Tidak selamanya merenovasi rumah lama menjadi rumah dengan gaya kekinian membutuhkan dana yang melimpah. Ada banyak cara renovasi rumah lama dengan biaya murah.

 

Kunci utama dari langkah-langkah merenovasi rumah tanpa menguras budget adalah perencanaan yang matang.

 

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk langsung membeli rumah idaman sehingga sebagian besar dari kita perlu melakukan tahapan renovasi rumah. Lantas, bagaimana agar renovasi rumah tidak menguras budget

 

Langkah-langkah renovasi rumah

 

Merenovasi rumah bisa berarti memperluas bangunan memanfaatkan sisa lahan yang ada, menambah bangunan ke atas, atau sekadar mempercantik fasad atau sisi luar bangunan agar pemanfaatan lahan menjadi lebih optimal.

 

Inilah langkah-langkah yang perlu kamu siapkan sebagai bagian dari cara renovasi rumah lama yang tidak menguras budget:

 

1. Mempersiapkan budget

 

Sebenarnya selain mengandalkan uang tabungan, kamu juga bisa memanfaatkan pembiayaan seperti kredit tanpa agunan atau pembiayaan multiguna. 

 

Namun, sebelum mengajukan pembiayaan kamu harus pastikan dan perhitungkan dengan seksama agar pembayaran cicilan nantinya tidak membebanimu. 

 

Setelah menakar isi kantong, maka tahap selanjutnya adalah menghitung biaya renovasi.  Lakukan perhitungan anggaran terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan.

 

2. Mencari kontraktor yang berpengalaman

 

Gunakan jasa kontraktor yang bisa dipercaya dan bertanggung jawab atas proyek-proyek yang mereka garap sebelumnya. Ini adalah cara renovasi rumah lama yang cukup krusial.

 

Dalam hal ini, portofolio dari proyek garapan kontraktor incaranmu serta pengalaman orang lain yang pernah menggunakan jasa mereka, bermanfaat sebagai bahan pertimbangan.

 

Pilihlah kontraktor yang benar-benar berpengalaman, jujur, serta profesional. Jangan sampai demi menghemat biaya, kamu memaksakan menggunakan kontraktor yang tidak berpengalaman.

 

3. Survei bahan-bahan untuk renovasi

 

Selanjutnya, lakukan survei bahan sebagai cara renovasi rumah lama dengan biaya seadanya. Jangan mudah tergiur dengan material berharga murah, tapi mutunya tidak terjamin. 

 

Pilihlah material yang sudah memiliki reputasi karena mutunya lebih terjamin walaupun mungkin harga ditawarkan akan sedikit lebih mahal.

 

Mengeluarkan dana sedikit lebih mahal untuk bahan material tidak apa-apa. Kamu pasti tidak ingin kalau rumah malah rusak setelah renovasi karena penggunaan bahan yang jelek, kan? 

 

Untuk itu, saya sarankan agar kamu membeli sendiri bahan bangunan yang kamu butuhkan.

 

Jika pembelian material diserahkan kepada tukang atau kontraktor, sangat mungkin mereka akan mencari produk yang mutunya di bawah standar. 

 

Tips cara renovasi rumah lama dengan budget pas-pasan

 

Untuk menyiasati biaya renovasi rumah yang besar, dahulukan bagian terpenting yang hendak direnovasi. 

 

Sejumlah komponen yang biasanya masuk ke dalam pekerjaan renovasi rumah adalah pembersihan lahan (pembuangan brangkal), mobilisasi dan demobilisasi, serta pekerjaan sipil seperti pembangunan pondasi, sloof, kolom, dinding dan rangka penutup atap.

 

Di luar itu, menurut saya terdapat komponen-komponen dalam pekerjaan renovasi rumah yang dalam pengerjaannya dapat menekan biaya. Komponen yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1. Mengecat dinding

 

Peremajaan cat dinding bisa dilakukan dengan menimpa cat dinding lama secara langsung dengan lapisan cat baru, atau mengelupas cat dinding lama terlebih dahulu sebelum menggantinya kembali.

 

Menimpa cat dinding baru secara langsung akan relatif lebih hemat dan praktis ketimbang mengelupas cat tembok lama terlebih dahulu. Namun, perlu dipastikan apakah cat lama masih melekat dengan baik ketika ditimpa cat baru.

 

Menguji kualitas cat dinding lama

 

Untuk mengujinya, kamu dapat mengaplikasikan kuas cat yang telah dibasahi dengan air pada permukaan cat lama. 

 

Jika kemudian lapisan cat lama bergelembung di bagian dalamnya maka ini menandakan bahwa lapisan cat lama sudah tidak merekat dengan baik pada tembok.

 

Harga cat dinding berkualitas ada di kisaran Rp115.000 – Rp130.000 per kaleng dengan isi 5 kilogram.

 

2. Mengecat pagar, jendela, dan lain-lain

 

Jika kamu ingin menghadirkan suasana baru, kamu tidak perlu mengorek dompetmu dalam-dalam untuk mengganti semua bagian rumah. Kamu cukup mengecatnya untuk mendapatkan warna baru.

 

Cara renovasi rumah lama bisa dengan mengecat pagar, jendela, dan bagian rumah lainnya. Pilihlah cat besi dan kayu berkualitas, serta serahkan proses pengecatan pada ahlinya. 

 

Tidak ada salahnya juga bila kamu mau mengerjakan proses pengecatan ini sendiri, selama kamu dapat berhati-hati.

 

3. Memperbaiki bagian rumah yang rusak

 

Cara renovasi rumah lama lainnya bisa dengan melakukan perbaikan pada bagian rumah yang rusak. Ini bisa mencegah terjadinya kerusakan berat di kemudian hari.

 

Bagaimanapun, perbaikan dini dapat mengantisipasi banyaknya biaya renovasi rumah pada skala besar jika kerusakan sudah terlalu parah nantinya. 

 

Sebagai contoh, saat terjadi kebocoran kecil pada plafon, maupun atap rumah. Bila kerusakan berlarut-larut maka rencana perbaikan bisa menjadi proyek mahal dengan anggaran yang membengkak.

Mengatasi plafon retak secara hemat

 

Persoalan plafon retak sebenarnya dapat kita atasi sendiri tanpa perlu menggunakan jasa tukang. 

 

Keretakan pada tepian dinding dengan plafon dapat ditutup dengan memasang bahan perekat gypsum atau yang disebut compound atau semen putih. Berikut caranya: 

 

  1. Campurkan compound dengan air dan aduk
  2. Bersihkan bagian dalam lisplafon dengan mengamplasnya, lalu tebarkan compound 
  3. Tempelkan lisgypsum pada posisi plafon yang terlepas, tunggu hingga kering selama 5 menit
  4. Lakukan finishing dengan amplas bagian luar lisplafon yang masih terkena sisa adukan compound

 

Harga compound gypsum sendiri hanya berkisar Rp5.000 per kilogram. Praktis bukan? Jadi kamu tidak perlu menunggu kerusakan rumahmu menjadi berlarut-larut.

 

Artikel Terkait: Tips Membeli Perabotan dengan Hemat

  1. Tips Beli Furnitur Bekas
  2. Memanfaatkan Material Lama Saat Renovasi

 

4. Tidak perlu membeli perabotan baru, perbaiki saja yang telah rusak

 

Saya menyarankan agar perabotan yang sudah lama dipakai sebaiknya jangan disingkirkan begitu saja. Pasalnya, penggantian seluruh furnitur bisa jadi pemborosan. 

 

Hal sederhana dalam cara renovasi rumah lama adalah menjaga kondisi furniturmu selalu bersih.

 

Terlebih lagi jika kamu seorang penyuka mebel berbahan kayu, maka ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan, seperti cahaya matahari, suhu, dan kelembapan. 

 

Kamu bisa melapisi perbotan berbahan kayu dengan cairan pelitur agar perabotan kayumu tidak mengalami degradasi.

 

Perawatan perabotan dari kayu 

 

Kamu juga bisa bisa mengecat ulang permukaan dari sejumlah perabot rumah dari kayu seperti meja, kursi, atau lemari, ketika sudah nampak kusam. 

 

Sebelum mengecat, pulas permukaan kayu dengan cat primer. Harga cat primer berkualitas berkisar antara Rp55.000-70.000 per kaleng ukuran 1,2 kilogran. Gunakan cat primer berwarna abu-abu jika ingin mengecat furnitur dengan warna gelap. 

 

Adapun bila ingin mengecat dengan pilihan warna cerah, sebaiknya kamu menggunakan cat primer berwarna putih.

 

Biarkan cat primer mengering sebelum memulas dengan warna cat yang kamu inginkan. Kamu bisa mengulang lapisan cat sesuai dengan selera untuk mencapai hasil maksimal.

 

5. Memperbaiki lantai yang retak

 

Bahan keramik yang biasa digunakan pada lantai bisa mengalami keretakan atau bahkan juga ‘meledak’ akibat tekanan dari bawah keramik itu sendiri. Fenomena ini biasa disebut tile popping.

 

Selain mengganggu estetika, lantai yang sudah retak juga dapat membahayakan karena cukup tajam untuk dapat menggores kaki hingga terluka. 

 

Terdapat dua opsi cara memperbaiki keramik lantai retak tanpa perlu menggantinya dengan keramik baru, yakni:

 

  1. Mengecat keramik yang retak

 

Cara renovasi rumah lama bisa dengan mengecat keramik yang retak, atau menambahkan cairan glasir pada keramik yang sudah retak.

 

Mengecat keramik retak adalah cara mudah. Namun, cara ini bisa dilakukan pada keramik yang polos, bukan bertekstur atau berpola. 

 

Metode ini memang tidak bisa mengembalikan retaknya keramik, tetapi agar tidak terlihat oleh mata secara jauh.

 

2. Menambah cairan glasir

 

Opsi kedua adalah dengan menambahkan cairan glasir. Proses ini bertujuan untuk mengisi celah lantai dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

 

Sebelum menggunakan cairan glasir, sebaiknya lantai telah dibersihkan secara menyeluruh sehingga tidak ada kotoran yang tersisa. 

 

Saya sarankan juga untuk menggunakan cairan glasir yang tidak berwarna.

 

Itulah beberapa cara renovasi rumah lama yang bisa kamu aplikasikan jika memiliki budget terbatas. 

 

Semoga masukan di atas bisa bermanfaat sehingga kamu sekeluarga bisa semakin nyaman untuk tinggal di rumah.