Beranda > Karier Sukses > Buat Para Millennial, Ini 7 Kiat Atasi Stres Akibat Pekerjaan!

Buat Para Millennial, Ini 7 Kiat Atasi Stres Akibat Pekerjaan!

RISANG PRATAMARisang Pratama
Buat Para Millennial, Ini 7 Kiat Atasi Stres Akibat Pekerjaan!watermark

TUNAIKU-COM – Apa yang bikin kamu stres dalam bekerja? Kalau saya, biasanya saat menatap tugas-tugas yang masih menumpuk menjelang pulang kantor atau mengerjakan proyek yang masih asing.

 

Stres sebenarnya bermanfaat, lho. Misalnya, saya lebih kreatif dan mampu memecahkan masalah lebih cepat ketika berada di bawah tekanan. Namun, stres yang berlebihan justru bisa membuatmu mengalami kenaikan berat badan, sakit, bahkan depresi.

 

Makanya, stres perlu dikelola dengan baik. Buat kamu para Millennial, berikut sejumlah kiat untuk mengatasi stres akibat pekerjaan.

 

Artikel Terkait: Kiat Produktif dan Sukses di Tempat Kerja

  1. 8 Kebiasaan Ini Bikin Millennial Gampang Stres dan Kurang Produktif
  2. Ini Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Bagi Anak Rantau
  3. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu

 

1. Bikin dirimu lebih teratur

Penyebab stres yang paling umum adalah perasaan di mana kamu merasa nggak memegang kendali atas pekerjaan yang kamu hadapi. Hal ini bisa menimbulkan perasaan panik dan cemas sehingga kamu makin nggak fokus.

 

Nah, jangan membiarkan begitu saja perasaan semacam itu menyerang. Soalnya, hal ini bisa diatasi dengan membuat dirimu lebih terorganisasi. Misalnya, dengan merencanakan apa yang akan kamu kerjakan hari itu dan membuat prioritas. Buatlah daftar mendetail dan cobalah menyelesaikannya satu per satu.

 

2. Ajukan pertanyaan

Stres bisa muncul ketika kamu ditunjuk untuk melakukan tugas yang masih asing. Ketika stres melanda, bertanya adalah salah satu cara jitu untuk mengatasi hal ini.

 

Dengan bertanya kepada rekan satu tim atau penyeliamu, kamu dapat mengatasi keraguan yang timbul sekaligus menghindari salah pengertian maupun miskomunikasi. Jadi, jangan pendam sendiri kebingunganmu.

 

3. Hirup udara segar saat istirahat siang

Menghabiskan waktu di kubikel kantor saat istirahat siang membuat pikiranmu tetap terpatri pada kerjaan. Padahal, kamu perlu melepaskan ketegangan di otak. Makanya, manfaatkan istirahat siangmu dengan baik untuk keluar sejenak dan menghirup udara segar. Selain itu, mengambil jeda untuk berjalan-jalan sejenak ampuh untuk mengusir penat dari kepalamu.

 

4. Singkirkan perangkat digital untuk sementara

Apakah sepulang kerja kamu masih terus menggenggam smartphone untuk mengecek email, media sosial, atau menjawab panggilan telepon? Hal semacam ini bisa menjadi sumber stres di luar kantor. Di kantor sudah stres, kenapa harus ditambah lagi ketika kamu berada di rumah?

 

Kalau memang itu tuntutan kerjaan, apa boleh buat? Namun, kamu juga perlu membatasinya. Sediakan waktu khusus untuk disconnect dari perangkat digital agar stres nggak terus menggempurmu. Misalnya, mematikan ponsel setidaknya satu jam waktu makan malam.

 

5. Biasakan mengambil jeda istirahat singkat

Kalau sudah tenggelam dalam pekerjaan, saya kerap lupa untuk bangkit dari kursi barang sejenak. Padahal, hal ini ampuh untuk mencegah stres. Kamu bisa meregangkan otot, maupun melakukan gerakan olah raga ringan, atau sekadar berjalan ke pantry untuk mengambil minum. Satu hal terakhir ini penting banget, soalnya saat stres kita sering abai dengan dehidrasi.

 

Artikel Terkait: Yuk, Simak Ini Biar Kamu Lebih Sehat!

  1. Sering Insomnia, Segera Lakukan 6 Tips ini untuk Kebiasaan Tidur yang Lebih Baik
  2. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu
  3. Apa Sih Manfaat Donor Darah untuk Kesehatanmu?

 

6. Lakukan ritual relaks sepulang kerja

Setelah penat seharian bekerja plus menghadapi kemacetan di jalan, kamu butuh sebuah ritual untuk men-destress pikiran kamu. Beri waktu sejenak untuk melakukan kegiatan yang membuatmu relaks. Misalnya, lewat olah pernapasan, meditasi sederhana, olahraga ringan, atau ibadah. Kalau saya, nge-game adalah cara efektif biar relaks.

 

7. Berhentilah terlalu banyak berpikir!

Overthinking juga kerap saya lakukan saat bekerja. Kamu mungkin sering mengkhawatirkan hal-hal yang sebenarnya nggak penting-penting banget. Hati-hati, hal ini bisa bikin kamu sulit tidur yang ujungnya malah menambah beban stres. Biasanya, saya akan mengatakan pada diri sendiri untuk berhenti overthink dan lebih optimis. Seringnya, cara itu manjur buat saya.

 

Itulah beberapa cara mengatasi stres akibat pekerjaan yang ampuh buat Millennial. Semoga bermanfaat untuk mengatasi stres yang kamu alami, ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett