Beranda > Karier Sukses > Ini 5 Tips Hemat Memilih Kos untukmu yang Baru Merantau di Jakarta!

Ini 5 Tips Hemat Memilih Kos untukmu yang Baru Merantau di Jakarta!

Ini 5 Tips Hemat Memilih Kos untukmu yang Baru Merantau di Jakarta!watermark

TUNAIKU.COM – Kos-kosan merupakan salah satu pilihan ideal untuk tempat tinggal para karyawan perantau di Jakarta. Meski banyak pilihan, memilih kos jelas nggak boleh sembarangan. Salah-salah, bukannya jadi tempat istirahat yang nyaman, kosmu justru bisa jadi sumber frustasi yang menguras kesabaran.

 

Nah, buatmu karyawan baru yang hendak mencari nafkah di Jakarta, ada baiknya simak dulu beberapa tips hemat memilih kos dari Tunaiku berikut ini.

 

1. Cari informasi lengkap tentang kos-kosan sejak jauh hari

Ketika diterima bekerja di Jakarta, ada baiknya kamu meminta tenggat waktu beberapa minggu untuk mempersiapkan diri. Dengan begitu, kamu punya kesempatan untuk mencari kos-kosan yang cocok sebagai tempat tinggal barumu nanti.

 

Yang jelas, jangan buru-buru dan asal memilih kos. Dapatkan informasi yang lengkap tentang kos yang akan kamu tempati, baik dari pemilik maupun sesama penghuni. Soalnya, kalau kamu terus-terusan merasa nggak cocok dan harus bolak-balik pindah kos, jadi nambah biaya lagi, ‘kan?

 

2. Pilih kos yang tarifnya maksimal 30 persen gajimu

Ada banyak pilihan kos-kosan di Jakarta, dari yang ekonomis sampai yang eksklusif. Yang manapun, pastikan kos-kosan yang akan kamu tempati tarifnya nggak lebih dari 30% gaji. Dengan begitu, kamu nggak begitu terbebani dan penghasilanmu masih bisa dialokasikan ke hal yang lain yang lebih bermanfaat.

 

3. Sesuaikan fasilitas kos dengan kebutuhan

Kos-kosan di Jakarta umumnya sudah termasuk perabot dan kamar mandi dalam, meski beberapa masih ada yang cuma kamar saja. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau kira-kira internet diperlukan buat menunjang pekerjaan dan aktivitas lainnya, nggak ada salahnya memilih kos yang sudah mencakup fasilitas ini.

 

Sebelum deal, pastikan semua fasilitas yang dijanjikan lengkap dan berjalan normal, terutama listrik, air, dan internet. Cek juga kekuatan sinyal ponsel biar kamu bisa tetap terhubung dengan dunia luar.

 

4. Pastikan keamanan kosmu terjaga

Poin yang satu ini juga nggak boleh diabaikan. Kalau kos-kosanmu nggak aman, kamu berisiko mengeluarkan uang lebih banyak untuk menambal kerugian yang mungkin dialami. Cari tahu apakah di kos tersebut, orang bebas keluar masuk? Adakah petugas keamanan yang berjaga? Cek juga lingkungan di sekitar situ rawan tindak kejahatan atau nggak.

 

5. Pertimbangkan kemudahan akses ke kantor, moda transportasi, dan tempat makan

Kemudahan akses dari kos ke kantor, moda transportasi, dan tempat makan juga perlu dipertimbangkan. Kos-kosan dekat kantor memang enak. Tapi, kalau harganya di luar budget—terutama yang kantornya di daerah pusat—nggak ada salahnya memilih kos di daerah pinggiran yang lebih murah, asalkan tetap mudah terjangkau moda transportasi seperti bus dan KRL.

 

Akses ke tempat makan juga penting. Saat lagi mager makan di tempat yang jauh, kamu bisa dengan mudah mengenyangkan perutmu di tempat makan sekitar kosan.

 

Nah, semoga tips di atas bermanfaat, Kawan Tunaiku! Punya tips hemat memilih kos lainnya? Bagiin aja deh di komentar!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett