Beranda > Karier Sukses > 8 Jurusan di Bidang Kesehatan Selain Dokter yang Banyak Dicari

8 Jurusan di Bidang Kesehatan Selain Dokter yang Banyak Dicari

TUNAIKU
8 Jurusan di Bidang Kesehatan Selain Dokter yang Banyak Dicariwatermark

TUNAIKU.COM-Jurusan kuliah bidang kesehatan tidak hanya bicara tentang dokter. Namun semua yang terlibat dalam pelayanan kesehatan masyarakat pada umumnya. Faktanya, prospek kerja tiap jurusan selain dokter juga cukup bagus. Bukan hanya di perkotaan, tetapi juga di pedesaan. Berdasarkan penilaian saya, ada 8 jurusan terbaik untukmu yang mau kuliah di bidang kesehatan selain jurusan kedokteran.

 

Artikel terkait: Lanjut Kuliah Apa Tidak Ya? Kalau Iya, di Mana Ya? Ini Jawabannya!

  1. 5 Alasan yang Salah Ketika Kamu Memutuskan untuk Lanjut S2
  2. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?
  3. Ingin Magang di Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Ini

 

1. Ilmu Keolahragaan

Setiap mahasiswa yang memilih jurusan ini harus siap dengan materi seputar biomekanika, sosiologi, fisiologi, kinesiologi, dan sebagainya. Jurusan ini memang mengutamakan ilmu tentang kebugaran jasmani. Beberapa pekerjaan yang bisa kamu tekuni di masa depan adalah manajer kebugaran dan kesehatan, terapis, maupun pelatih dan pemandu olahraga.

 

2. Kedokteran Hewan

Meskipun masih berhubungan dengan dokter, tapi praktiknya berbeda dengan yang ada di rumah sakit itu. Pasien dokter hewan adalah hewan. Materi kuliahnya juga seputar hewan, seperti belajar memanajemen peternakan, mengenali penyakit hewan, dan hewan peliharaan. Prospek kerjanya meliputi dokter hewan, ahli ilmu hewan dan satwa liar, dan lain-lain.

 

3. Radiologi

Jurusan ini dulunya tergolong jarang peminatnya. Namun sekarang beda. Fokus utama jurusan ini ada pada materi tentang penggunaan sinar X, ilmu tulang, gelombang mekanik, dan lain-lain. Syarat untuk memasuki jurusan ini adalah suka berhitung dan tertarik dengan teknologi terbarukan. Pekerjaan yang menantimu adalah terapis radiasi, konselor genetis, dan lainnya.

 

4

4. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Belajar risiko seputar dunia kerja memang menyenangkan. Apalagi kalau kamu sudah menjadi bagian dari ahlinya. Maka perusahaan mana pun akan dengan senang hati merekrutmu untuk jadi bagian terpentingnya. Hobi kerja lapangan dan komunikasi yang baik jadi modal utama untuk menekuni pekerjaan ini.

 

5. Fisioterapi

Jurusan kuliah bidang kesehatan ini tidak boleh disepelekan. Selain praktik kedokteran di rumah sakit, praktik fisioterapi juga penting dimunculkan ke permukaan. Banyak kok yang membutuhkan ahli di bidang ini. Soalnya dunia kerja itu sekarang aktifnya bukan main, ketika badan mereka pegal-pegal, siapa yang mau menangani? Tentu praktisi di bidang fisioterapi, bukan dokter.

 

6. Kebidanan

Jurusan ini cukup tenar di kota maupun di pedesaan. Satu hal yang perlu dicatat, bahwa setiap hari ada bayi yang lahir di Indonesia. Natalitas di Indonesia memang cukup tinggi daripada mortalitasnya. Berbeda jauh dengan yang ada di Amerika dan Finlandia. Prospek kerja lulusan di jurusan ini pun menjadi lebih besar dari tahun ke tahun.

 

Angka peminat jurusan Kebidanan selalu meningkat dan dibarengi dengan berdirinya berbagai Akbid yang baru. Tapi ketika masuk ke ranah ini, sebaiknya jangan sampai teledor. Setiap pasangan dalam keluarga pasti menginginkan bayi bisa lahir dengan selamat. Usahakan selalu penuhi harapan mereka.

 

7. Nutrisi dan Teknologi Pangan

Mata kuliah yang wajib dipelajari dalam jurusan ini meliputi analisis gizi atas produksi makanan yang ada. Tentu sebelum terjun dan dikonsumsi oleh masyarakat luas. Amat dibutuhkan jiwa empati dan simpati untuk menekuni bidang ini. Pekerjaan yang menantimu adalah peneliti dan ahli teknologi pangan dan sebagainya.

 

Artikel terkait: Persiapan Orang Tua Ketika Anak Akan Sekolah

  1. Uang Pangkal Sekolah Anak Selangit? Pakai Pinjaman Tunaiku!
  2. Anak Mau Masuk Sekolah? Duh, Butuh Duit Nih!
  3. Para Orang Tua, Apa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sekolah Anak?

 

4. Farmasi

Perusahaan di bidang farmasi selalu mencari lulusan di bidang yang sama dengan predikat terbaik. Soalnya mereka butuh orang-orang yang tahu betul bagaimana cara membuat formula obat, kombinasi bahan, sekaligus analisis dampak yang terjadi. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang mendalam pada tiap proses kimiawinya.

 

Sampai sekarang, kedelapan jurusan kuliah bidang kesehatan di atas masih sangat potensial. Rata-rata gajinya juga cukup besar, melebihi apa yang didapat para PNS. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan finansial suatu perusahaan. Menurut saya, perusahaan besar hanya akan menerima lulusan terbaik di bidang ini. Tetap berjuang, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett