Beranda > Finansial > Lakukan 5 Hal Ini Jika Tertarik Bangun Bisnis Bareng Teman

Lakukan 5 Hal Ini Jika Tertarik Bangun Bisnis Bareng Teman

PAULUS RISANGPaulus Risang
Lakukan 5 Hal Ini Jika Tertarik Bangun Bisnis Bareng Temanwatermark

TUNAIKU.COM – Jika saya ditanya siapa orang yang ingin saya ajak berbisnis, saya pasti akan menunjuk seseorang yang saya kenal dekat. Dalam benak saya, bikin bisnis bareng teman dan bisa sukses bareng adalah profesi yang menantang sekaligus menyenangkan. Kalau ada sahabat di saya, rasanya dunia wirausaha jadi nggak begitu menakutkan.

 

Tapi, saya juga menyadari bahwa hubungan pertemanan dan rekan bisnis adalah dua hal yang berbeda. Apalagi, kamu akan melibatkan sejumlah uang di sana. Berapa banyak sih pertemanan yang berakhir runyam gara-gara uang?

 

Nah, agar kamu sukses melakoni bisnis bareng temanmu, inilah beberapa hal yang patut diperhatikan.

 

Artikel terkait: Berbagai manfaat KTA Tunaiku.

  1. Pendiri ‘Di Bawah Pohon’: 4 Tips Merintis Bisnis Barbershop di Indon…
  2. 4 Tips Memulai Usaha Online Sebagai Bisnis Sampingan
  3. Bagi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Mulai Bisnis Online Shop, Pahami 5 Hal Ini Dulu…

1. Pahami karakter dan kemampuan teman sebagai rekan bisnis

Meski seru diajak main, temanmu belum tentu cocok untuk dijadikan rekan berwirausaha. Makanya, mengetahui karakter dan kemampuan temanmu dalam berbisnis itu menjadi tahap yang sangat penting. Ibarat pernikahan, membangun usaha butuh kerja sama yang kompak. Jadi, karakter kalian harus cocok satu sama lain.

 

Selain itu, kemampuan kalian juga perlu saling mengisi. Misalnya, yang satu jago mengonsep, sementara yang lain pandai memasarkan. Dengan demikian, kalian bisa membagi peran dan tanggung jawab sesuai keahlian masing-masing.

 

2. Memiliki visi dan misi yang sama

Visi dan misi adalah kiblat dari usaha yang kalian jalankan. Jadi, kamu dan temanmu perlu menyelaraskan visi dan misi agar kalian tetap di jalur yang sama dan nggak bercabang di tengah jalan. Ketika merencanakan bisnis, pastikan hal ini nggak kamu lewatkan!

 

3. Menentukan pembagian tugas dan peranan masing-masing dalam bisnis

Biar tugas kalian nggak saling tumpang tindih, kamu dan temanmu perlu mendiskusikan posisi atau jabatan kalian dalam usaha tersebut. Ketika ini sudah ditentukan, maka kalian akan bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing.

 

Kalau kinerja temanmu kurang memuaskan, kamu berhak komplain. Begitu juga sebaliknya. Makanya, sebaiknya kalian mengisi posisi sesuai kapasitas masing-masing agar kalian bisa bekerja secara optimal.

 

5. Membuat perjanjian tertulis

Uang adalah hal yang sensitif. Nggak sedikit usaha yang menjadi sengketa karena uang. Untuk menghindari hal ini, kamu dan temanmu harus membuat perjanjian tertulis yang isinya sudah disepakati bersama. Kesepakatan itu bisa berupa pembagian peran dan keuntungan, kepemilikan aset, serta kesepakatan jika terjadi hal-hal di luar dugaan.

 

Perlu modal usaha?Manfaatkan KTA Tunaiku saja!

Kalau kamu butuh modal untuk memulai usaha, nggak ada salahnya untuk memanfaatkan kredit tanpa agunan dari Tunaiku. Apalagi, sekarang KTA Tunaiku nggak hanya dapat diajukan oleh karyawan, pelaku UMKM pun bisa melakukan pengajuan. Dengan jumlah pinjaman antara Rp2-20 juta, usaha yang kamu rintis bisa lebih cepat diwujudkan.

 

Syarat dan prosesnya sama saja dengan pengajuan bagi karyawan, kok. Kamu cukup mengisi lengkap formulir yang tersedia secara onilne di website Tunaiku. Untuk kolom gaji, isikan dengan rata-rata penghasilan atau keuntunganmu setiap bulannya.

 

Artikel terkait: Manfaatkan pinjaman untuk modal usaha!

  1. KTA Tunaiku Sukses Bantu Nasabah Ini Membuka Bisnis Clothing Line!
  2. Nggak Perlu Ragu Lagi Ajukan Pinjaman Tunaiku. Sudah Terdaftar di OJK, Lho!
  3. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah

 

Itu dia beberapa tips berbisnis bareng teman yang layak kamu terapkan. Mudah-mudahan, usaha kalian bisa segera terwujud!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

4

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett