatkan di Jl. Puri Kembang Timur No.F1/39, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Acacia House menawarkan preschool yang mampu membantu anak mengembangkan keterampilan, kreativitas, kemandirian, rasa keingintahuan, dan berpikir kritis. 

 

Lingkungan yang dinamis juga mendorong anak untuk menemukan potensi dalam diri mereka. Beberapa mata pelajaran yang diajarkan seperti matematika, literasi, musik, ilmu pengetahuan, hingga drama.

 

2. Royal Tots Academy, Jakarta Pusat

Selanjutnya ada Royal Tots Academy yang terletak di Jl. Jambu No.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. Preschool yang satu ini menerapkan International Primary Curriculum (IPC), merupakan standar pendidikan internasional yang menjamin murid-muridnya untuk berfokus terhadap pengembangan kemampuan akademik dan kemampuan dalam diri mereka masing-masing. Sehingga anak-anak yang mendapatkan pendidikan prasekolah di sini nggak hanya pintar dalam pelajaran, tetapi bisa mengembangkan diri agar menjadi anak yang bisa berguna bagi orang di sekitarnya.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Sekolah untuk Anak 

  1. Ini Dia Rekomendasi Preschool Terbaik di Surabaya
  2. 7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anak
  3. Yuk,Ikuti Tahapan yang Tepat Siapkan Anak Masuk Prasekolah

 

3. Tutor Time, Jakarta Selatan

Preschool yang merupakan franchise dari USA ini menawarkan kurikulum khusus yang bernama ‘LifeSmart’ yang mengajarkan anak untuk berani mengeksplorasi kemampuan diri sendiri dan menemukan minat yang dimiliki anak. Pendidikan prasekolah yang satu ini juga akan mengajarkan ilmu-ilmu akademis seperti ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika. Preschool ini beralamatkan di JI. Arteri Pondok Indah No.1, Jakarta Selatan.

 

4. Kinderland Preschool, Jakarta Timur

Preschool ini beralamatkan lengkap di Jl. Kayu Putih 1A No.5, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Pendidikan prasekolah ini menawarkan pelajaran bahasa dan literatur, berpikiran logis, serta menerapkan program pengembangan ilmu pengetahuan. 

 

Selain itu para murid juga mendapatkan kurikulum tambahan seperti musik, teknologi dan program ‘Kinderfit’ yang mengajak anak untuk bergaya hidup sehat, mengembangkan rasa percaya diri, dan selalu bersikap positif.

 

5. Lollypop Preschool

Rekomendasi yang terakhir ada Lollypop Preschool yang beralamatkan di Jl. Sunter Permai Raya No.8, Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara. Pendidikan prasekolah ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Di sini anak juga diajarkan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan ide-ide inovatif yang dimiliki anak. 

 

Mengembangkan kemampuan diri sendiri, melakukan permainan yang mengandalkan kerja sama dan mencampurkan anak di berbagai usia merupakan beberapa metode yang mereka lakukan untuk mendapatkan pengaruh yang baik bagi anak.

 

Begitulah seluk-beluk tentang pentingnya pendidikan prasekolah untuk anak beserta rekomendasi preschool di kawasan Jakarta. Semoga anak bisa mengembangkan kemampuannya sebelum memasuki sekolah melalui preschool, ya.