SWARA – Di Indonesia, profesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sangat diminati. Selain status, berhasil menjadi PNS bisa jadi kebanggaan tersendiri karena dapat menyingkirkan ribuan peserta lainnya. Menjadi PNS dianggap terjamin, karena merupakan profesi seumur hidup. Tunjangan juga cukup lengkap, termasuk dana pensiun. 

 

 

Nah, kalau ingin menjadi PNS, kamu harus pintar-pintar memilih jurusan. Sebab, saat ini pemerintah cenderung membuka lowongan untuk beberapa bidang ilmu tertentu. Karena itu, ada baiknya kamu mengetahui jurusan apa saja yang punya memiliki peluang besar untuk bisa mendaftar menjadi PNS. 

1. Kesehatan

Setiap penerimaan CPNS, jurusan kesehatan selalu membuka lowongan. Formasi kesehatan ini dimulai dari dokter, perawat, dan apoteker. Biasanya formasi ini ditempatkan di tempat pertama karena sangat dibutuhkan. Gajinya pun cukup tinggi, terutama dokter spesialis. 

2. Manajemen 

Walau terdengar biasa, jurusan manajemen selalu dibutuhkan. Organisasi, perusahaan, sekolah, hingga pemerintahan membutuhkan manajemen. Karena itu bidang ini selalu masuk dalam formasi penerimaan CPNS. 

 

Artikel Terkait: Memilih pendidikan dini untuk buah hati.

  1. Mana yang Baik untuk Anak, SD Negeri atau Swasta?
  2. Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Pertimbangan Memilih SD untuk Anak
  3. Rekomendasi Preschool di Jakarta, Bisa Jadi Pertimbangan untuk Sekolah Si Kecil

3. Teknologi Informasi (Komputer)

Saat ini bidang IT memiliki banyak peminat. Pasalnya, perkembangan teknologi digital semakin pesat. Bukan cuma perusahaan swasta, pemerintah pun membutuhkan ahli-ahli IT. 

4. Hukum

Hukum merupakan salah satu bidang yang punya banyak peminat di Indonesia. Sebab, hukum sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Karena itulah di perusahaan swasta dan BUMN, selalu ada biro hukum untuk menangani semua hal berkaitan dengan hukum. Nah, saat melamar jadi CPNS, sarjana hukum punya kans besar. Kamu bisa diterima menjadi hakim, jaksa, maupun di instansi-instansi yang berhubungan dengan hukum. 

5. Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam perkembangan manusia. Karena itu pula, guru selalu dibutuhkan. Dalam penerimaan CPNS, hampir selalu ada formasi untuk guru. Tenaga pengajar yang terampil dan layak tentu saja dibutuhkan untuk membentuk generasi penerus bangsa. 

6. Psikologi

Sarjana psikologi memiliki cakupan kerja yang cukup luas. Kamu dapat bekerja di bidang sosial, studi penelitian, maupun di bidang psikoanalisis/psikiatri. Nah, pemerintahan juga membutuhkan sarjana psikologi. Utamanya, di pusat pelayanan masyarakat, kesehatan, hingga kementerian hukum dan hak asasi manusia, khususnya di lapas. 

7. Teknik 

Bidang teknik memiliki banyak cabang. Mulai dari teknik lingkungan hingga teknik industri. Tenaga-tenaga teknik ini saat ini sangat dicari pemerintah. Penerapan ilmu teknologi dan analisis permasalahan akan sangat berguna ketika kamu bekerja di pemerintahan. 

 

Artikel Terkait: Rekomendasi sekolah untuk si buah hati. 

  1. Ini Dia Rekomendasi Preschool Terbaik di Surabaya
  2. 7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anak
  3. Yuk,Ikuti Tahapan yang Tepat Siapkan Anak Masuk Prasekolah

8. Politik dan pemerintahan 

Ilmu politik dan pemerintahan sangat erat kaitannya dengan pemerintahan, terutama kebijakan dan politik pemerintahan itu sendiri. Kalau kamu bercita-cita menjadi PNS kamu juga bisa berkuliah dengan mengambil jurusan ini. 

9. Bahasa Inggris 

Sebagai bahasa internasional, tenaga ahli Bahasa Inggris akan selalu dibutuhkan pemerintah. Sarjana jurusan ini nantinya dapat bekerja di Kementerian Luar Negeri atau menjadi tenaga pengajar Bahasa Inggris.

Itulah sembilan jurusan yang memiliki peluang besar diterima menjadi PNS. Kamu sudah menentukan pilihan?