Beranda > Karier Sukses > 9 Tips Sukses Agar Kamu Bisa Jadi Creative Director Profesional

9 Tips Sukses Agar Kamu Bisa Jadi Creative Director Profesional

Tunaiku
9 Tips Sukses Agar Kamu Bisa Jadi Creative Director Profesionalwatermark

TUNAIKU.COM-Ada banyak seorang desainer yang pada akhirnya menjadi seorang creative director di sebuah agensi. Namun, enggak semua orang bisa mendapatkan posisi seperti itu dalam kehidupannya. Untuk meningkatkan kemampuan dan talenta, kamu wajib menerapkan kiat sukses creative director sekarang juga. Jika dirinci, inilah sembilan kiat yang akan membantumu meraih impian tersebut.

 

Artikel terkait: cara mengatasi stres dan kebiasaan menunda pekerjaan

  1. 5 Tips Atasi Stres Kembali Bekerja Setelah Cuti Lebaran
  2. Buat Para Millennial, Ini 7 Kiat Atasi Stres Akibat Pekerjaan!
  3. 7 Cara Atasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

 

1. Buatlah orang-orang suka dengan karyamu

Proses mengasah atau menajamkan kemampuan sebaiknya tak cuma terjadi ketika di tahap awal belajar saja. Agar kamu bisa sukses jadi creative director, harus lebih dari itu. Rajin-rajinlah mengamati apa yang orang lain suka. Target audien sangat penting diterapkan kalau ingin kariermu sebagai creative director lebih terfokus.

 

2. Lakukan improvisasi

Rata-rata, orang lebih suka sesuatu yang baru, meskipun basisnya nggak berbeda dengan sebelumnya. Dengan kata lain, penampilan selalu menjadi salah satu perhatian utama pelanggan. Seorang creative director yang sehari-harinya bekerja di bagian pemasaran, periklanan, dan publikasi, harus mampu melakukan improvisasi di tiap lini pemasaran.

 

3. Menjaga nama baik brand

Setiap creative director tugasnya bukan hanya membuat brand, melainkan juga menjaga nama baiknya. Hal itu baru terwujud apabila kualitas produk atau layanan yang diberikan dijaga kualitasnya. Saya rasa enggak ada perusahaan satu pun yang menggelincirkan nama baik brand. Soalnya brand sudah menjadi hidup dan mati bagi bisnis mereka.

 

4. Tingkatkan kemampuan memimpin

Creative director atau pemimpin di bidang kreatif selalu memiliki tim untuk menjalankan bisnisnya. Sebuah tim desainer, misalnya, pasti terdiri dari junior dan senior. Bebankan pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka. Begitu pula fee yang didapatkan. Image seorang pemimpin wajib dijaga agar seluruh anggota tim selalu memiliki loyalita tinggi.

 

5. Mudah beradaptasi

Enggak ada hari yang sama bagi seorang creative director. Baginya, setiap hari harus diisi dengan bermacam perubahan. Inilah salah satu kiat sukses untuk karier creative director yang enggak bisa ditawar-tawar. Untuk menjaga diri agar selalu update, kemampuan bahasa verbal, visual, maupun tulisan wajib dijaga dan ditingkatkan sehari-harinya.

 

6. Selalu menginspirasi tim

Menjadi seorang creative director itu mau enggak mau harus mengurangi aktivitas di depan perangkat lunak. Bagian itu sudah dikerjakan oleh tim. Tentu mereka memerlukan penyemangat agar selalu antusias menggarap proyek demi proyek. Pada tahap briefing, lakukan dengan cara yang menyenangkan anggota tim agar dia mencapai target kita.

 

7. Jadilah pendengar yang baik

Seorang creative director yang baik selalu bisa menjadi pendengar yang baik di kedua sisi. Baik ketika di depan tim maupun klien. Sebaliknya, ketika meeting maka pendengar yang paling baik adalah para pencetus gagasan dan memiliki argumen kuat. Jadi, diam di sini maksudnya untuk mempelajari kondisi tim maupun keinginan para klien.

 

8. Ciptakan lingkungan kerja yang sehat

Bukan hanya tenang, tetapi lingkungan yang sehat. Lingkungan seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua lapisan dalam tim. Seorang creative director atau pemimpin di bidang kreatif wajib menciptakannya. Hanya dengan lingkungan yang sehat maka situasi yang nyaman, aman, kreatif, dan antusias akan mudah dibentuk.

 

Artikel terkait: cara mengontrol diri saat emosi meluap di kantor

  1. Contek 5 Jurus Jitu Cegah Emosi Meluap di Kantor, Mudah Dilakukan!
  2. #TunaikanRamadhan dengan Tips Mengontrol Amarahmu di Kantor
  3. Ini Tips Sukses Bukber di Kantor untuk #TunaikanRamadan, Contek Caranya!

 

9. Berikan penghargaan untuk pekerja yang berprestasi

Untuk meningkatkan kualitas sekaligus moral tim, dibutuhkan penghargaan seperti ini. Tanpanya, jiwa untuk selalu berkompetisi akan redup. Namun, untuk menerapkannya kenali dulu tim yang kamu bentuk apakah sudah siap atau belum. Jangan sampai ada gesekan akibat kecemburuan sosial dan sebagainya.

 

Setelah menyimak beberapa kiat sukses creative director tersebut, berapa persen semangatmu tumbuh? Kalau saya sih 100%. Hanya dengan menghadapi tantangan kehidupan ini kita bakal maju. Sebaliknya, orang yang enggak pernah menghadapi tantangan memang enggak mengalami kegagalan, tapi di sisi lain juga nggak bakal meraih impian.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett