Beranda > Gaya Hidup > Selain Jadi Makeup Artist, Ini 7 Profesi Lainnya yang Berawal dari Hobi!

Selain Jadi Makeup Artist, Ini 7 Profesi Lainnya yang Berawal dari Hobi!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Selain Jadi Makeup Artist, Ini 7 Profesi Lainnya yang Berawal dari Hobi!watermark

TUNAIKU.COM – Zaskia Sungkar dan Dian Pelangi mungkin bisa dijadikan salah satu contoh orang sukses karena hobi. Sama-sama memiliki hobi dibidang fashion, keduanya merintis karier menjadi desainer sukses yang sudah mendunia. Awalnya hanya sekadar hobi mendesain dan memadupadankan busana. Namun, kini baju-baju rancangan mereka sudah terkenal. Nggak hanya di Indonesia, tetapi juga mancanegara.

 

Kini, profesi yang berawal dari hobi sudah banyak menciptakan orang sukses. Banyak di antara mereka adalah seorang makeup artist yang memang bekerja karena hobi berdandan atau mendandani orang lain. Sebenarnya, ada banyak profesi yang berawal dari hobi lainnya selain menjadi makeup artist, lho. Berikut 7 profesi yang berawal dari hobi.

 

Artikel Terkait: Mencari Pemasukan Tambahan dengan Usaha Sampingan

  1. 5 Cara Menghemat Pengeluaran dan Menambah Pemasukan dengan Maksimalkan Handphone
  2. Ingin Penghasilan Tambahan? Ini 4 Langkah Praktis Memulai Usaha Kecil
  3. 7 Situs Ini Bikin Kamu Nambah Penghasilan, Cobain Deh!

 

1. Fashion designer

Seperti halnya kisah Dian Pelangi dan Zaskia Sungkar yang sudah saya bahas di atas, kamu juga bisa menjadi seorang fashion designer, lho. Apalagi kalau kamu memang memiliki bakat di bidang fashion dan hobi mix and match baju sampai merombak model baju lama agar terlihat kekinian. Sebelumnya asah terus skill dan wawasanmu di bidang fashion dengan mengikuti media sosial banyak fashion designer terkenal. Tujuannya, agar kamu tahu tentang perkembangan fashion terkini.

 

2. Pembuat sepatu

Kamu mungkin sering tergiur dengan sepatu-sepatu cantik yang terpajang di etalase toko atau mal. Kalau modelnya cantik dan sesuai dengan seleramu kamu pasti ingin segera membelinya. Namun, kamu pernah nggak berpikir untuk membuat sepatu sendiri? Kecintaan pada model-model sepatu bisa juga menjadi inspirasi untuk kamu menggeluti karier sebagai pembuat sepatu, lho.

 

Contohnya saja Agit Bambang Suswanto yaitu anak muda inspiratif pendiri Ambel Footwear. Awalnya Agit memang hanya hobi saja mengoleksi sepatu. Namun, ia kemudian mencoba untuk memproduksi sepatu yang kala itu hanya 13 pasang. Penjualan pun hanya ia lakukan secara daring. Ternyata, sepatu buatannya ramai peminat, bahkan ludes terjual dalam tiga hari. Kini sepatu buatan Agit menjadi merek sepatu asli Indonesia yang sudah merambah pasar luar negeri.

 

3. Ilustrator

Kamu suka menggambar dan berpikir punya penghasilan dari hobi menggambarmu? Kalau begitu kamu bisa mencoba menjadi seorang illustrator. Mungkin di zaman dulu, hobi menggambar dianggap nggak bisa menghasilkan keuntungan. Namun, dunia sudah berubah. Kini di zaman modern banyak orang yang sudah sukses menjadi seorang illustrator berkat hobi menggambarnya. Banyak juga di antara mereka yang mulai merambah membuat komik dan menerbitkan buku yang berisi hasil karya mereka.

 

4. Home goods designer

Menata rumah dan perabotannya terkadang menjadi hobi yang digemari seseorang. Beberapa orang rela membeli pernak-pernik dan perabotan rumah yang lucu untuk dipajang di sudut rumah atau untuk dipakai sehari-hari. Nah, kamu punya hobi yang sama juga seperti ini? Coba, deh, ubah hobimu dari yang hanya membeli dan mengumpulkan menjadi memporduksi pernak-pernik tersebut.

 

Kamu bisa mencontoh Chic & Darling. Ini adalah situs penjualan home goods miliki Kania Anggiani. Di sana, Kania menjual berbagai macam barang dari mulai karpet, pajangan dinding, bantal, piring-pirangan, dan lain sebagainya. Awalnya Kania memang hanya tertarik pada desain interior. Namun, ia mulai mengembangkan bisnisnya dengan modal yang nggak terlalu besar, tetapi tetap menghasilkan.

 

5. Seniman komikus kreatif

Sebagai seorang yang hobi banget baca komik, seharusnya kamu juga berpikir untuk dapat menciptakan komikmu sendiri. Kalau udah cinta dengan passion menggambar dan membaca komik, membuat sendiri sudah bukan hal yang aneh. Namun, perjuangan menjadi seorang komikus juga bukan hal yang mudah. Kamu harus siap jatuh bangun untuk sukses menjadi komikus seperti Chris Lie yang merupakan seorang pendiri Caravan Studio.

 

Meski melalui perjuangan yang sulit, Chris tetap pantang menyerah dan selalu bersemangat hingga akhirnya menjadikan Caravan Studio sukses. Kini Caravan Studio sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan besar seperti Marvel Comics, Wizard of the Coast, Hasbro, mattel, Capcom, HBO Asia, dan masih banyak lainnya.

 

6. Bisnis print art

Mungkin kamu jarang mendengar bisnis print art. Namun, kalau kamu seorang yang suka dengan print artwork pasti ingin menjadi pebisnis print art. Sebenarnya, kalau kamu hobi mencetak foto atau memindai foto lalu dipajang di kamar, itu sudah termasuk hobi print art, lho.

 

Nah, pebisnis print art yang terkemuka yaitu Kevin Osmond dengan bisnisnya yakni Printerous. Lewat bisnisnya tersebut kamu bisa mencetak foto Instagram ke dalam bentuk kanvas, album foto, stiker, hingga hiasan magnet. Nggak cuma itu, untuk basic product-nya kamu juga bisa mencetak kartu nama, brosur, dan flyer untuk keperluan bisnis atau pekerjaanmu. Kalau kamu tertarik kamu mungkin bisa memulai dengan memproduksi sarung bantal, notebook, kaos, totebag, dan beberapa barang lainnya yang tercetak gambar atau tulisan hasil desainmu.

 

Artikel Terkait: Jadi Hobi Baik untuk Kesehatan Mentalmu

  1. 8 Hobi Favorit dan Jadi Pilihan Bagi Perempuan Bekerja, Anti Stres dan Bikin Rileks
  2. Punya Hobi Menggambar? Ini Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Jalani
  3. Hobi Traveling Pasti Kadang Tidak Sadar dengan Biaya Tak Terduga Ini, Berikut Tips Antisipasinya!

 

7. Makeup Artist

Kamu yang hobi dandan dan mengoleksi berbagai macam kosmetik akan lebih baik mulai merambah dunia bisnis dengan menjadi seorang makeup artist. Kenal Lizzie Para seorang Youtuber dan beauty blogger ternama? Nggak cuma jadi seorang makeup artist  terkenal Lizzie Parra juga meluncurkan kosmetiknya tersendiri yaitu By Lizzie Parra (BLP). Merk BLP ini lahir karena Lizzie penasaran dengan brand kosmetiknya sendiri. Apalagi, ia juga melihat kalau kualitas kosmetik buatan lokal nggak kalah bagus dengan luar negeri. Maka dari itu ia mencoba untuk menciptakan brand kosmetiknya tersendiri.

 

Nah, banyak juga kan profesi yang bisa dijalani dan dimulai dari hobi? Apalagi profesi tersebut memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Kalau kamu tertarik menjadikan hobimu sebagai profesi, yang perlu kamu lakukan adalah mendalami hobimu lebih dalam lagi. Setelahnya, langsung mulai untuk menghasilkan uang. Jangan lupa konsultasi dengan mentor seprofesi yang lebih dulu sukses dengan kariernya. Selamat mencoba!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett