Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasa

5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasa

5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasawatermark

TUNAIKU.COM – Di bulan yang suci ini, umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Di bulan yang suci ini, umat Muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah. Nah! Dengan adanya amalan-amalan khusus tersebut, otomatis jadwal keseharian kita pun ikut berubah.

Lalu bagaimana cara mengatur waktu di bulan puasa ini agar produktivitas kita tetap terjaga sekaligus dapat menjalankan ibadah dengan seksama? Simak tips berikut ini agar kamu tak menyesal nantinya.

  1. Bangun lebih pagi

Di bulan puasa seperti saat ini, tentu kamu harus bangun lebih pagi dari hari-hari biasa. Jika biasanya kamu bangun pukul lima atau bahkan pukul enam, di bulan Ramadhan ini paling tidak kamu harus bisa bangun maksimal pukul empat pagi! Jangan sampai lewat dari jam tersebut. Karena di Indonesia, jadwal imsak atau adzan subuh sekitar pukul setengah lima. Kamu nggak mau kan, tergesa-gesa ketika makan sahur? Selain itu, bangun lebih pagi juga bisa memberimu waktu untuk mempersiapkan pekerjaan untuk dibawa ke kantor.

  1. Lakukan olahraga ringan

Meski mata terasa berat dan lelah, usahakan agar kamu tidak kembali tidur setelah santap sahur. Pastikan agar kamu tetap terjaga sampai adzan subuh berkumandang. Langkahkan kakimu menuju masjid terdekat, dan lakukanlah shalat berjamaah. Setelahnya, jangan lupa untuk olahraga seperti senam ringan ataupun sekedar jalan-jalan agar perderan darahmu menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar akan membuatmu menjadi lebih segar. Otomatis kamu akan menjadi lebih semangat ketika berada di tempat kerja.

  1. Selesaikan pekerjaan tepat waktu

Ketika tiba di kantor, gunakan energimu untuk mengerjakan pekerjaan yang telah menunggu. Kamu sedang berpuasa, jadi mumpung masih pagi dan pikiran masih segar, bukankah lebih baik menggunakan energi untuk menghajar tumpukan pekerjaan? Gunakan waktumu di kantor semaksimal mungkin. Selesaikan pekerjaanmu tepat waktu dan jangan sampai kamu terlalu sering mengambil lembur atau jam malam. Lagipula, apakah kamu rela mengorbankan shalat tarawih yang hanya ada di bulan Ramadhan?

  1. Tidur lebih awal

Hindari tidur terlalu malam. Kamu nggak mau kan, telat bangun sahur gara-gara begadang nonton acara televisi? Tidur lebih awal memungkinkan kamu untuk bisa bangun lebih pagi, sehingga kamu bisa dengan leluasa menyiapkan makanan untuk sahur. Selain itu, tidur lebih awal juga memberikan waktu untuk badan serta pikiranmu supaya dapat beristirahat secara maksimal.

 

Nah! Itulah beberapa tips manajemen waktu di bulan puasa. Saran-saran diatas hanya gambaran besarnya saja. Kamu dapat memodifikasi sesuai dengan keperluanmu masing-masing. Semoga di bulan yang suci ini, kita dapat tetap produktif, sekaligus dapat meraih berkah Ramadhan.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett