Beranda > Karier Sukses > Hindari 5 Kesalahan Ketika Melakukan Wawancara Beasiswa

Hindari 5 Kesalahan Ketika Melakukan Wawancara Beasiswa

audrey gabriella - Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Melakukan Wawancara BeasiswaAudrey Gabriella - Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Melakukan Wawancara Beasiswa
Hindari  5 Kesalahan Ketika Melakukan Wawancara Beasiswawatermark

TUNAIKU.COM – Sejak saya lulus kuliah tahun 2013, keinginan untuk lanjut sekolah lagi itu ada, tapi selalu saja ada halangannya (dan niat yang tidak cukup kuat pastinya). Beberapa penghalangnya adalah ketidakpastian dalam memilih jurusan yang saya mau ambil dan selalu berganti seiring dengan suasana hati, karena saya orang yang cenderung tertarik oleh banyak hal. Belum lagi biaya kuliah yang tidak murah.

 

“Kenapa nggak coba beasiswa aja, Drey?” tanya salah satu teman saya.

 

Hmmm… kenapa saya nggak mencoba beasiswa, ya? Sejujurnya, saya malas mengikuti berbagai tahapan yang panjang, apalagi kalau harus sudah memasuki tahap wawancara. Saya bukan orang pemalu, tetapi proses wawancara untuk mendapatkan beasiswa terlihat menakutkan buat saya, jauh lebih mengintimidasi dari wawancara kerja. Apalagi kalau ditanya, “Apa yang akan kamu lakukan untuk negara kalau kamu sudah lulus nanti?” Hiii…

 

Tapi saya ingat, teman saya yang lain pernah bercerita soal pengalamannya mendapatkan beasiswa dan sekarang sedang sekolah di luar negeri. Dia bercerita kalau sebernarnya proses wawancara beasiswa itu nggak semenakutkan yang saya bayangkan. Yang perlu saya dan kamu perhatikan adalah kesalahan yang harus kamu hindari saat wawancara.

 

1. Perhatikan caramu berpakaian, jangan terlalu santai

Walaupun saya tahu kalau inner beauty adalah yang terpenting, tapi percayalah, penampilan luar itu juga sama pentingnya, apalagi kalau diundang untuk wawancara beasiswa seperti ini. Setidaknya itu saran dari teman saya.

Kamu tidak perlu pakai baju super formal, sampai memakai jas seperti mau ke pernikahan teman, tapi cukup tampil rapi dan bersih. Sebisa mungkin hindari memakai jeans dan atasan berbahan kaos. Buat perempuan yang malas pakai kemeja dan rok span, bisa pakai dress semi-formal, kok.

Ingat, first impression itu penting!

 

2. Bersikap tidak ramah, malah cenderung tidak sopan

Gimana rasanya kalau kamu lagi nanya baik-baik sama orang, lalu dapat jawaban yang ketus dan nggak ramah? Pasti bikin mood langsung jatuh, kan? Begitu juga saat kamu menjalani wawancara beasiswa.

Meski kamu lagi bete atau lagi nggak mood hari itu, menanggapi pertanyaan selama wawancara dengan cuek dan jutek bukanlah pilihan. Sikap yang nggak fokus memperhatikan pewawancara, seperti lihat jam tangan terlalu sering, mengecek notifikasi di handphone karena lupa mengganti ke silent mode, atau terlalu sering menunduk juga bisa dianggap kasar, lho.

Sebaiknya selama menjalani wawancara, kamu fokus sepenuhnya dengan pewawancara dan mengesampingkan dulu yang lain. Jabat tangan pewawancara dengan yakin, datang tepat waktu, dan jangan lupa silent dulu handphone-mu.

Mungkin selama wawancara kamu gugup, tapi saat ini, gugup bukanlah pilihan untuk kamu.

 

Artikel Terkait: Informasi Seputar Beasiswa

 

3. Kurang pengetahuan tentang sekolah tujuan

Kamu dalam salah satu proses yang cukup penting dalam hidup kamu, yaitu wawancara beasiswa untuk melanjutkan sekolah. Ini impianmu dari dulu dan akhirnya kamu sampai di tahap yang cukup krusial, tahap yang biasanya banyak menggagalkan banyak orang dan bikin saya terintimidasi setengah mati.

Bayangkan: ketika wawancara, andaikan ada perwakilan dari sekolah yang kamu inginkan dan ditanya mengapa kamu memilih sekolah tersebut, tapi kamu tidak bisa menjawab dengan baik dan meyakinkan. Padahal inilah saatnya kamu membuat mereka yakin kamulah calon kandidat yang pantas untuk mendapatkan beasiswa dan kamu melewatkan kesempatan tersebut.

Sebaiknya, persiapkan waktu terlebih dulu untuk mengetahui apa saja kelebihan sekolah tujuanmu dan apa alasan yang membuat kamu ingin bersekolah di sana. Apa yang tidak dimiliki sekolah lain namun ada di sekolah itu, yang menurut kamu penting untuk kebutuhan studimu?

Sebenarnya sama saja ketika kamu ditanya “mengapa kamu melamar kerja di sini?” ketika wawancara sebuah pekerjaan.

 

4. Terlalu sedikit bicara saat menceritakan diri sendiri

Salah satu yang diwanti-wanti oleh teman saya adalah kamu harus bisa bersikap lebih terbuka ketika sedang wawancara untuk beasiswa. Mungkin kamu bukanlah orang yang mudah bercerita tentang diri kamu ke orang lain yang belum kamu kenal, tapi untuk kali ini, buatlah pengecualian. Bagaimana mereka bisa tahu kamu adalah orang yang tepat kalau kamu hanya memberikan mereka sedikit informasi?

Coba mulai dengan membicarakan beberapa hal tentang dirimu yang membuat kamu nyaman. Misalnya kamu sangat suka membaca buku, maka cobalah berdiskusi tentang buku favorit atau buku yang terakhir kamu baca. Bisa juga coba bicarakan tentang isu politik atau apa pun yang sedang marak terjadi dan utarakan opini kamu mengenai hal ini.

Dari situ pewawancara bisa tahu apa yang menarik dari kamu dan apakah kamu merupakan kandidat yang mereka cari.

 

5. ….Atau terlalu banyak bicara tentang diri sendiri

Menjadi pemalu bukan pilihan tepat saat wawancara beasiswa, begitu juga terlalu banyak bicara tentang diri sendiri.

Kamu boleh saja membicarakan tentang prestasi apa saja yang telah kamu capai selama ini, selama prestasi itu berhubungan dengan studi kamu nanti. Namun kamu harus hati-hati agar tidak terdengar berlebihan dan terlihat berusaha terlalu keras untuk memukau para pewawancara.

Membicarakan prestasi kamu terlalu banyak dan luas bisa membuat mereka berpikir kamu bragging atau sombong. Kalau memang prestasi kamu cukup mengesankan, para pewawancara pasti akan menanyakan hal ini lebih lanjut dengan pertanyaan yang lebih dalam.

Jadi, tahan-tahan diri juga saat disuruh menceritakan tentang hidup kamu, ya.

 

Artikel Terkait: Gimana Rasanya Kuliah di Luar Negeri?

  1. 5 Hal yang Patut Diketahui Jika Ingin Kuliah di Amerika Serikat Tahun Ini
  2. Bagaimana Rasanya Kuliah di Kanada?
  3. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?

 

Nah, setelah tahu beberapa kesalahan yang biasa terjadi ketika melakukan wawancara beasiswa ini, pastinya kamu akan jadi lebih siap ketika menghadapinya, dong? Yang penting, ketika kamu wawancara, jadilah diri kamu sendiri dan jangan coba-coba memberikan informasi palsu demi mendapatkan beasiswa, ya.

 

Dan apakah saran dari teman saya ini bikin saya semangat mencari beasiswa? Belum juga, sih. Mungkin nanti, entar kapan. Doakan saja, ya! He-he-he…

 

Bagaimana dengan artikel hari ini, Kawan Tunaiku? Semoga bisa bermanfaat buat kamu dan jangan lupa, kamu juga bisa merasakan mudahnya melakukan pengajuan pinjaman di Tunaiku dengan klik di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett