Beranda > Karier Sukses > 6 Daftar Beasiswa Bergengsi yang Bisa Kamu Incar untuk Lanjutkan Studi

6 Daftar Beasiswa Bergengsi yang Bisa Kamu Incar untuk Lanjutkan Studi

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
6 Daftar Beasiswa Bergengsi yang Bisa Kamu Incar untuk Lanjutkan Studiwatermark

TUNAIKU.COM – Saat menginjak kelas 3 SMA para siswa seringkali dihadapkan pada pilihan melanjutkan kuliah atau bekerja. Umumnya, melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi menjadi dambaan hampir semua siswa. Namun, biaya kuliah yang nggak sedikit membuat banyak siswa dan orang tua siswa kembali mempertimbangkan. Pasalnya, biaya yang akan dikeluarkan selama beberapa tahun studi sangat besar. 

Bagi yang ingin mencari solusi biaya kuliah maka jawabannya adalah beasiswa. Ada banyak kesempatan yang diberikan baik dari pemerintah maupun swasta untuk beasiswa pendidikan. Mulai keringanan biaya hingga uang saku penuh yang ditanggung serta biaya hidup.

Nah kalau kamu berniat kuliah jangan sampai keterbatasan biaya menghentikan mimpimu. Kamu bisa mendaftar beberapa beasiswa berikut ini sehingga kamu bisa tetap melanjutkan kuliah. Berikut beasiswa bergengsi dalam negeri yang bisa kamu coba.

1. Tanoto Foundation

Beasiswa bergengsi tanah air yang bisa kamu coba adalah Tanoto Foundation. Beasiswa ini sudah berdiri sejak tahun 2006 memberikan bantuan biaya pendidikan dan uang saku kepada awardeenya hingga semester 8. Nggak hanya memberikan bantuan finansial saja, Tanoto Foundation juga memberikan pelatihan soft skill kepada awardeenya agar kelak bisa berguna saat memasuki dunia kerja. Karena cukup bergengsi beasiswa ini hanya ada di 12 Universitas di Indonesia saja seperti UI, Undip, dan UGM.

Jadi kalau kamu berniat untuk mendapatkan beasiswa ini pastikan kamu sudah bisa diterima menjadi mahasiswa di salah satu dari Universitas yang terdaftar oleh Tanoto Foundation, ya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi laman resmi Tanoto Foundation di tanotofoundation.org

Artikel Terkait: Rencanakan Pendidikan Anak Melalui Asuransi dan Investasi

  1. Asuransi Pendidikan, Sebenarnya Perlu atau Tidak?
  2. Sebaiknya Baca Ini Dulu Jika Ingin Beli Asuransi Pendidikan untuk Anak
  3. Rencanakan Pendidikan Anak dengan Investasi Unit Link, Simak 4 Keunggulannya!

2. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Kalau Tanoto Foundation adalah beasiswa yang berasal dari swasta maka beasiswa kali ini berasal dari pemerintah. Beasiswa Unggulan adalah beasiswa yang dibuka oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang diperuntukan masyarakat yang berprestasi dari jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan juga kualitas SDM masyarakat Indonesia. Menyasar 18 bidang keilmuan kamu bisa memilih jurusan atau keilmuan apa yang akan kamu masuki. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi  beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

3. Beasiswa Djarum

Selain Tanoto Foundation, Djarum Beasiswa Plus menjadi salah satu beasiswa bergengsi tanah air. Nggak heran kalau beasiswa ini sudah sangat terkenal di tengah masyarakat yang melek pendidikan. Beasiswa Djarum ini memberikan bantuan finansial berupa living cost dan juga pelatihan soft skill sekaligus mentoring agar awardee nya dapat pembinaan dan bekal yang cukup saat memasuki dunia pasca kampus kelak.

CTABARU3

Mobile Site CTA

4. Beasiswa Astra 1st

Ada pula beasiswa yang khusus diperuntukan untuk mahasiswa dalam negeri yaitu Beasiswa Astra. Beasiswa yang digelar oleh PT. Astra Internsional ini menyasar mahasiswa dari jurusan Teknik, Psikologi, Ekonomi dan Statistik yang tengah duduk di bangku perkuliahan semester 2, 4, atau 6. Kalau kamu berhasil lolos akan mendapatkan bantuan finansial sebesar Rp 5 juta dan juga pendampingan serta pelatihan soft skill. Beasiswa ini akan dibuka pada Agustus mendatang, jadi kamu masih punya waktu untuk mempersiapkannya.

5. Beasiswa BFI Finance

Beasiswa yang berlangsung sejak 2004 ini menjadi salah satu beasiswa yang banyak diikuti mahasiswa S1. Selain akan mendapatkan beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan hingga semester 9, beasiswa BFI Finance juga membuka peluang untuk penerimanya dapat bekerja di perusahan tersebut setelah lulus kuliah.

Artikel terkait: Biar Jago Bahasa Inggris

  1. Rekomendasi Tempat Les Bahasa Inggris Terbaik di Bandung
  2. Pilihan Tempat Les Bahasa Inggris di Surabaya Terbaik dan Bikin Mahir
  3. 5 Rekomendasi Tempat Les Bahasa Inggris di Jakarta yang Profesional

6. Beasiswa Bank Indonesia

Siapa sih yang nggak mau jadi penerima beasiswa bergengsi seperti Beasiswa Bank Indonesia? Menjadi salah satu beasiswa yang paling diincar mahasiswa, beasiswa Bank Indonesia ini wajib kamu coba. Karena selain kamu bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari BI kamu juga bisa mendapat pengembangan soft skill serta jaringan yang luas karena akan otomatis masuk ke dalam komunitas GENBI atau Generasi Baru Indonesia.

Nah, itu dia beberapa beasiswa bergengsi dalam negeri yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti beasiswa di atas kamu bisa terbantu dalam urusan biaya pendidikan. Jangan sampai hanya karena kekuragan biaya kamu jadi putus harapan untuk bisa lenjut berkuliah, ya. Semangat!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett