Beranda > Karier Sukses > 9 Tips Sukses Tes Wawancara Beasiswa dalam Bahasa Inggris

9 Tips Sukses Tes Wawancara Beasiswa dalam Bahasa Inggris

Tunaiku
9 Tips Sukses Tes Wawancara Beasiswa dalam Bahasa Inggriswatermark

TUNAIKU.COM – Tes wawancara dalam Bahasa Indonesia saja sulit apalagi dalam bahasa Inggris. Banyak yang berpandangan seperti itu. Wajar sih, soalnya mereka belum mengerahkan segala usaha dan lebih banyak berkutat pada pesimistis. Saya memiliki sembilan tips khusus agar kamu bisa lolos tes interview untuk mendapatkan beasiswa.

 

1. Jujur pada Diri Sendiri

Pihak interviewer itu bukan manusia awam. Mereka tahu betul bagaimana caranya mengeluarkan sisi psikologimu. Semua yang serba pura-pura akan langsung terlacak. Boleh jadi mereka akan memberikan pertanyaan yang membuat responmu mati kutu. Lebih baik jujur pada diri sendiri, terutama ketika pada sesi kamu disuruh menceritakan dirimu sendiri.

 

2. Jujur pada Tujuanmu

Tujuan untuk mendapatkan beasiswa itu apa sih? Apakah untuk senang-senang? Apakah untuk memperdalam ilmu dan mengasah skill? Sampaikan semuanya dengan apa adanya. Toh para interviewer juga tidak terlalu peduli nantinya kamu akan jadi apa. Mereka hanya peduli pada kekuatanmu untuk maju, sebab beasiswa hanya untuk orang yang berkeyakinan kuat.

 

3. Jujur pada Kelebihan dan Kekuranganmu

Pada sesi tanya-jawab ini seringkali orang yang diwawancarai salah mengambil sikap. Mereka terlalu lama menjawab kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Akhirnya mereka membuat-buat dan terkesan sebagai orang yang memaksakan diri. Cara termudah adalah jujur dan bilang apa adanya. Jawab secara singkat, namun mewakili kepribadianmu.

 

4. Yakinkan Pewawancara Kalau Kamu Pantas Dapat Mahasiswa

Tunjukkan kepercayaan dirimu. Yakinkan para pewawancara bahwa kamu adalah orang yang tepat. Untuk meyakinkan pewawancara, tidak mengapa kamu tunjukkan tentang prestasimu semasa kuliah. Misalnya saja prestasi dalam organisasi, menulis di surat kabar, menang lomba, dan lain-lainnya.

 

Artikel Terkait: S2 dengan Beasiswa? Kenapa Nggak!

  1. Ingin Dapat Beasiswa LPDP? Simak Kisah dan Tips dari Penerima Beasiswa LPDP Ini
  2. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  3. Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya

 

5. Katakan Apa Adanya tentang Sukses dan Gagal dalam Hidup

Mungkin tips ini terdengar filosofis. Kenyataannya tes wawancara beasiswa Bahasa Inggris memang lebih menekankan pada penguasaan dari sisi psikologis dan skill bawaan. Setiap pandangan orang tentang gagal dan sukses itu berbeda-beda. Berikan formula yang sederhana saja sesuai dengan pengalamanmu saat ini.

 

2

 

6. Rajin-Rajin Membaca Tulisan Media Berbahasa Inggris

Mengapa bacanya harus lewat media? Tulisan di media online dan cetak terkemuka itu pasti sudah melewati saringan. Struktur kalimatnya dari awal hingga akhir selalu disajikan dengan runut. Tips ini sangat ampuh meningkatkan penguasaanmu dalam bahasa Inggris. Semakin banyak penguasaan bicara dalam bahasa Inggris, semakin besar peluangmu untuk lolos.

 

7. Sering-Sering Menonton Dialog Wawancara dalam Bahasa Inggris

Dengan seringnya menonton dialog interview dalam bahasa Inggris, skill listening-mu akan bertambah pesat. Mungkin inilah replika yang paling tepat dan sesuai dengan suasana saat interview yang saya alami. Tips ini boleh diikuti atau tidak. Pastinya, dulu saya menggunakan tips ini untuk mengeja suasana ketika interview berlangsung.

 

Artikel Terkait: Menghasilkan Uang dari Pekerjaan Freelance

  1. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. Inilah 5 Cara Memperoleh Penghasilan Tambahan Buat Pekerja Kantoran!

 

8. Sering-Sering Berdialog dalam Bahasa Inggris

Bahasa dialog dengan bahasa dalam tulisan itu berbeda. Orang yang berdialog cenderung spontan dalam merespons setiap pertanyaan. Spontanitas saat interview bahasa Inggris juga menjadi pertimbangan penilai. Untuk bisa spontan seperti itu, lakukan latihan dialog berbahasa Inggris dengan orang lain sesering mungkin. Dialog dengan diri sendiri juga boleh.

 

9. Lakukan Antisipasi

Meski setiap pewawancara mengajukan pertanyaan yang berbeda-beda terhadap para kandidat, tidak salahnya kamu menerka-nerka sejak awal. Spekulasi di sini sangat penting agar kamu bisa lebih siap saat disodori pertanyaan yang sama. Kalau perlu, catatlah ide tentang pertanyaan dan jawabanmu sendiri dalam bahasa Inggris.

 

Persiapan itu sangat diperlukan dalam tes wawancara bahasa Inggris. Apalagi tujuannya untuk mendapatkan beasiswa. Ingat, saingan kamu nggak hanya satu, namun bisa ratusan hingga ribuan calon lain. Mereka juga mempersiapkan yang terbaik sebelum interview dimulai. Apa kamu rela kehilangan start, sementara mereka sudah berlari jauh?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett