Beranda > Finansial > 7 Hal yang Dianggap Sepele dan Bisa Membahayakan Keuangan, Waspada!

7 Hal yang Dianggap Sepele dan Bisa Membahayakan Keuangan, Waspada!

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
7 Hal yang Dianggap Sepele dan Bisa Membahayakan Keuangan, Waspada!watermark

TUNAIKU.COM – Mengapresiasi diri sendiri dengan membelanjakan uang hasil kerja keras tidak salah untuk dilakukan. Kamu memang perlu menghargai kerja keras yang telah dilakukan dan sudah selayaknya menikmati keberhasilan.Namun, kebanyakan yang terjadi malah kebablasan dalam mengelola uang. Seringkali yang terjadi karena terlena dengan gaji yang besar atau memang belum terbiasa mengatur keuangan.

 

Nah, kondisi keuangan yang membengkak ini biasanya malah berawal dari hal-hal sepele lho. Kamu mungkin nggak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kamu lakukan, bisa berdampak besar pada keuanganmu.

 

Yuk, waspadai beberapa hal sepele berikut ini yang ternyata merugikan!

 

Artikel terkait: Tips jitu memenuhi kebutuhan tanpa harus terbebani dengan biayanya!

  1. Perhatikan 7 Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Merasa Terbebani
  2. Atur Belanja Baju Lebaran Lebih Hemat dengan Cara In
  3. 7 Kiat Bagi Calon Pengantin Merencanakan Keuangan Tanpa Membebani Orang Tua

1. Sering membeli makanan di luar

Sibuk bekerja dan kemudian nggak sempat memasak, akhirnya lebih sering membeli makan di luar. Ini merupakan kebiasaan yang harus kamu kurangi, karena tanpa kamu sadari terlalu sering membeli makanan di luar bisa membuat kantongmu cepat tipis.

Tidak ada salahnya kamu mulai belajar memasak. Meskipun agak ribet, tetapi memasak bisa memberi manfaat besar untuk misi penghematanmu. Nah, kalau sudah mulai terbiasa memasak sendiri, kamu juga harus batasi budget-mu dalam berbelanja. Jangan berlebihan dalam berbelanja, karena akan membuat bahan-bahan makananmu terbuang sia-sia.

2. Jarang cek harga saat berbelanja

Ini kebiasaan kecil yang ternyata bisa berdampak buruk untuk kantongmu. Jarang memperhatikan harga barang yang ingin kamu beli, bisa bikin kamu kelabakan, karena tanpa sadar pengeluaranmu udah di luar batas.

Mulailah belajar dengan mereka yang terbiasa hidup hemat. Belajar berhemat bisa dimulai dengan rajin membandingkan harga saat berbelanja. Kalau kamu belanja di pasar, lakukanlah tawar-menawar dengan penjualnya. Meskipun harganya beda tipis, tetapi hal ini bisa mengurangi kebiasaan boros.

3. Kurang peduli periksa ke dokter saat sakit

Banyak orang berpikir kalau periksa ke dokter hanya akan membuat pengeluaranmu membengkak. Sementara itu orang juga sering meremehkan penyakit yang sedang mereka derita. Kemudian, karena nggak mau ke dokter, mereka jadi sering membeli obat sendiri.

Nah, hal ini yang ternyata justru bisa bikin keuanganmu kacau. Sering membeli obat tanpa resep, bisa bikin pengeluaranmu jadi bertambah banyak lho. Siapa yang menyangka penyakit yang kamu abaikan bisa bertambah parah, yang kemudian bikin pengeluaranmu semakin banyak karena kondisi tubuhmu yang enggak kunjung membaik.

4. Malas menabung

Orang juga sering memiliki persepsi yang salah tentang menabung. Sebagian orang berpikir, menyisihkan uang itu enggak perlu, mending langsung dipakai untuk kebutuhan yang mendesak saat itu. Apalagi, kalau penghasilanmu masih sedikit. Pasti memang berat rasanya untuk menyisihkan uang.

Menabung butuh komitmen yang tinggi. Namun, menabung merupakan salah satu cara ampuh untuk menstabilkan keuanganmu. Mulailah menabung sejak dini. Berapa pun jumlah penghasilanmu, sisihkan sebagian kecil darinya.

1

Mobile Site CTA

5. Lebih sering menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian

Nggak salah kalau kamu lebih terbiasa menggunakan kendaraan pribadi saat keluar rumah, apalagi kalau di daerahmu enggak ada transportasi yang mendukung. Tetapi, kamu tentu merasakan borosnya membayar uang parkir dengan sistem per jam di beberapa pusat perbelanjaan.

Mulai sekarang kamu bisa membiasakan diri menggunakan transportasi umum atau ojek online. Selain menghemat waktu dan biaya, kamu juga enggak capek di jalan karena macet.

6. Membayar tagihan rumah di akhir waktu

Tenggat waktu pembayaran listrik, air, internet, dan telepon seringkali lama dan membuatmu mengulur-ulur waktu untuk melunasinya. Kalau sering ditunda-tunda, bisa-bisa kamu lupa dan akhirnya harus menanggung denda. Jika diakumulasi, bayangkan kerugian yang harus kamu tanggung selama setahun?Kini sudah banyak loket pembayaran yang tersedia, jadi nggak ada lagi alasan malas atau lupa membayar ya.

7. Malas berburu kupon dan diskon

Seringkali meremehkan barang diskonan, yang biasanya memiliki kualitas rendah. Lalu rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan barang berkualitas tanpa diskon. Nah, sebetulnya kamu tetap bisa mendapatkan barang murah dan berkualitas, asalkan kamu bisa jeli dan pintar memilih barang.

Buat kamu yang hobi banget belanja, jangan ragu untuk memanfaatkan kupon dan diskon yang ada. Kamu bahkan bisa berbelanja dan liburan dengan harga miring dengan memanfaatkan kupon dan diskon tersebut lho. Pastinya dengan cara ini, pengeluaranmu bisa lebih ditekan.

Belajar berhemat ternyata enggak hanya membutuhkan perubahan pola perilaku, tetapi juga perubahan mindset atau persepsi. Sudah siapkah kamu belajar berhemat dan menghindari hal-hal sepele di atas?

 

Artikel terkait: Simak tips menarik memperoleh keuntungan di beberapa jenis investasi berikut!

  1. Pilih Strategi Ini Jika Ingin Untung dalam Membeli Saham IPO
  2. Tips Agar Investasi P2P Lending-mu Aman
  3. Investasi Uang dalam Jumlah Kecil Tapi Mau Untung Besar, Lakukan Langkah Ini

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett