Beranda > Gaya Hidup > 4 Pelajaran Keuangan yang Bisa Kamu Petik dari Serial Game of Thrones

4 Pelajaran Keuangan yang Bisa Kamu Petik dari Serial Game of Thrones

RISANG PRATAMARisang Pratama
4 Pelajaran Keuangan yang Bisa Kamu Petik dari Serial Game of Throneswatermark

TUNAIKU.COM – Setelah satu tahun menanti, saya nggak sabar lagi menyaksikan episode pembuka musim ketujuh Game of Thrones yang akan mengudara pada 16 Juli 2017 nanti. Terus terang, saya adalah salah satu penggemar serial ini. Bagi kamu yang belum tahu, Game of Thrones adalah sebuah serial televisi ber-genre drama fantasi yang diangkat dari novel berjudul sama karya George R. R. Martin.

 

Serial yang berlatar di dunia fantasi medieval ini pada intinya bercerita tentang perebutan tahta dan sebuah keluarga yang tercerai berai. Tapi, alur yang nggak pernah bisa ditebak bikin saya terus menantikan kelanjutannya. Selain itu, ada juga sejumlah pelajaran yang bisa kamu petik dari serial Game of Thrones ini, termasuk soal keuangan. Siapa tahu bermanfaat buat kamu!

 

1. Mempersiapkan diri untuk masa depan yang nggak pasti

Winter is Coming” adalah semboyan dari House Stark sekaligus judul dari episode perdana Game of Thrones. Kalimat ini bahkan menjadi slogan yang terus digunakan di sepanjang seri. Slogan ini juga menggambarkan cuaca sekaligus suasana dari serial ini yang semakin dingin dan suram.

Kalimat “Winter is Coming” yang diucapkan oleh karakter Ned Stark ini juga dapat diartikan bahwa masa depan itu nggak pasti dan bisa jadi sangat suram. Dari sini, saya memetik pelajaran bahwa kita harus mempersiapkan masa depan yang penuh ketidakpastian. Salah satu caranya adalah dengan menabung, mempersiapkan dana cadangan, dan melakukan investasi sejak dini.

 

Artikel terkait: Kiat mengatur keuangan

 

2. Selalu bayar utangmu

Melimpah karena tambang emasnya, keluarga Lannister dari Casterly Rock adalah salah satu keluarga yang paling kaya dan berpengaruh di Westeros, dunia tempat kisah Game of Thrones berlangsung. Slogan mereka: “A Lannister always pays his debt” (Lannister selalu membayar utangnya).

Utang yang mereka maksud bukan soal keuangan saja, lho, melainkan hingga nyawa. Artinya, Lannister selalu membalas perbuatan orang lain kepada mereka, baik kawan maupun lawan.

Jika dilihat dari segi finansial, saya pikir semboyan ini ada benarnya juga. Utang memang sudah seharusnya dibayar. Soalnya, utang yang macet bisa mengacaukan kesehatan finansial dan mencoreng nama kamu, terutama di BI checking. Lagipula, kamu pasti nggak mau nilai utangmu jadi membengkak gara-gara bunga, ‘kan?

 

3. Hati-hati dalam memilih pihak yang kamu percayai

Pengkhianatan adalah hal yang biasa terjadi dalam serial Game of Thrones. Kawan atau sekutu justru bisa jadi orang yang menusuk dari belakang. Sehebat apapun tokohnya, mereka nggak kebal dari pengkhianatan ini.

Bahkan di dunia nyata, saya pun mengamini bahwa hal ini mungkin terjadi. Seseorang yang kamu percaya bisa saja menyalahgunakan kepercayaanmu dan melakukan sesuatu yang merugikanmu. Ayah saya selalu mewanti-wanti: “Mempercayai orang itu boleh saja, tapi kamu harus tetap punya sikap waspada.”

Terkait keuangan, hal ini bersinggungan dengan kepada siapa kamu mempercayakan uangmu. Pilih pihak yang tepercaya untuk menyimpan danamu, baik yang bentuknya tabungan maupun investasi. Selain itu, waspadai tawaran investasi dengan iming-iming yang kelewat menggiurkan, salah satunya investasi bodong.

 

Artikel terkait: Asuransi dan investasi

 

4. Kamu perlu mempersiapkan jaminan untuk kelangsungan hidupmu dan keluarga

Ketika anggota keluarganya terpisah-pisah dan kakinya lumpuh akibat jatuh dari menara, Bran Stark mesti tergantung pada Hodor, lelaki berbadan besar yang menggotongnya ke mana-mana sepanjang petualangannya. Bagi Bran yang mengalami disabilitas, Hodor adalah “asuransi” untuk meningkatkan peluangnya dalam bertahan hidup.

Di benak saya jadi terbayang satu hal: yang dialami Bran Stark pun bisa dialami kita semua. Meski masih usia produktif, kamu mungkin saja mengalami hal yang membuatmu nggak bisa bekerja, baik sementara maupun permanen. Bisa karena sakit, mengalami cacat fisik permanen, hingga meninggal dunia.

Tentunya, saya dan kamu nggak ada yang mengharapkan hal semacam ini. Tapi, nggak ada salahnya untuk mempersiapkan jaminan bagi diri sendiri dan keluarga untuk kemungkinan terburuk. Misalnya, dengan mengikuti asuransi jiwa dan kesehatan. Paling tidak, pastikan kamu mengaktifkan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaanmu.

Nah, itu dia beberapa pelajaran keuangan dari serial Game of Thrones yang menurut saya berguna di dunia nyata. Yuk, coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari!

 

Selagi kamu di sini…

 

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

 

_______________________________________________________________________________________________________

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett