Apakah kamu mencari contoh seserahan pernikahan yang simpel? Ya, seserahan dalam prosesi lamaran adalah pemberian simbolik yang bisa jadi berbeda maknanya dalam berbagai adat budaya kedaerahan. Seserahan juga bisa jadi memiliki bentuk dan besaran yang berbeda tergantung dari kesanggupan calon mempelai.

 

Seserahan pernikahan simpel menjadi salah satu pertimbangan calon pengantin agar biaya pernikahan secara keseluruhan tidak membengkak.

 

Apakah kamu akan menikah dalam waktu dekat? Yuk, hitung dulu biaya pernikahanmu melalui Kalkulator Finansial dari Swara Tunaiku. Kamu bisa menghitung berapa saja biaya yang harus kamu persipkan menjelang pernikahan nanti. Cek di sini.

 

Apa itu seserahan nikah?

 

Berdasarkan sumber dari sebagian besar tata cara pernikahan adat secara tradisional, seserahan dalam prosesi awal pernikahan merupakan simbol kesanggupan calon pengantin pria untuk mencukupi kehidupan calon pengantin wanita yang akan dipinangnya. 

 

Di sisi lain, seserahan juga diartikan sebagai tali pengikat hubungan antara dua pihak keluarga calon mempelai. 

 

Dalam adat Jawa, seserahan diberikan secara simbolis saat malam sebelum akad atau saat acara midodareni. Namun, beberapa juga menyerahkan seserahan saat acara pernikahan berlangsung. 

 

Dahulu, seserahan yang diberikan calon pengantin pria seringkali berbentuk uang, makanan, bahan mentah, produk kosmetik dan perawatan tubuh, perhiasaan hingga peralatan dapur. 

 

Fungsi dari seserahan

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi seserahan sebenarnya hanya pemberian simbolik dari calon pengantin pria bahwa ia akan memberikan jaminan kehidupan pernikahan dengan mencukupi kebutuhan sandang, pangan dan papan pada calon pengantin wanita.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, pemilihan bentuk seserahan bisa didiskusikan dahulu dengan pihak mempelai wanita. Calon pengantin wanita pun bisa memilihkan langsung benda yang ingin dibutuhkannya menjelang dan saat pernikahan yang akan dibawa oleh calon pengantin pria dalam bentuk seserahan.

 

Jadi, seserahan pernikahan simpel sebenarnya bisa diwujudkan karena hantaran yang diberikan calon pengantin pria harusnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan calon mempelai wanita.

 

Contoh seserahan pernikahan yang simpel

 

Seserahan pernikahan simpel seperti apa yang bisa dibawa calon pengantin pria? Berikut contoh seserahan pernikahan simpel yang bisa menjadi pertimbangan.

 

1. Perhiasan

 

 

Perhiasaan adalah salah satu seserahan pernikahan simpel yang umum diberikan oleh calon pengantin pria dan atau diminta oleh calon pengantin wanita.

 

Perhiasaan ini bisa berupa anting, kalung, gelang dan atau cincin yang kemudian akan dipakai calon pengantin wanita pada prosesi pernikahan.

 

2. Sepatu

 

Sepatu juga salah satu aksesoris yang dijadikan seserahan pernikahan simpel oleh calon pengantin pria. Pemberian sepatu dimaksudkan agar calon pengantin wanita tampil cantik saat acara pernikahannya nanti. 

 

Di sisi lain, sepatu juga memiliki makna khusus yakni agar pasangan selalu memahami dan sehati dalam menghadapi bahtera rumah tangga. 

 

3. Parfum

 

Parfum juga termasuk barang seserahan pernikahan simpel yang seringkali diberikan untuk calon pengantin wanita untuk mendukung kepercayaan dirinya tepat saat acara prosesi pernikahan berlangsung. 

 

Selain penampilan, wewangian tertentu juga bisa menjadi kenangan spesial terkhususnya di hari pernikahan sehingga disarankan untuk menemukan parfum yang tepat untuk mencegah bau keringat mengganggu nuansa kebahagiaan calon pengantin.

 

4. Peralatan mandi atau bodycare

 

 

Calon pengantin wanita kebanyakan mendambakan penampilan yang prima saat acara pernikahannya nanti sehingga kebutuhan untuk memanjakan diri dengan paket produk perawatan tubuh seperti peralatan mandi atau body care bisa jadi seserahan pernikahan yang simpel.

 

5. Baju

 

Baju terkhususnya setelah pengantin wanita bisa jadi seserahan pernikahan simpel yang diberikan dari pihak mempelai pria. 

 

Jika mengikuti adat pernikahan daerah jawa, baju yang diberikan sebagai seserahan adalah kebaya lengkap dengan kain jarik sebagai bawahannya. 

 

Selain kebaya dan setelan pengantin, gamis atau gaun juga bisa termasuk baju yang bisa diberikan saat prosesi seserahan saat lamaran. 

 

Makna yang tersirat dari pemilihan baju sebagai barang seserahan adalah agar rahasia rumah tangga bisa tersimpan dengan baik. 

 

6. Tas

 

Aksesoris seperti tas juga bisa merupakan penunjang penampilan mempelai wanita yang bisa dijadikan barang seserahan. Tas biasanya diberikan bersamaan dengan sepatu dalam sebuah bungkusan dari mempelai pria.

 

Tas memiliki makna yang penting yang berarti kalau mempelai pria tidak hanya sanggup memenuhi kebutuhan dasar mempelai wanita tetapi juga kebutuhan sekundernya seperti aksesoris yang mendukung penampilannya.

 

7. Peralatan ibadah 

 

Bagi umat muslim, seserahan dalam bentuk peralatan ibadah adalah hal yang wajib. Peralatan ibadah yang dijadikan hantaran oleh mempelai pria biasanya berbentuk mukena, sajadah, tasbih dan Al-Quran.

 

Peralatan ibadah diberikan sebagai seserahan memiliki makna agar kedua calon pengantin selalu memegang teguh ajaran agama dan selalu bertumpu pada agama yang dianut seperti suami akan menjadi sosok imam/pemimpin yang baik untuk keluarganya. 

 

8. Buah-buahan

 

Buah-buahan adalah jenis seserahan pernikahan simpel yang biasanya dibungkus dalam bentuk parsel terdiri atas buah segar seperti apel, jeruk, pir, anggur, nenas, jambu, pisang dan lain sebagainya. 

 

Pemberian buah sebagai seserahan memiliki makna yakni doa agar rumah tangga kedua mempelai bisa memberikan hasil (buah) yang baik sehingga memberikan kebahagiaan bagi orang sekitar. 

 

9. Make up

 

 

Makeup merupakan hadiah seserahan yang juga dinantikan oleh mempelai wanita yang memiliki hobi atau kebiasaan merias wajah dalam kesehariannya.

 

Pemberian seserahan dalam bentuk makeup sendiri memiliki makna bahwa mempelai pria sanggup membiayai kebutuhan sekunder istri untuk terlihat cantik setidaknya untuk dirinya sendiri. 

 

Bagi mempelai wanita, pemberian makeup sebagai seserahan pernikahan merupakan pertanda bahwa dirinya disarankan untuk menjaga penampilan terbaiknya di hadapan suami.  

 

10. Uang

 

Memberikan seserahan dalam bentuk uang juga termasuk hal yang lazim dilakukan. Seserahan uang sendiri diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita dalam jumlah yang berbeda-beda tergantung kesanggupan atau pengingat/hadiah/maksud yang ingin disampaikan calon pengantin. 

 

Misalnya memberikan yang seserahan sebesar Rp992.019 sebagai pengingat bahwa keduanya meresmikan hubungan pacaran pada tanggal 9 bulan 9 tahun 2019. 

 

Terdapat berbagai jenis seserahan pernikahan yang bisa disesuaikan dengan budget dan budaya yang berkembang tergantung dari adat pernikahan yang dipilih dua calon mempelai. 

 

Terlepas dari itu, jadikanlah seserahan sebagai pengingat simbolik yang tidak memberatkan tetapi meninggalkan makna tersendiri bagi kehidupan berumah tangga pasangan tersebut kelak.