Ada dua tipikal orang yang merayakan pernikahannya yang sakral. Ada yang memilih untuk merayakan dengan mewah dengan biaya yang fantastis dan adapula merayakan secara sederhana dengan biaya nikah yang sederhana pula.

 

Nah, bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pernikahan yang sederhana, berikut kami berikan tipsnya.

 

Ohiya, bagi kamu yang merencanakan pernikahan, jangan lupa untuk menghitung apa saja yang perlu kamu persiapkan melalui Kalkulator Finansial dari Swara Tunaiku. Di sana kamu bisa menghitung kebutuhan pernikahanmu dengan lengkap. Lakukan di sini.

 

Tips cara menikah yang sederhana 

 

 

Sebenarnya tidak ada biaya nikah yang ideal untuk mendeskripsikan bahwa acara tersebut dijalankan dengan cara yang sederhana. Namun, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menekan biaya pernikahan adalah sebagai berikut:

 

1. Adakan resepsi di rumah

 

Di beberapa kota besar, harga sewa gedung dimulai dari Rp3 juta hingga Rp100 juta menyesuaikan lokasi dan kapasitas tamu. Sehingga, mengadakan acara resepsi di rumah bisa sangat membantu menekan biaya karena tempat pernikahan diadakan di area tempat tinggal. 

 

2. Manfaatkan teman dekat atau saudara sebagai WO

 

Jika kamu memiliki saudara atau teman yang memiliki bisnis wedding organizer, maka gunakanlah koneksi tersebut untuk bisa merealisasikan acara pernikahan sederhana dengan biaya yang murah. 

 

Memilih menggunakan jasa wedding organizer bisa jadi menekan biaya dan juga energi untuk melakukan komparasi biaya catering, dekorasi, sewa gedung, makeup dan lain-lain. 

 

3. Lakukan dengan dekor yang sederhana

 

Memilih dekorasi sederhana untuk acara pernikahan juga menjadi tips mendapatkan biaya nikah sederhana disesuaikan dengan tema dan dan tempatnya.

 

Ide dekorasi yang tidak terlalu merogoh kocek banyak adalah dekorasi bunga di beberapa sudut panggung pengantin, satu foto pre-wedding besar di sisi panggung pengantin. 

 

4. Hanya mengundang teman dan keluarga terdekat

 

Demi menekan biaya pernikahan, pertimbangkanlah untuk hanya mengundang teman atau keluarga terdekat dan bukan sekedar kenalan yang datang ke acara pernikahan. 

 

Meskipun akan terlihat ramai, acara pernikahan dengan tamu undangan yang cukup banyak akan mengeluarkan cukup banyak biaya bukan hanya catering makanan tetapi juga dekorasi meja dan tempat duduk. 

 

Baca juga: 10 Ide Seserahan Pernikahan Simpel dan Mudah Ditemukan

 

Perkiraan biaya nikah sederhana di bawah Rp30 juta

 

 

Bagaimana mengatur pengeluaran untuk biaya nikah sederhana setidaknya dengan budget Rp30 juta? Berikut perkiraannya:

 

1. Mahar atau maskawin

 

Dalam syariat Islam, beberapa jenis mahar atau maskawin yang disarankan adalah dirham perak, dinar emas, seperangkat alat salat hingga yang tunai. Menyesuaikan dengan biaya pernikahan sederhana, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli mahar dalam bentuk uang kertas unik yang dibuatkan figura dengan harga berkisar Rp450 ribu. 

 

2. Cincin nikah

 

Cincin nikah juga termasuk pengeluaran terbesar dalam acara pernikahan karena menyesuaikan dengan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Untuk menekan biaya nikah di bawah Rp30 juta, kamu bisa memilih cincin nikah emas asli dengan kadar 24 karat berkisar rata-rata Rp2,2 juta. 

 

3. Hantaran

 

Menyesuaikan dengan syariat Islam, kamu bisa mempertimbangkan untuk memberikan hantaran berupa Al-quran berikut dengan alat salat dengan kisaran harga Rp500 ribu. 

 

4. Katering

 

Katering pernikahan umumnya adalah pengeluaran terbesar dalam acara pernikahan. Dengan rata-rata harga nasi kotak per pax sekitar Rp30.000 dengan menu lauk yang sederhana, tamu undangan sekitar 500 orang bisa menghabiskan biaya sekitar Rp15 juta. 

 

5. Dekor

 

Paket dekorasi pernikahan bisa menggunakan jasa vendor dengan tema sederhana meliputi backdrop, aisle panggung, kursi, photo gallery hingga bunga yang bisa ditekan hingga Rp3,5 juta saja.

 

6. Rias dan baju pengantin 

 

Baju hingga riasan pengantin juga termasuk pengeluaran terbesar dalam acara pernikahan. Idealnya, pos ini hanya merogoh kocek hingga Rp6,5 juta untuk mewujudkan acara pernikahan dengan biaya Rp30 juta. 

 

7. Dokumentasi

 

Biaya nikah sederhana juga bisa ditekan dengan menggunakan jasa dokumentasi murah mulai dari teman terdekat hingga vendor dengan kisaran harga rata-rata hanya Rp800 ribu. 

 

8. Undangan dan souvenir

 

Menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi, pertimbangkanlah untuk mengirimkan undangan online yang biayanya jauh lebih murah dengan sebagian kecil undangan fisik dengan kisaran pengeluaran sekitar Rp400.000. 

 

Sementara itu, kamu bisa bisa mengalokasikan uang untuk souvenir pernikahan sederhana seperti gantungan kunci, tempelan kulkas atau alat makan sederhana dengan pengeluaran sekitar Rp600.000.

 

Baca juga: 9 Ide Kado Pernikahan yang Bisa Kamu Hadiahkan untuk Sahabat Dekat

 

Cara mempersiapkan dana untuk menikah

 

 

Salah satu cara mempersiapkan dana untuk biaya nikah sederhana dengan budget Rp30 juta adalah dengan mendaftarkan diri pada produk deposito besutan Amar Bank yakni Senyumku. 

 

Deposito Senyumku adalah investasi rendah risiko yang memberikan keuntungan yang lebih banyak dari tabungan biasa yakni:

 

  • Bunga simpanan hingga 9 persen per tahun
  • Periode simpanan mulai dari 1 hingga 36 bulan
  • Minimal deposito mulai dari Rp100 ribu

 

Deposito Senyumku juga memberikan jaminan keamanan yakni penarikan hanya bisa dilakukan atas nama pemilik rekening deposito dan prosesnya yang terbilang cepat dan mudah karena dilakukan seluruhnya secara online. 

 

Nah, pada akhirnya, inti dari pernikahan itu sendiri adalah janji sakral dan komitmen yang dipegang oleh masing-masing pasangan. Jadi, tidak peduli berapa banyak biaya pernikahan yang dikeluarkan, hal yang penting berikutnya adalah memastikan mahligai rumah tangga tetap berjalan beriringan seperti acara selesai.