SWARA- Saat ini baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja, kita wajib mempelajari bahasa asing. Terlebih Indonesia sudah mulai terbuka untuk para expat yang bekerja dan membuka usahanya di negeri ini, sehingga merupakan peluang besar jika kita memahami bahasa asing.

 

Selain untuk keperluan bekerja dan bisnis, belajar bahasa asing juga bisa membantu kita dalam dunia pendidikan, seperti untuk mengejar beasiswa ke luar negeri. Bahkan saat traveling ke luar negeri pun kamu jadi lebih leluasa saat menguasai bahasa asing. Namun, terkadang kamu merasa kesulitan untuk belajar bahasa asing karena nggak biasa menggunakan bahasa tersebut sejak kecil. Di artikel ini penulis akan membagikan langkah-langkah agar kamu cepat menguasai bahasa asing. Yuk, simak!

 

1. Tetapkan target berapa lama bisa menguasai bahasa asing

Tetapkan target yang realistis berapa lama ingin menguasai bahasa asing. Kamu juga bisa membagi target itu untuk menguasai sedikit demi sedikit ilmu bahasa asing, misalnya 3 bulan untuk menguasai reading, 3 bulan menguasai listening dan 3 bulan berikutnya sudah berani berbicara dengan turis asing. Dengan target waktu, kamu jadi lebih termotivasi untuk bisa belajar bahasa asing dengan cepat.

 

Artikel Terkait: Tips Belajar Bahasa Asing

  1. Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Harus Ikut Les, Gratis!
  2. Bahasa Asing Jadi Investasi, Ini 10 Alasan Wajib Menguasainya
  3. Kamu Sedang Mendalami Bahasa Asing? Perhatikan Hal Ini!

 

2. Cepat hafal bahasa asing dengan menulisnya

Suatu hal yang ditulis akan lebih mudah kita ingat, termasuk dalam menghafalkan kata-kata baru dalam bahasa asing. Tulislah kata-kata baru yang kamu temui di bahasa asing setiap hari. Kamu bisa menuliskannya 5 sampai 10 kata baru setiap harinya dan hafalkan itu. Maka dalam 1 bulan kamu sudah hafal 300 kata baru dalam bahasa asing. Cukup banyak, bukan?

 

3. Praktikkan kemampuanmu dengan orang lain

Sudah mempelajari secara teori, maka kamu juga perlu mempraktikannya ke orang lain. Carilah teman yang sudah mahir berbahasa asing untuk memulai percakapan bahasa asing. Kamu juga bisa menguji nyali dengan datang ke tempat-tempat yang banyak orang asing dan mencoba untuk langsung mengobrol dengan mereka. Lakukan terus dan anggap ini adalah latihan bukan ujian, agar kamu bisa berbahasa asing dengan lancar.

 

4. Jangan takut salah saat berbahasa asing

Mempelajari bahasa asing juga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar cepat bisa. Namun, terkadang kamu merasa kurang percaya diri karena takut salah. Sebaiknya kamu buang jauh-jauh perasaan itu, karena justru jika salah, kamu akan tahu kebenarannya dan akan teringat terus tentang kata atau kalimat tersebut. Semakin sering salah, itu tandanya kamu sudah semakin berani untuk menunjukan kemampuan berbahasa asing.

 

5. Gunakan media sehari-hari untuk berlatih berbahasa asing

Saat kamu menonton film, cobalah untuk menonaktifkan subtitle bahasa Indonesia yang ada dan ukur kemampuan sejauh mana kamu paham dengan jalan ceritanya. Mendengarkan lagu berbahasa asing dan menebak-nebak liriknya juga bisa membantu kamu untuk cepat bisa berbahasa asing, lho. Selain itu, terbiasa membaca artikel yang berbahasa asing juga bisa menambah kosakata bahasa asingmu.

 

6. Gunakan bahasa asing di lingkungan pekerjaan

Saat bekerja, kamu bisa mengusulkan dalam hari tertentu untuk menggunakan bahasa asing dengan teman-teman kantormu. Meskipun masih belepotan dan bercampur dengan bahasa Indonesia, tetapi cara ini bisa menambah kemampuan berbahasa asing kamu, lho.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Kuliah Online

  1. Ternyata Kuliah Online Bisa Dongkrak Karier dan Penghasilanmu!
  2. Memangnya Ada Kuliah Bisnis Digital? Gimana Masa Depannya?
  3. Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!

 

7. Konsisten belajar setiap hari

Hal yang paling penting agar cepat bisa berbahasa asing adalah ketekunan dan konsisten melakukannya setiap hari. Mungkin di suatu hari kamu akan jenuh. Namun, kamu harus bisa melawan rasa jenuh ini untuk bisa meraih tujuan awal kamu mahir berbahasa asing.

 

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat mahir berbahasa asing. Cara-cara ini bisa kamu gunakan dan kamu kombinasikan atau bahkan kamu modifikasi dengan cara yang paling nyaman untuk kamu lakukan, lho. Semangat belajar bahasa asing, ya!