Kehidupan setelah menikah itu tidak murah. Jadi, jangan heran kalau ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pengantin baru. Nah, kalau kamu berencana memberikan kado pernikahan untuk pengantin baru, pastiin kado tersebut akan terpakai dan berguna untuk rumah tangga mereka.

 

Ide kado pernikahan untuk pengantin baru

Masih bingung memilih kado pernikahan yang beguna untuk pengantin baru? Berikut ini 9 ide kado pernikahan yang bisa kamu hadiahkan.

 

1. Peralatan dapur

 

Namanya juga pengantin baru, isi rumah masih minim banget. Nah, kamu bisa manfaatin nih untuk memberikan kado pernikahan.

 

Ada banyak jenis peralatan dapur yang bisa kamu jadikan sebagai kado pernikahan. Misalnya oven, microwave, kompor listrik, satu set panci yang akan mempermudah dalam memasak, dan peralatan makan lengkap.

 

Bisa juga memberikan kado pernikahan berupa peralatan elektronik yang berguna, seperti toaster, blender, mixer, coffee maker, dan lainnya. Sederhana tapi pasti berguna banget, nih.

 

Agar nggak salah beli, kamu bisa bertanya dulu ke pengantin baru. Jadi, kado yang kamu berikan benar-benar dibutuhkan di rumah tangga mereka.

 

Baca juga:

Pasangan Baru, Ini Kebutuhan Pasca Menikah yang Perlu Dipersiapkan

Bagi yang Masih Single, Perlukah Menyiapkan Tabungan Menikah?

 

2. Peralatan makan

 

Selain itu, kamu juga bisa memberikan kado pernikahan berupa peralatan makan. Berikan sentuhan personal dengan memilih peralatan makan dalam bentuk couple yang cocok untuk pasangan pengantin baru.

 

Kamu bisa memilih satu set peralatan makan couple yang lengkap, seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, sumpit, dan mug. Pilih yang memiliki motif lucu dan menggambarkan kepribadian si pengantin baru agar lebih spesial.

 

3. Paket honeymoon

 

Kalau bingung harus membeli kado pernikahan dalam bentuk barang, kamu bisa memberikan paket honeymoon. Misalnya tiket pesawat sekaligus voucher hotel atau villa di luar kota. Bisa juga voucher hotel agar pengantin baru bisa staycation.

 

Memilih paket honeymoon sebagai kado pernikahan lumayan berisiko. Sebab, harus dipastiin nih apakah mereka bisa memakainya?

 

Untuk mengakalinya, pilih paket dengan rentang waktu yang panjang sehingga si pengantin baru bisa menyesuaikan dengan jadwal mereka. Artinya, hadiah darimu enggak akan terbuang percuma.

 

4. Kebutuhan rumah

 

ide kado pernikahan furniture

 

Kebutuhan rumah seperti kulkas, mesin cuci, sofa, rak, lemari, atau coffee table bisa juga jadi pilihan. Berhubung harganya lumayan mahal, kamu bisa patungan dengan teman-teman lain.

 

Tanyakan kepada pengantin baru untuk memastikan mereka belum punya peralatan ini. Pernikahan dan membangun rumah tangga butuh biaya yang enggak sedikit, jadi mereka pasti bakal terbantu banget kalau dapat hadiah ini.

 

5. Voucher belanja

 

ide kado pernikahan voucher

 

Ide kado yang berupa voucher belanja cocok untuk kamu yang nggak punya waktu untuk hunting hadiah. Jadi, bisa diganti dengan voucher belanja. Misalnya belanja di department store atau e-commerce tertentu.

 

Selain itu, voucher belanja pasti akan dipakai. Pengantin baru bisa memanfaatkannya untuk membeli barang yang mereka butuhkan, jadi kado darimu enggak akan sia-sia.

 

6. Barang perawatan diri

ide kado pernikahan barang perawatan

 

Lalu selanjutnya yang berisi barang perawatan diri cocok diberikan untuk keluarga atau sahabat dekat karena terasa personal. Kamu bisa membentuk hampers berisi produk favorit mereka.

 

Misalnya hampers berisi produk perawatan tubuh, skincare, atau makeup. Kamu bisa memilih brand yang mereka pakai sehingga enggak perlu khawatir hadiah darimu akan terbuang percuma. Plus, tambahkan sentuhan personal seperti kartu berisi pesan khusus darimu.

 

7. Alat bersih-bersih rumah

ide kado pernikahan

 

Yup, ada banyak banget kebutuhan yang harus dipenuhi pengantin di rumah baru mereka. Termasuk alat bersih-bersih rumah. Nah, ini bisa jadi ide kado pernikahan, nih.

 

Misalnya vacuum cleaner, sapu, pel, dan lainnya. Saat ini, ada banyak banget alat bersih-bersih yang dikembangkan dengan teknologi terkini sehingga mempermudah dalam membersihkan rumah.

 

8. Seprai lengkap

ide kado pernikahan

 

Ide kado pernikahan yang paling mainstream, tapi dibutuhin banget sehingga nggak ada salahnya kalau kamu memberikan seprai lengkap sebagai hadiah. Sekalipun mereka sudah punya, hadiah darimu bisa disimpan sebagai cadangan karena enggak akan basi.

 

Pilih yang memiliki warna atau motif netral sehingga bisa dipakai oleh siapa saja. Plus, perhatikan bahan yang dipakai karena seprai dan bed cover ini berpengaruh banget terhadap kenyamanan saat tidur.

 

Baca juga:

Tips Mengatur Keuangan Pasangan Muda Berdasarkan Money Personality

Inspirasi Gaya Pengantin Sesuai Adat di Indonesia dari Selebriti Favorit

 

9. Hiasan rumah

ide kado pernikahan

 

Kado pernikahan ini bisa kamu berikan sentuhan personal, plus sesuaikan dengan karakteristik si pengantin baru. Misalnya hiasan dinding untuk menghias rumah.

 

Enggak hanya membeli barang jadi, kamu juga bisa membuat sendiri agar terasa lebih personal. Misalnya kumpulan foto atau lukisan karikatur pengantin baru yang bisa dijadikan sebagai pajangan dinding.

 

Selain itu, kamu juga bisa membeli tanaman untuk menghias rumah dan halaman. Pilih yang mudah dirawat dan sesuai dengan kondisi rumah yang ditempati.

 

Memilih kado pernikahan memang susah-susah gampang. Agar kado darimu enggak jadi sia-sia, kamu bisa bertanya langsung ke pengantin baru. Sehingga kado yang kamu berikan bisa dimanfaatkan dengan baik. Selamat hunting kado pernikahan!