Beranda > Gaya Hidup > Ingin Anak Sukses? Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Anak Sukses? Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal Ini!

RISANG PRATAMARisang Pratama
Ingin Anak Sukses? Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal Ini!watermark

 

TUNAIKU.COM – Salah satu cita-cita hampir semua orang tua adalah bisa membimbing dan membesarkan anak-anaknya dengan sangat baik. Orang tua berharap anaknya bisa sukses, bahkan lebih sukses dari orang tuanya.

 

Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri anak masing-masing. Dukungan orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anak kelak.

 

Namun, selain itu, masih banyak faktor lainnya yang membuat anak bisa sukses. Lalu, agar anak ingin sukses, apa saja yang orang tua harus lakukan? Simak penjelasan berikut yang juga didukung oleh para ahli.

 

Artikel terkait: Mengajarkan anak mengelola uang

  1. Pentingnya Orang Tua Mengajari Anak Mengelola Keuangan
  2. Haruskah Anak Mengetahui Kondisi Keuangan Orangtuanya?
  3. 5 Cara Mengajarkan Anak untuk Mengelola Keuangan

 

1. Membesarkan Anak di Lingkungan yang Terbaik

Lingkungan punya pengaruh besar dalam dalam membentuk watak anak. Nggak cuma tempat tinggal, tapi juga lingkungan pergaulan dan pendidikan. Itulah sebabnya kenapa kamu sebaiknya membesarkan anakmu di lingkungan yang terbaik yang mampu kamu jangkau.

 

Hal ini diamini oleh Ann Owens, sosiolog dari University of Southern California. Menurutnya, mendapatkan lingkungan yang terbaik untuk anak adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan orang tua.

 

2. Berhubungan Baik Dengan Orang Lain

Peneliti di Universitas Harvard melakukan sebuah proyek bernama Grant Study. Dari tujuh tahun penelitian, mereka menyimpulkan bahwa hal paling penting membuat kita sehat dan bahagia bukanlah soal kekayaan, ketenaran, atau kerja keras terus-menerus, melainkan bagaimana kita berhubungan baik dengan orang lain.

 

Sebagai orang tua, kita bisa mencontohkan anak kita untuk menjaga hubungan baik dengan sesama. Jangan ajarkan anakmu untuk membenci orang yang berbeda dengan kamu. Hal ini mungkin gampang diucapkan, tapi sukar dipraktikkan. Pasalnya, kita yang dewasa ini malah kerap menebar kebencian pada orang atau kelompok tertentu.

 

3. Puji dengan Cara yang Tepat

Orangtua dari anak yang sukses belajar memuji anaknya dengan cara yang mampu mendukung kebiasaan positif mereka. Artinya, mereka memuji usaha dan proses yang dilakukan anak mereka, bukan semata karena kemampuan bawaan mereka. Hal ini didukung dengan studi yang dilakukan oleh Carol Dweck, psikolog dari Universitas Stanford.

 

Contohnya begini. Jangan memuji nilainya yang bagus, tapi pujilah usahanya belajar untuk mendapatkan nilai tersebut. Atau, ketika dia berhasil memecahkan masalah, jangan sekadar memuji ia pintar, tapi pujilah usahanya dalam memecahkan masalah tersebut. Hal ini bisa membantu si anak memiliki pola pikir yang berkembang.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, amar bank indonesia, pinjaman mudah, pinjaman tanpa kartu kredit

 

4. Ajarkan Kemandirian

Sebagai orangtua, kita seringkali geregetan ingin meladeni anak agar dia nggak kerepotan atau sekadar kerjaannya cepat beres. Padahal, cara ini justru bikin ia jadi manja. Kalau ingin anakmu sukses, pastikan kamu mendukung mereka melakukan segala sesuatunya sendiri.

 

Ajari mereka kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam hidup. Misalnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga, memasak, atau memperbaiki barang. Beri mereka kesempatan untuk melatih kemampuan tersebut. Selain itu, beri mereka kepercayaan untuk memecahkan masalahnya sendiri tanpa bantuan orang lain.

 

5. Berpikir dan Bertindak Layaknya Wirausahan

Penulis Bill Murphy Jr. pernah mewawancarai 118 wirausawan saat menulis e-book-nya yang berjudul How to Raise Successful Kids. Ketika ditanya soal pengalaman atau kebiasaan yang membuat mereka sukses, 93% menjawab hal yang sama: mereka memulainya sejak muda.

 

Nah, meski bukan wirausahawan, kamu bisa kok mendorong anakmu untuk berpikir dan bertindak layaknya wirausahawan. Misalnya, dengan memberi mereka kesempatan untuk mengambil keputusan, mengajarkan mereka tentang risiko, serta memberi pemahaman tentang keuangan.

 

Artikel terkait: Mendampingi generasi Z

  1. Mendampingi Generasi Z yang Haus Eksistensi di Dunia Maya
  2. Para Ayah dan Calon Ayah, Begini Kiat Memahami Generasi Z Agar Akrab dengan Anak Remajamu
  3. Akrab dengan Internet dan Gadget, Ini 5 Hal Penting dalam Mendidik Anak-anak Generasi Z!

 

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan agar anakmu tumbuh menjadi orang yang sukses. Siapa sih orangtua yang nggak bangga melihat anaknya berhasil? Yuk, terapkan dari sekarang!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett