Beranda > Karier Sukses > 9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerja

9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerja

9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerjawatermark

TUNAIKU.COM – Kawan Tunaiku, sudah tahu kan kalau setiap tanggal 2 Mei diperingari sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tapi, sebenarnya apa sih Hardiknas itu?

Tanggal 2 Mei adalah kelahiran dari Bapak Pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara. Tanggal tersebut diperingati untuk mengenang jasa beliau. Pada zaman penjajahan hanya orang kaya dan keturunan Belanda saja yang diperbolehkan mengenyam pendidikan. Karena perjuangan beliaulah, penduduk Indonesia akhirnya bisa sekolah, dari wajib belajar 9 tahun, 12 tahun, dan sebagian bisa kuliah.

Semangat Bapak Pendidikan tidak pernah padam. Kalau dulu sekolah sebatas SMA sudah cukup, sekarang sampai perguruan tinggi sudah jadi hal wajib. Selain banyaknya perguruan tinggi baik kedinasan, negeri, maupun swasta, saat ini banyak sekali program beasiswa yang memungkinkan anak atau keponakan kita bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Rugi banget jika kesempatan seperti ini disia-siakan! Pilihlah jurusan kuliah dengan perencanaan dan pertimbangan sematang mungkin. Salah satu pertimbangan adalah jenjang karir di dunia kerja nanti. Yuk, intip beberapa jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari perusahaan:

 

1. Teknik Sipil

Dewasa ini perkembangan dunia kontruksi dan properti meningkat. Perkembangan ini sangat membutuhkan sosok yang ahli yaitu mereka yang berasal dari jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur. Lulusan jurusan ini pun bisa bekerja di perusahaan non kontruksi. Keahlian dalam perhitungan membuat mereka diminati oleh bank, dll.  

 

2. Sastra Inggris

Jurusan ini memang terkesan sepi peminat karena pikiran orang kebanyakan adalah apa yang dipelajari nggak jauh-jauh dari yang kita pelajari di tempat les Bahasa Inggris. Tapi jangan salah! Justru di dunia kerja nanti lulusannya banyak dicari karena pasti memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik. Dengan keahlian tersebut mereka bisa bekerja sebagai apa saja, termasuk sebagai peneliti, jurnalis, penerjemah, pengajar, dan editor, dan bekerja di perusahaan penerbitan.

 

3. Psikologi

Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan untuk mengurusi recruitment, pemeliharaan, pengembangan, dan segala hal tentang sumber daya manusia. Lulusan jurusan inilah yang biasanya dicari. Kalaupun tidak berminat bekerja di perusahaan, mereka bisa bekerja di LSM, rumah sakit, bahkan menjadi psikolog dan peneliti.  

 

Artikel terkait: Memilih jurusan kuliah

  1. 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tertinggi
  2. Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!
  3. Buat Nambah Ilmu, Kamu Bisa Ikutan Berbagai Kuliah Online Gratis Ini, Lho!

 

4. Komputer

Jurusan Komputer atau Teknik Komputer tergolong sering dicari. Pasalnya saat ini teknologi semakin canggih. Selain itu, setiap perusahaan pasti membutuhkan tim di bagian IT.

 

5. Pariwisata

Dunia pariwisata memang tidak pernah sepi, justru selalu meningkat. Maka tidak heran lulusannya pun ikut kebanjiran rezeki. Mereka bisa bekerja di perhotelan, tour manager, guide, pelayaran, bahkan bisa membuka usaha seperti tour and travel.  

 

6. Perawat

Sudah jelas bahwa lulusan perawat atau jurusan di bidang kesehatan lainnya seperti dokter dan bidan akan bekerja di puskesmas dan rumah sakit. Adapun setiap daerah banyak berdiri rumah sakit dari mulai pemerintah, daerah, dan swasta. Tidak heran bahwa lulusan kesehatan banyak dicari. Selain itu, mereka juga bisa membuka praktik sendiri.

 

7. Komunikasi

Jurusan ini termasuk paling banyak diminati. Pasalnya mereka bisa belajar banyak, tentang cara berkomunikasi yang baik, marketing, jurnalis, sampai dunia perfilman. Tidak heran banyak perusahaan mencari jurusan ini untuk posisi Marketing dan Humas. Mereka juga bisa bekerja di industri media baik itu cetak maupun televisi.

 

8. Akuntansi atau Ekonomi

Setiap perusahaan pasti berurusan dengan pajak dan laporan keuangan. Mereka juga membutuhkan perencana bisnis yang baik. Tidak heran kalau lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis tidak pernah sepi dari kriteria perusahaan.

 

Artikel terkait: Kuliah dengan beasiswa

  1. Buat yang Berencana Kuliah S2, Perhatikan 7 Beasiswa yang Bisa Kamu Kejar di Tahun 2017 Ini!
  2. Ingin Dapat Beasiswa LPDP? Simak Kisah dan Tips dari Penerima Beasiswa LPDP Ini
  3. Mahasiswa Jakarta, Wujudkan Mimpi Lanjutkan Kuliah dengan KJMU!

 

9. Hukum

Setiap perusahaan entah itu pertambangan, migas, perbankan, pasti membutuhkan bagian legal. Di sinilah lulusan Hukum bekerja. Jika di luar perusahaan, mereka bisa menjadi jaksa maupun pengacara.

Selain sembilan jurusan di atas, tentu masih banyak jurusan lain yang diminati perusahaan. Jika jurusan yang diambil keponakan atau anakmu kebetulan sepi peminat, tak usah berkecil hati! Seringkali perusahaan membuka lowongan kerja untuk semua jurusan. Jadi apapun jurusan yang dipilih nanti, tenang aja! Ladang rezeki akan terbuka lebar buat yang gigih dalam berusaha!

 

Eits… Jangan kelewatan juga informasi pinjaman cepat mudah dari Tunaiku. Tunaiku adalah solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu.

Pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Yuk, langsung ajukan dan isi formulir berikut ini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett