Beranda > Gaya Hidup > Untuk Orangtua, Pahami Ini Sebelum Posting Sesuatu Mengenai Anak di Medsos

Untuk Orangtua, Pahami Ini Sebelum Posting Sesuatu Mengenai Anak di Medsos

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Untuk Orangtua, Pahami Ini Sebelum Posting Sesuatu Mengenai Anak di Medsoswatermark

TUNAIKU.COM – Yang namanya orangtua, pasti bangga dan senang dengan perkembangan anaknya. Orangtua pun kerap “pamer” kelucuan si buah hati di medsos. Para orangtua ini selalu mem-posting foto-foto kelucuan si anak. Tak hanya sekali dua kali posting posting foto anak, beberapa di antaranya juga memilih membuat akun khusus untuk anak kesayangan mereka.

 

Di kalangan selebriti, orangtua yang kerap mem-posting foto anak mereka pun banyak sekali. Misalnya saja Gading Marten dan Gisella Anastasia yang kerap mem-posting foto-foto kelucuan putri semta wayang mereka, Gempita Noura Marten. Gadis mungil berwajah manis ini kerap muncul dalam akun Instagram kedua orang tuanya. Atau putra Jessica Iskandar si kecil El Barack yang justru punya akun Instagram sendiri dengan 357 ribu followers.

 

Di luar status seleb, bocah gembul bernama Jonathan R. Sugianto atau yang akrab disapa Tatan juga menghiasi timeline dengan celotehan lucunya. Tatan baru berumur 4 tahun, tapi follower-nya mencapai 3,4 juta.

 

Artikel Terkait: Perhatikan Hal Ini Ketika Menggunakan Social Media!

  1. 8 Langkah Mudah Sukses Menjadi Social Media Influencer
  2. Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Bikin Hubungan Suami Istri Hancur
  3. Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial. Kamu Harus Coba!

 

Namun, buat kamu yang baru saja punya anak harus hati-hati nih. Meski bisa mengatur dan mengaktifkan mode privasi sesuai keinginan, media sosial tidak selalu aman dan bisa saja berdampak buruk bagi si kecil.

 

Sebagai orangtua, kamu harus hati-hati dan waspada akan berbagai tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi, penculikan misalnya. Selain itu, waspadai pula isu bullying dan shaming di media sosial yang akan menimpa anak kamu, nantinya. Wah, ngeri banget ya?

 

Eits, jangan panik dulu. Posting foto atau video dengan si buah hati sah-sah saja kok, asal perhatikan hal berikut.

 

1. Identitas lengkap dan detil

Profil media sosial pasti mencantumkan tanggal lahir, lokasi, hingga nomor telepon. Tanpa sadar, informasi ini bisa dilacak oleh orang-orang yang punya niatan jahat.

 

Bahkan, menyebutkan nama lengkap anak dalam media sosial, dinilai sangat riskan. Nama lengkap mampu menghubungkan detil lainnya yang lebih privat.

 

Selain itu, lokasi foto juga mudah terdeteksi pelaku kejahatan. Foto depan rumah dengan nomor dan plang jalan yang terlihat ternyata tidak disarankan. Ketika meng-upload foto, hindari memberi lokasi dimana kamu mengambil foto tersebut.

 

2. Tanpa busana atau sedang mandi

Si buah hati mungkin terlihat lucu saat bermain busa di bak mandi. Tapi foto ini juga bisa disalah gunakan, lho. Ingat kasus pedofil Indonesia di Facebook? Para predator ini mencari anak-anak dengan pakaian terbuka dan tanpa busana dalam media sosial.

 

Selain keamanan, mengunggah foto anak tanpa busana sangat berpengaruh di kehidupan mendatang. Bayangkan bila puteri anda menemukan fotonya saat sedang mandi. Rasa tidak nyaman dan malu pasti akan timbul, sehingga efeknya juga menurunkan rasa percaya diri.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai mudan dan cepat tanpa agunan, pinjaman online, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat, kredit tanpa agunan, posting anak di medsos, sebelum posting foto anak di medsos

 

3. Kejadian lucu dan konyol

Kadang si jagoan bertingkah polos dan menggemaskan. Saking lucunya, kita tak tahan untuk memotret dan membuat semua orang tahu. Bayangkan, bagaimana kalau anak-anak kita menemukannya di masa mendatang sebagai bahan candaan?

 

Foto atau video berisi kejadian lucu memang menarik dan pasti beken di media sosial. Tapi, coba pikirkan dampaknya ke depan ya.

 

Artikel Terkait: Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan sebagai Orangtua

  1. Sri Mulyani: Orang Tua Harus Terlibat dalam Setiap Perjalanan Pendidikan Anak
  2. 8 Keterampilan Wirausaha Yang Bisa Kamu Ajarkan Pada Anak Sejak Dini
  3. Ingin Anak Sukses? Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal Ini!

 

4. Saat menangis atau melakukan kesalahan

Beberapa waktu lalu, saya menemukan beberapa video singkat tentang seorang anak yang menangis karena melakukan kesalahan. Si orang tua mendikte sambil merekam reaksi si anak. Wah, apa ini nggak keterlaluan?

 

Sama seperti poin sebelumnya, foto atau rekaman anak saat sedang menangis justu menurunkan rasa percaya dirinya. Apalagi kalau sampai viral di dunia maya, apa kata dunia?

 

Intinya, pikir dua kali saat hendak meng-posting foto atau video tentang anak anda. Sekarang mungkin terkesan biasa, tapi siapa yang tahu masa depan kan? Yuk, berlaku bijak!

 

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett