Beranda > Gaya Hidup > Wah, 6 Film Hollywood Ini Ajari Cara Mengelola Keuangan Lho!

Wah, 6 Film Hollywood Ini Ajari Cara Mengelola Keuangan Lho!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Wah, 6 Film Hollywood Ini Ajari Cara Mengelola Keuangan Lho!watermark

TUNAIKU.COM – Selain menulis dan jalan-jalan, saya juga memiliki hobi nonton film. Semua genre film saya tonton, kecuali film horror. Nggak hanya film terbaru, film-film lama pun memenuhi koleksi dan target film yang harus ditonton.

 

Artikel terkait: Serunya belajar berbagai pengalaman lewat film

  1. 7 Film Tentang Pengusaha Perempuan Sukses. Wajib Tonton!
  2. 5 Film Penggugah Jiwa yang Layak Ditonton Olehmu di Bulan Puasa
  3. 4 Pelajaran Keuangan yang Bisa Kamu Petik dari Serial Game of Thrones

 

Awalnya saya pikir, nonton film hanya digunakan untuk mengisi waktu luang dan dijadikan hiburan semata. Tetapi ternyata saya menyadari bahwa banyak film yang juga mengajari banyak hal. Misalnya, kisah sukses hingga mengelola keuangan. Berikut ini 7 film yang wajib kamu tonton karena dapat  memberikan inspirasi bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

1. The Wolf of Wall Street

Mungkin kamu sudah nggak asing dan juga sudah menonton film yang dibintangi Leonardo De Caprio ini. Well, kalau kamu ingin menjadi marketing handal, sebaiknya menonton film tentang pialang saham ini. Kamu akan terpesona bagaimana Belfort yang diperankan Leonardo bisa membangun perusahaan investasi abal-abal hingga menjadi perusahaan investasi bonafid, hanya dengan bermodalkan kelihaian ilmu marketingnya sebagai pialang saham. Semua itu kembali pada cara berbicaranya dan negosiasi yang baik karena pernah bekerja di Bursa Efek terbesar di dunia, Wall Street.

 

Inti pembelajaran yang bisa kita petik dari film ini adalah untuk selalu bijak menggunakan uang. Kamu harus bisa membuat perencanaan keuangan dan pengendalian diri agar uang tersebut bekerja untukmu.

2. The Pursuit of Happiness

Film ini bercerita tentang keluarga miskin yang setiap hari susah membayar kontrak rumah dan tagihan lainnya. Keadaan berubah sejak kepala keluarga tadi memutuskan menjadi pialang saham. Kesulkitan finasial bisa jadi menghancurkan kehidupan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menabung dan merencanakan keuangan dengan baik, apalagi saat perekonomian sedang membaik.

3. Uptown Girl

Film ini bercerita tentang seorang gadis yang ditingal mati orang tuanya. Sebagai perempuan yang nggak pernah memikirkan keuangan untuk masa depan, tentu dia nggak punya uang. Ketika ayahnya meninggal, barulah dia sadar kalau saat ini nggak memiliki uang sama sekali.

Hikmah yang bisa diambil adalah penting untuk kita memiliki perencanaan keuangan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Rencana keuangan yang bisa diterapkan antara lain SMART, Spesific (jelas), Measurable (Bisa diukur), Attainable (Bisa dicapai), Realistic (Realistis), dan Time-Bound (ada jangka waktu).

4. Knocked Up

Film ini bercerita tentang seseorang bernama Ben Rogan yang menggantungkan hidupnya hanya dari jaminan sosial dan pekerjaan serabutan lainnya. Hingga suatu hari dia mendapati bahwa ternyata memiliki anak dan dituntut untuk menghidupi anak tersebut.

Kehidupan memang nggak pasti. Banyak hal-hal di luar dugaan yang bisa terjadi. Untuk itu penting memiliki dana nggak terduga atau dana cadangan. Dana yang dikumpulkan setiap bulan ini bila nggak terpakai bisa diinvestaiskan dalam bentuk tabungan atau deposito.

5. The Money Pit


Film ini menceritakan tentang suami istri yang membeli rumah idamannya. Saat membeli, pasangan hanya menuruti emosi dan terbujuk rayuan marketing daripada melihat sisi rasionalitas. Pasalnya, rumah yang dijual harganya cukup miring.

 

Hal ini mengajarkan kita untuk lebih kritis lagi saat membeli suatu barag, apalagi yang nominalnya umumnya besar. Ketika dihargai murah, tentu harus mengetahui penyebabnya. Pasalnya, rumah yang murah tersebut akirnya mahal karena biaya perbaikan jauh lebih besar.

 

6. Confession of A Shopaholic

Film ini bercerita tentang perempuan yang gila belanja dalam mengunakan kartu kreditnya. Ketika hutang kartu kreditnya menggunung, hidupnya pun dikejar-kejar debt collector. Film ini tentu mengajarkan kita untuk lebih bijak menggunakan kartu kredit, membayar tagihan secara full, tepat waktu, agar nggak di luar batas limit, dll.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar investasi saham

  1. Kamus Investasi Saham, Bookmark ya!
  2. Tertarik Investasi Saham? Ini 5 Tipsnya Bagi Pemula!
  3. Reksa Dana, Saham, Properti: 3 Jenis Investasi yang Cocok bagi Anak Muda. Simak Untung-Ruginya!

 

Bagaimana dengan 6 film di atas, mana yang membuatmu tertarik? Kalau saya sendiri, film-nya Leonardo, ya, hehe.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

Pinjaman Online, KTA

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett