Pernikahan outdoor belakangan ini jadi konsep resepsi pernikahan yang diidamkan pasangan-pasangan muda di kota-kota besar.

 

Selain secara visual sangat menarik untuk konten di media sosial, pernikahan konsep luar ini memberikan kesan intim karena interaksi antara pengantin dan tamu menjadi lebih dekat dan hangat.

 

Di samping itu, pernikahan relatif tidak memerlukan terlalu banyak dekorasi tambahan seperti pernikahan di dalam ruangan, sehingga bisa menekan anggaran resepsi pernikahan.

 

Alih-alih menggunakan dekorasi secara berlebihan, pernikahan dengan konsep ini lebih mengandalkan atmosfer ruang terbuka dan pemandangan alam sebagai “hiasan” dan “ornamen” di sepanjang berjalannya resepsi.

 

Namun asal kamu tahu, perencanaan sebuah pernikahan outdoor memerlukan komitmen karena konsep pernikahan ini berpotensi menimbulkan banyak biaya tak terduga.

 

Berbagai aspek, mulai dari pemilihan vendor, katering, dekorasi, kemungkinan perubahan cuaca, hingga potensi gangguan nyamuk atau serangga, harus kamu persiapkan secara detail.

 

Kalau sampai ada satu saja aspek yang terlewatkan, kelancaran jalannya resepsi pernikahan dengan konsep luar ruangan bisa terganggu.

 

Jika kamu memang punya rencana untuk melangsungkan pernikahan berkonsep luar ruangan, maka berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan aplikasikan agar pernikahanmu bisa berlangsung khidmat dan lancar.

 

Kamu ingin mengadakan pernikahan dengan konsep outdoor tapi bingung hitung dana persiapannya? Kamu bisa coba Kalkulator Finansial dari Swara untuk bantu kamu hitung secara akurat apa saja persiapan dan biaya yang harus kamu persiapkan. Coba Kalkulator Finansial di sini.

 

Hal Penting dalam Pernikahan Outdoor

 

Predikat Raja dan Ratu semalam memang kerap disematkan untuk para pengantin dalam setiap resepsi pernikahan.

 

Kendati begitu, harus diakui bila prioritas utama dari resepsi pernikahan adalah kenyamanan para tamu undangan. Pernikahan terbaik adalah pernikahan yang mampu memberikan pengalaman tak terlupakan untuk para tamu undangan.

 

Nah, usaha yang perlu dikeluarkan untuk membuat tamu nyaman pada pernikahan outdoor tentu akan lebih banyak ketimbang usaha yang dikeluarkan untuk pernikahan di dalam ruangan.

 

Dilansir dari brides.com, berikut hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam perencanaan pernikahan outdoor.

 

  • Pilih venue, waktu, dan dekorasi  pernikahan yang sesuai

 

Dalam mengadakan sebuah pernikahan luar ruangan, tempat atau venue serta waktu berlangsungnya resepsi pernikahan menjadi sangat penting.

 

Memilih waktu di atas jam 11.00 untuk pernikahan luar ruangan tentu tidak saya anjurkan mengingat di saat tersebut pancaran sinar matahari sedang terik-teriknya.

 

Waktu terbaik untuk melangsungkan resepsi pernikahan berkonsep luar ruangan adalah di waktu senja menuju malam hari.

 

Persoalannya, di kala hari sudah mulai gelap adalah waktu yang tepat bagi nyamuk dan serangga keluar sarang untuk mencari makan. Untuk itu pastikan juga agar venue yang kamu pilih jauh dari kali atau perkebunan.

 

Kalau kamu ingin menjamin kenyamanan keluarga dan tamu undangan di pernikahanmu, kamu bisa memilih resort maupun hotel yang memang menyediakan venue outdoor untuk pernikahan.

 

Tempat resepsi di kota besar yang bagus dengan harga yang terjangkau akan menjadi favorit untuk para calon pengantin. Karena itu biasanya kamu harus masuk daftar tunggu terlebih dahulu.

 

Kalau kamu makin lama mengambil keputusan venue mana yang akan kamu pilih, bisa-bisa pilihanmu makin terbatas.

 

  • Cari vendor berpengalaman

 

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, pernikahan berkonsep luar ruangan perlu melengkapi detail-detail penting yang tidak ada di pernikahan indoor.

 

Untuk itu, memilih vendor yang punya portofolio bagus dalam mengerjakan aspek-aspek penting dalam pernikahan berkonsep outdoor, seperti dekorasi, audio, hingga katering, sangatlah penting.

 

Hal yang perlu kamu camkan adalah mewujudkan dekorasi pernikahan outdoor bukanlah hal mudah karena tidak semua vendor dekorasi pernikahan bisa mengemas konsep ini dengan baik.

 

Dibutuhkan keahlian khusus yang harus dimiliki vendor, karena vendor dekorasi pernikahan luar ruangan harus punya kemampuan dan kepekaan untuk memanfaatkan komponen-komponen di sekitar ke dalam tema dekorasi.

 

Aspek lain yang tidak kalah pentingnya dengan dekorasi adalah soal sistem tata suara. Resepsi pernikahan luar ruangan tentunya memerlukan sound system dengan daya yang besar.

 

Dengan adanya gangguan seperti suara angin atau lainnya membuat keahlian vendor sound system sangat diperlukan untuk pernikahan outdoor.

 

  • Sesuaikan menu katering

 

Salah satu bagian terpenting dari sebuah resepsi pernikahan adalah mencicipi menu makanan yang disajikan. Vibes menyenangkan yang sudah dibangun dalam pernikahan outdoor harus disempurnakan dengan hidangan yang memanjakan lidah.

 

Berbeda dengan pernikahan di dalam ruangan, pernikahan outdoor umumnya memberikan ruang dan waktu yang luas bagi para tamu untuk mingle atau berbincang.

 

Menyajikan beverage dan cemilan segar seperti jus, mocktail, softdrink, mini burger, maupun yakitori untuk menemani tamu yang sedang berbaur satu sama lain.

 

 

Untuk makanan utama, untuk dinner ataupun makan siang, sesuai waktu pernikahan. Menu paling cocok untuk disajikan dalam pernikahan outdoor adalah menu makanan panggangan yang disajikan secara buffet.

 

Menu-menu barbeque yang kamu sajikan bisa dilengkapi dengan french fries, sushi bar, fish and chips, dan salad untuk semakin memuaskan indera pengecap para tamu undangan.

 

  • Siapkan akses untuk fasilitas penunjang

 

Kalian perlu ingat, sejumlah tamu yang menghadiri pernikahan outdoor juga membutuhkan akses menuju toilet. Untuk itu, pastikan terdapat akses yang menghubungkan venue pernikahan dengan toilet.

 

Jika kondisi taman atau pantai yang kamu pilih sebagai venue pernikahan cukup jauh dari bangunan lainnya, tidak ada salahnya untuk menggunakan toilet portable sebagai alternatif.

 

Selain toilet, fasilitas penunjang lain yang perlu kamu persiapkan untuk pernikahan outdoor adalah tempat beristirahat dan nursing room untuk bayi.

 

Karena sangat mungkin keluarga muda yang menjadi tamu undangan pernikahan mengajak anak mereka yang masih bayi.

 

  • Pastikan para tamu menggunakan pakaian sesuai

 

Persoalan pakaian atau dress code tamu undangan biasanya kerap luput dari persiapan kita. Padahal untuk pernikahan outdoor, penyesuaian dress code bukan hanya untuk sesuatu yang fun, melainkan juga untuk memastikan kenyamanan para tamu.

 

Jika venue pernikahan outdoor pilihanmu adalah taman dengan rerumputan atau panta, pastinya tamu akan kesulitan bergerak jika menggunakan sepatu hak tinggi atau pantofel.

 

Begitu juga dengan pakaian. Rasanya, menggunakan kemeja dan jas di pantai tropis akan membuat tamu kegerahan dan tidak nyaman.

 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memberi spoiler di dalam medium undangan pernikahan mengenai dress code apa yang perlu digunakan para tamu saat menghadiri pernikahan outdoor.

 

Cara Menyiapkan Dana Untuk Pernikahan Outdoor

 

Mengadakan pesta pernikahan outdoor secara umum membutuhkan dana yang lebih besar ketimbang pesta pernikahan indoor. Pasalnya, pernikahan outdoor membutuhkan kualitas ekstra dari berbagai aspek yang sudah saya jelaskan di atas.

 

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Kompas.id dengan vendor dekorasi pernikahan, biaya dekorasi saja, biayanya bisa mencapai Rp150 juta hingga Rp500 juta. Jauh lebih besar dari harga dekorasi pernikahan indoor yang ada di kisaran Rp50 juta – Rp125 juta.

 

Baca juga:

Rincian Biaya Nikah Sederhana di Bawah Rp30 Juta

10 Ide Seserahan Pernikahan Simpel dan Mudah Ditemukan

 

 

Untuk itu, kamu memerlukan strategi pengumpulan dana yang tepat untuk bisa mengadakan resepsi pernikahan outdoor sesuai impianmu.

 

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan? Berikut adalah hal-hal bisa kamu tempuh untuk mengumpulkan tabungan pernikahan outdoor secara efektif.

 

  • Ganti anggaran pacaran dengan tabungan pernikahan

 

Taruhlah setiap pekannya kamu menganggarkan uang sebesar Rp200.000 – Rp500.000 untuk pacaran dengan pasangan.

 

Jika dikumpulkan, anggaran yang mencapai Rp800.000 – Rp2.000.000 per bulan ini akan sangat membantu untuk mengumpulkan dana pernikahan outdoor.

 

Ganti rutinitas pacaran dari nonton bioskop dan makan di restoran menjadi nonton netflix dan masak bersama di rumah sehingga kamu bisa lebih banyak mengumpulkan dana pernikahan.

 

  • Kedua pasangan sebaiknya sama-sama mencari penghasilan tambahan

 

Tidak ada salahnya kalau beban untuk mengumpulkan biaya pernikahan outdoor impian dibagi antara kedua belah pihak. Kedua calon pengantin harus punya kontribusi sesuai kadarnya masing-masing.

 

Untuk mempercepat pengumpulan dana selain penghasilan rutin yang sudah kalian punya, kalian juga perlu mencari sumber penghasilan tambahan. Banyak sekali peluang pekerjaan freelance yang bisa kalian garap di samping pekerjaan utama. 

 

  • Kumpulkan tabungan pernikahan di deposito Senyumku

 

Agar pertumbuhan dana tabungan pernikahan outdoor yang kamu kumpulkan bisa efektif dan berkelanjutan, saya menyarankan kamu menggunakan instrumen deposito untuk menyimpan dana.

 

Saya pribadi menyarankan kamu menggunakan produk deposito Senyumku yang dikeluarkan oleh Amar Bank, mengingat produk investasi ini rendah risiko dan memiliki tingkat imbal hasil lebih tinggi dari tabungan biasa.

 

Bunga deposito Senyumku bisa mencapai 9 persen per tahun dengan periode deposito mulai 1 bulan hingga 36 bulan. Hingga saat tulisan ini dibuat, total dana yang dikelola oleh deposito Senyumku telah mencapai Rp2,24 triliun.

 

Baca juga: 9 Ide Kado Pernikahan yang Bisa Kamu Hadiahkan untuk Sahabat Dekat

 

Semoga panduan yang kami berikan dapat membantumu dalam merencanakan hingga merealisasi pernikahan outdoor yang kamu dan pasanganmu idam-idamkan.

 

Yakinilah bahwa seterjal apapun jalan yang harus kamu lalui untuk mencapai sebuah tujuan, kamu akan mencapai tujuan tersebut jika kamu jalani dengan serius dan bersungguh-sungguh. Selamat menabung!