Beranda > Karier Sukses > 7 Tips Sukses Kerja meski Profesimu Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah

7 Tips Sukses Kerja meski Profesimu Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
7 Tips Sukses Kerja meski Profesimu Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliahwatermark

TUNAIKU.COM – Faktanya, nggak semua orang berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliahnya. Setidaknya, sebagian teman-teman kuliah saya pun mengalaminya.

 

Memang, jurusan kuliah nggak selalu menentukan profesimu di masa yang akan datang. Namun pada dasarnya, sah-sah saja kok, bekerja di ranah yang bertentangan dengan jurusan kuliahmu. Apa lagi, banyak orang yang merasa dirinya salah jurusan sehingga akhirnya memutuskan untuk bekerja di bidang profesi yang lebih sesuai dengan minatnya.

 

Lantas apakah kemungkinan suksesnya tetap besar? Tentu saja! Nih, saya sudah merangkum 7 tips sukses kerja yang bisa kamu terapkan sekalipun profesi yang kamu pilih bertentangan dengan jurusan kuliahmu. Yuk, disimak!

 

Artikel terkait: Mahasiswa Perlu Baca

  1. 11 Informasi Penting untuk Mahasiswa yang Ingin Berinvestasi Emas
  2. 7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate
  3. Lulus D3, Lebih Baik Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja?

 

1. Cari tahu keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan

Sebelum memutuskan untuk bekerja lintas jurusan, coba deh, mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan di bidang yang kamu tuju. Caranya beragam; misalnya, kamu bisa memanfaatkan platform pencarian Google atau bertanya ke teman-temanmu yang sudah bekerja di bidang serupa.

 

2. Manfaatkan waktu sebanyak-banyaknya untuk belajar

Agar nggak ketinggalan jauh dari rekan-rekanmu, pastikan kamu meluangkan waktu sebanyak-banyaknya untuk mempelajari bidang kerjamu. Kalau perlu, ambil kursus singkat untuk memahami berbagai informasi dasar terkait profesimu.

 

3. Anggap saja kamu sedang menerima tantangan baru

Bekerja lintas bidang artinya kamu memutuskan untuk keluar dari zona aman. Misalnya, kamu kuliah di jurusan ekonomi tapi memutuskan untuk bekerja di media setelah lulus kuliah. Supaya perjalanan kariermu lancar, mau nggak mau kamu harus belajar lagi dari awal, kan? Meski nggak gampang, bukan berarti bisa dijadikan alasan untuk mundur. Alih-alih, manfaatkan tantangan tersebut sebagai kesempatan untuk mengembangkan potensi dirimu yang lain.

 

4. Manfaatkan peluang untuk menambah koneksi

Dengan bekerja di dunia yang benar-benar baru, kamu bukan hanya sedang menambah skill, lho. Faktanya, koneksimu pun pasti akan bertambah. Siapa tahu, jalan kesuksesan kariermu justru dimulai dari mereka, bukan?

 

5. Tingkatkan soft skill

Selain latar belakang pendidikan dan pengalaman, biasanya perusahaan juga akan mempertimbangkan soft skill pelamar kerja. Misalnya, perusahaan juga akan melihat kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi, kemahiran berbahasa, serta gaya kepemimpinan pelamarnya.

 

Artikel Terkait: Perlu Referensi Lainnya agar Sukses?

  1. 10 Cara Tambah Sukses Saat Memasuki Usia 30
  2. Ini Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Bagi Anak Rantau
  3. 6 Kegiatan Orang Sukses Setiap Hari Minggu, Yuk Ditiru!

 

6. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan passion

Dalam banyak kasus, keinginan orang tua berpengaruh paling besar dalam proses pemilihan jurusan kuliah. Alih-alih mengejar passion, sebagian mahasiswa justru terpaksa menuruti kemauan orang tua dan terjebak di jurusan yang nggak mereka minati.

 

Kamu pun mengalami kondisi yang sama? Nggak usah panik, toh kamu tetap bisa mengeksplorasi minatmu melalui kursus. Hitung-hitung sedang menggandakan potensi diri, kan? Nah, kalau profesi yang kamu pilih berbeda dengan jurusan kuliahmu, setidaknya pilih profesi yang sesuai dengan minatmu agar lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani.

 

7. Manfaatkan ilmu saat kuliah untuk mencari pekerjaan sampingan

Merasa rugi? Jangan! Toh ilmu yang kamu dapatkan saat kuliah tetap bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan sampingan. Alih-alih menguap begitu saja, pengetahuan dan pengalamanmu semasa kuliah justru bisa dimanfaatkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan.

 

ajukan pinjaman

 

 

 

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett