Beranda > Gaya Hidup > Serba Serbi Rumah Susun di Jakarta? Ini yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli

Serba Serbi Rumah Susun di Jakarta? Ini yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli

Artikel ini ditulis oleh:
Serba Serbi Rumah Susun di Jakarta? Ini yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeliwatermark

TUNAIKU.COMRumah susun di Jakarta sangat potensial karena berada di kawasan industri. Untuk modal beli sebagai syarat punya rumah susun, saya dulu pakai dana pinjaman online Tunaiku. Dengan kredit tanpa agunan atau kredit pinjaman online tersebut, seenggaknya bisa membantu proses pembeliannya. Berikut hal-hal yang wajib kamu tahu sebelum beli.

 

Artikel terkait: ide desain dan renovasi agar tampilan rumah lebih modern

  1. 10 Ide Desain Kamar Bayi Modern. Bisa Ditiru Untuk Buah Hatimu!
  2. Ini Rincian Biaya Renovasi Kamar Mandi Modern Minimalis dengan Bujet Maksimal Rp10 Juta!
  3. Pilih 7 Wallpaper Ini Agar Ruangan Terasa Tambah Nyaman

1. Pilih rusunami sebagai solusi untuk tinggal lebih cepat

Di Jakarta sendiri ada 2 macam rusun, yaitu rusunawa dan rusunami. Keduanya dibangun oleh pemerintah. Khusus untuk rusunami, rumah susun ini memiliki bentuk dan fungsi yang sederhana. Untuk kamar mandi serta dapurnya ada yang berada di luar maupun di dalam. Untungnya, rusunami bisa kamu peroleh lewat jalur KPR yang serba murah.

Harga satu unit rusunami maksimal 144 juta Rupiah. Tentu sangat menguntungkan buat kamu yang memiliki penghasilan kurang dari 4 juta Rupiah. Persebaran rusunami ada di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Tentu masing-masing lokasi memiliki harga yang berbeda. Mahal-murahnya tergantung fasilitas di dalamnya.

2. Mengapa tinggal di rusunami sangat pas?

Saya ambil contoh di rusun Pondok Cina. Kebutuhan transportasi di sana sangat lancar karena dekat dengan pusat bisnis dan transportasi. Buat kamu yang suka naik KRL untuk pergi kerja, fasilitasnya pun ada. Untuk kamu yang kerja di bidang pendidikan, pemerintahan, rumah sakit, perbankan, tempatnya ada.

Lebih keren lagi. Lokasi rusun ini sangat bagus jika dijadikan sebagai media untuk mengembangkan bisnis pribadi. Hampir enggak pernah sepi dengan lalu-lintas. Untuk masing-masing unit rusunami di Pondok Cina dijual antara 126 juta sampai 147 juta Rupiah. Sedangkan untuk yang tipe 2 kamar bisa mencapai 300 juta Rupiah.

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Apa sih syarat untuk memiliki rusunami di Jakarta?

Syarat punya rumah susun di Jakarta ini enggak begitu sulit. Soal uang muka, katakanlah sudah ditanggung oleh dana pinjaman online Tunaiku melalui kredit tanpa agunan. Nilai kredit pinjaman online tersebut kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan. Adapun syarat pertama adalah punya KTP DKI Jakarta. Jadi, rusunami ini bukan untuk warga pendatang.

Sebelum membeli, kamu juga wajib menyertakan bukti bahwa sebelumnya belum punya rumah sama sekali. Cara membuktikannya dengan mendatangi kantor kelurahan biar dapat surat pernyataan. Besarnya penghasilan wajib di bawah 4,5 juta Rupiah. Untuk membuktikannya, kamu lampirkan saja slip gaji maupun Surat Keterangan Penghasilan.

Siapkah dirimu untuk menghuni rusunami secara tetap? Kalau iya, berangkatlah. Tapi sebelum 20 tahun tinggal, unit rusunami tersebut enggak bisa dipindahtangankan kepada orang lain. Lantas, apa saja dokumen lain yang dibutuhkan selain fotokopi KTP dan SKP? Lampirkan saja fotokopi KK, surat nikah, foto, SPT, serta materai 6 ribu sebanyak 4 lembar.

4. Memangnya, uang muka untuk beli rusunami berapa sih?

Sejauh saya tahu, nilainya 30% dari total harga satu unit rusunami. Nantinya kamu bisa pakai dana dari Tunaiku saja kalau saat itu belum pegang uang. Khawatirnya keburu makin mahal nanti. Saran saya, sebelum ambil rusunami, pastikan dulu pemasukan (penghasilan) per bulanmu rutin. Misalnya 3 juta, ya terus 3 juta atau enggak jauh-jauh dari itu.

Artikel terkait: cara menata dapur yang tepat

  1. Sontek, 9 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Hunian Apartemen Studio
  2. 5 Inspirasi Menata Dapur Mungil di Apartemen
  3. Perabotan Dapur yang Tanpa Kamu Tahu Banyak Kumannya, Ini Cara Atasinya!

Manfaat memakai dana pinjaman dari Tunaiku

Belakangan ini, proses peminjaman makin dipermudah. Salah satunya berkat kehadiran Tunaiku sebagai pionir dalam bidang kredit pinjaman online. Kredit tanpa agunan Tunaiku memiliki bunga yang sangat rendah, yakni hanya 3% per tahun. Sedangkan dana pinjaman online-nya yang bisa diambil maksimal 20 juta Rupiah.

Selain itu, Tunaiku juga akan memberikan insentif dana lewat program referral maksimal 200 ribu Rupiah per pengajuan yang diterima. Jadi, mulai sekarang manfaatkan program ini sebaik-baiknya. Bisa jadi, ketika lancar, uang tersebut bisa kamu pakai untuk tambahan modal beli rumah susun sekaligus syarat punya rumah susun di Jakarta sesuai pilihan.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett